Belajar Bahasa Indonesia Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sekolah & Pelajaran Sekolah > SMP/MTs Kelas 8

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Bahasa Indonesia] Belajar Bahasa Indonesia

Guys ada soal nih, ehm ayo siapa yang bisa jawab.
Gampang-gampang ko.

1. Adam meminjam kertas ulangan Rafi yang duduk di sampingnya. Temannya itu tidak memberi. Adam memaksa mengambil. Terjadilah tarik-menarik Kertas ulangan sobek. Terjadilah keributan. Latar dan cerita di atas adalah ...
a. di perpustakaan
b.di ruang kelas
c. di ruang laboratorium
d. di halaman sekolah

2. Kalimat berikut yang mengandung kata khusus adalah...
a. Kakek betemak ikan di desa.
b. Paman berdagang buah-buahan.
c. Kami menonton pertandingan basket.
d. Mayang melihat kejadian itu tadi malam.

3.
Made : "Hali selamat pagi, Dit!”
Didit “Selamat pagi, Made! Ada apa?’
Made : “Begini, Dit, sepedakku rusak. Nanti sore mau tidak aku ajak ke reparasi?”
Didit : “Baiklah, asaljangan lupa traktir es krim, ya!”
Percakapan lewat telepon di atas menyatakan
a. pertanyaan b.permohonan c.ajakan d. perintah

4. yanuar, Made, Ahmad, dan Riski bermain sepak bola setelah ... pulang dan sekolah. Kata ganti orang yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah..
a. kami b. dia c.mereka d. kita

5. Bagian surat undangan berikut yang hanya ada pada surat undangan resmi adalah
a. tempat b.hari dan tanggal c. waktu d. nomor

6.
Alangkah elok warnamu
Terbang klan kemari
Di antara bunga-bunga
Mencari madu
Puisi di atas bercerita tentang
a. burung b. kunang-kunang d. kupu-kupu d. belalang

7. Cermati pantun berikut!
Kelap-keljp lampu di kapal
Anak kapal main sekoci
Lagi kecil rajin belajar
Sudah besar senanglah hati
Pesan yang terkandung dalam pantun di atas adalah
a.Kita harus rajin belajar supaya senang.
b. Anak kecil harus main sekoci.
c. Di kapal lampu kelap-kelip.
d. Anak kecil harus senang hati.

8 .Kancil dengan Buaya
Kancil nierasa kebingungan karena dikejar harirnau. Ia lan tunggang langgang. Sampai di pinggir sungai duduk termenung. Ia härus menipu buaya agar Ia dapat menyeberang. Disuruhnya buaya berbanis. Sambil menyeberang, kancil menghitung satu per satu buaya itu. Akhirnya, ia sampal di sebe rang sungal.
Sifat yang dimiliki kancil adalah.
a. pemarah b. pemberani c. ramah
d. cerdik


9. Har : “Ada apa dengan si SyamT?’
Ibu : “Sejak tadi dia belum pulang, padahal belum makan siang, mandi sore, dam sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum pulangjuga.”
Har : “Apa tadi habis dimarahiT’
Tema cuplikan drama di atas adalah
a. kesakitan b. kesedihan c. kemarahan d. kekhawatiran

10. Penggunaan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat
a. Sekian dulu kabar Rara dari purwodadi, kali lain disambung lagi.
b. Sekian dulu kabar Rara dari Purwodadi, kali lain disambung lagi.
c. Sekian dulu Kabar Rara dari Purwodadi, kali lain Disambung lagi.
d. Sekian duLu kabar rara dari Purwodadi, kali lain disambung lagi.

11. Penggunaan tanda baca koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat
a. Nenek bercerita, panjang lebar aku hanya duduk mendengarkannya.
b. Nenek bercerita panjang lebar aku hanya, duduk mendengarkannya.
c. Nenek bercenita, panjang lebar aku hanya duduk mendengarkannya.
d. Nenek bercerita panjang lebar, aku hanya duduk mendengarkannya.

