Mobil Kelas Menengah: Mewah dan Ringan di Kantong

nurcahyo

New member
Mobil Kelas Menengah: Mewah dan Ringan di Kantong

Kapanlagi.com - Mobil kelas menengah tampak mulai bersaing pada mobil-mobil keluaran terbaru tahun ini. Kategori mobil menengah tak hanya kita dapati pada mobil-mobil midsizes dari merk-merk mewah seperti Lexus, Cadillac, Mercedes-Benz dan Lincoln, namun juga kita temui pada mobil model dan keluaran terbaru dari produsen lain.Apa yang membuat sebuah mobil layak mendapat predikat mobil near-luxury? Harga, produsen, teknologi, fasilitas ataupun gabungan dari semua unsur tersebut?

Untuk mengkategorikan hal tersebut MSN Autos mendefinisikan mobil menengah seperti sedan dengan harga perkiraan mulai US$30.000. Mobil tersebut didefinisikan sebagai mobil yang menawarkan kemewahan dalam penampilan dengan harga bersaing dari mobil mewah atau mobil dengan high-performance (kelas atas).

Jika Anda belum menemukan kendaraan yang mendekati kriteria tersebut mungkin Anda bisa melihat lebih jauh lagi tentang artikel mobil mewah.

Pendatang Baru 2003

Cadillac dan Infiniti merupakan mobil pendatang baru yang menawarkan unsur nyaris mewah (menengah) untuk model keluaran 2003 yang menjanjikan ketangguhan di arena.

Cadillac CTS lebih menonjolkan ketangguhannya, potongan modelnya, dan menawarkan transmisi manual yang pertama kali dalam 50 tahun Cadillac. CTS bermesin 220-tenaga kuda V6 dan suspensinya adalah jenis Nurburgring yang popular di arena balap di Jerman.

Infiniti G35 mobil sport keluaran lain yang memiliki unsur ?nyaris mewah?, yang populer di Jerman dan Jepang. G35 Sport Sedan yang mulai dipasarkan Maret 2003 dan G35 Sport Coupe berpenumpang 4 pada November. Kedua mobil tersebut memiliki mesin roda depan berpotongan segar dengan paduan rancangan serta teknologi bagi pengendara yang antusias. Mesin berkapasitas 3,5-liter V6 memiliki tenaga 260 tenaga kuda khusus untuk sedan dan 280 tenaga kuda pada coupe.

Mercedes dan BMW

Mercedes-Benz C-Class dan BMW 3-Series yang sama-sama keluaran tahun 2003 tersebut merupakan jenis mobil yang digunakan sebagai patokan mobil menengah.

Mercedes-Benz menawarkan sistem 4Matic all-wheel drive untuk jenis C240 dan C320.

C230 sports coupe memiliki mesin standar 189-tenaga kuda 1,8-liter supercharged 4-cylinder, yang ditambahkan dari C-Class tahun 2002.

2004 BMW 3-Series Coupe akan diluncurkan musim semi tahun 2003 ini dengan tampilan baru termasuk lampu besar, ujung depan mobil yang update, dan tambahan sequential manual gearbox (SMG). Performance Package juga dimiliki BMW 2003 330i yang memiliki daya kuda sebesar 235 termasuk transmisi manual dengan standar 6-speed. Untuk menambah kekuatan agar lebih pakem Performance Package menambahkan beberapa sport suspension baru dan roda 18-inch dengan paduan ban yang disesuaikan dengan ukuran roda.

Lincoln LS yang diupdate tahun 2003 ini menyuguhkan terali baru disekelilingnya, pada bagian depan, cermin, geladak penutup, dan piringan disekitar roda. Aturan waktu yang kerap berubah-ubah serta elektron dengan sebuah gugusan memberikan kontrol tenaga yang lebih baik pada mesin 3,9 V8 dan 3,0 V6.

Bagian lain mobil ini yang tak ketinggalan di perbarui adalah interior yang didominasi satin nickel, pedal berkekuatan standar, yang dilengkapi bangku panas dan dingin serta juga memiliki tempat duduk pada bagian belakang.

Merek Lainnya

Saab mengenalkan 9-3 Sport Sedan menggantikan 9-3 hatchback dengan mesin turbocharged 2,0-liter yang sanggup memproduksi 175 sampai 210 tenaga kuda. Saab Active Head Restraints (SAHR) juga menyediakan mesin 6-speed manual atau 5-speed otomatis.

Toyota Avalon lebih menonjolkan pada sisi interiornya yang dilengkapi new multi-stage airbags untuk 2003 The XLS yang sebelumnya memiliki perangkat lebih standar, roda 16-inch dan sistem navigasi DVD.

Volvo menambahkan S60 R ke S60 pada peluncuran musim semi 2003 mendatang dengan dilengkapi mesin 300-tenaga kuda turbo-charged 5-cylinder, electronically-controlled pada semua rodanya, 6-speed manual transmission, ataupun Geartronic 5-speed otomatis dengan mode manual-shift. S60 R membuat Volvo's Four-C Technology (Continuously Controlled Chassis Concept) untuk lebih memfokuskan pada perkembangan chassis atau rangka mobil agar berpenampilan lebih mewah dan nyaman dikendarai.

Beberapa tahun silam, beberapa produsen mobil mewah berlomba-lomba menambahkan model kelas menengah , termasuk Jaguar yang mengenalkan first compact sport sedan dalam 30 tahun. X-TYPE ? menampilkan roda standar, V6 power dan sebuah transmissi manual 5-speed ? yang mendekati Audi A4, BMW 3-Series dan Lexus IS 300, dengan patokan harga US$30.000.

Lexus ES 300 juga diupdate dari model 2002 dan saat ini tampil dengan platform baru dan membuat interior semakin lebih luas. Dengan tampilan mesin V6 yang diperbarui pada bagian acceleration. Penampilan standar baru dengan sistem penyaringan udara. Lexus IS 300 menawarkan transmisi manual 5-speed dan roda 17-inch yang dipadu dengan ban 5-spoke aluminum model season tires.

Mobil yang lain yang juga menawarkan unsur kelas menengah adalah Acura CL (saat ini tersedia dengan transmisi manual 6-speed) dan juga TL, Chrysler 300M, Aurora Oldsmobile serta Infiniti I35
 
Dalam hal ini memang masih mahal di kalangan rakyat ke bawah. Tentu saja cari mobil yang murah saja dengan kualitas yang bagus.
 
Back
Top