12. Angin bertiup dari arah laut. Awan mengepul, berarak-arakan. Langit menjadi kelam, nyanis pekat. Kilat menyambar berganti-ganti dengan guntur. Rintik-nintik air jatuh ke burni.
Paragraf di atas menceritakan.
a. terjadinya banjir banclang c. keadaan menjelang hujan
b. angin nibut melanda d. kilat dan guntur

13. Sepeda (sayang) Ayu dipinjam adiknya. Kata dalam kurung yang tepat adalah.
a.kesayangan b. sayangi c. menyayarigi d. disayangi

14. Bila sedang kurang enak badan, biasanya kita akan malas makan. Perasaan malas untuk makan tidak baik untuk diperturutkan. Kondisi badan akan semakin melemah bila kita malas makan. Akibat langsung bila kurang makan yaitu ketahanan tubuh menurun hingga mudah sakit.
Kalimat kesimpulan yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah Penulisan kalimat tersebut yang benar adalah
a. Jadi, kita harus banyak makan.
b. Jadi, kita boleh tidak makan jika sedang tidak enak badan.
c. Jadi, kita harus makan secara teratur.
d. Oleh karena itu, kita harus menjaga berat badan.
World Level

Post: 10.653
 
Reputasi: 302

__________________
Asyifa

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Indonesia

aku jawabnya pake kutip and blok aja yak..biar cepet


1. Adam meminjam kertas ulangan Rafi yang duduk di sampingnya. Temannya itu tidak memberi. Adam memaksa mengambil. Terjadilah tarik-menarik Kertas ulangan sobek. Terjadilah keributan. Latar dan cerita di atas adalah ...
a. di perpustakaan
b.di ruang kelas
c. di ruang laboratorium
d. di halaman sekolah




2. Kalimat berikut yang mengandung kata khusus adalah...
a. Kakek betemak ikan di desa.
b. Paman berdagang buah-buahan.
c. Kami menonton pertandingan basket.
d. Mayang melihat kejadian itu tadi malam.

3.
Made : "Hali selamat pagi, Dit!”
Didit “Selamat pagi, Made! Ada apa?’
Made : “Begini, Dit, sepedakku rusak. Nanti sore mau tidak aku ajak ke reparasi?”
Didit : “Baiklah, asaljangan lupa traktir es krim, ya!”
Percakapan lewat telepon di atas menyatakan
a. pertanyaan b.permohonan c.ajakan d. perintah

4. yanuar, Made, Ahmad, dan Riski bermain sepak bola setelah ... pulang dan sekolah. Kata ganti orang yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah..
a. kami b. dia c.mereka d. kita

5. Bagian surat undangan berikut yang hanya ada pada surat undangan resmi adalah
a. tempat b.hari dan tanggal c. waktu d. nomor

6.
Alangkah elok warnamu
Terbang klan kemari
Di antara bunga-bunga
Mencari madu
Puisi di atas bercerita tentang
a. burung b. kunang-kunang d. kupu-kupu d. belalang

7. Cermati pantun berikut!
Kelap-keljp lampu di kapal
Anak kapal main sekoci
Lagi kecil rajin belajar
Sudah besar senanglah hati
Pesan yang terkandung dalam pantun di atas adalah
a.Kita harus rajin belajar supaya senang.
b. Anak kecil harus main sekoci.
c. Di kapal lampu kelap-kelip.
d. Anak kecil harus senang hati.

8 .Kancil dengan Buaya
Kancil nierasa kebingungan karena dikejar harirnau. Ia lan tunggang langgang. Sampai di pinggir sungai duduk termenung. Ia härus menipu buaya agar Ia dapat menyeberang. Disuruhnya buaya berbanis. Sambil menyeberang, kancil menghitung satu per satu buaya itu. Akhirnya, ia sampal di sebe rang sungal.
Sifat yang dimiliki kancil adalah.
a. pemarah b. pemberani c. ramah
d. cerdik


9. Har : “Ada apa dengan si SyamT?’
Ibu : “Sejak tadi dia belum pulang, padahal belum makan siang, mandi sore, dam sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum pulangjuga.”
Har : “Apa tadi habis dimarahiT’
Tema cuplikan drama di atas adalah
a. kesakitan b. kesedihan c. kemarahan d. kekhawatiran

10. Penggunaan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat
a. Sekian dulu kabar Rara dari purwodadi, kali lain disambung lagi.
b. Sekian dulu kabar Rara dari Purwodadi, kali lain disambung lagi.
c. Sekian dulu Kabar Rara dari Purwodadi, kali lain Disambung lagi.
d. Sekian duLu kabar rara dari Purwodadi, kali lain disambung lagi.

11. Penggunaan tanda baca koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat
a. Nenek bercerita, panjang lebar aku hanya duduk mendengarkannya.
b. Nenek bercerita panjang lebar aku hanya, duduk mendengarkannya.
c. Nenek bercenita, panjang lebar aku hanya duduk mendengarkannya.
d. Nenek bercerita panjang lebar, aku hanya duduk mendengarkannya.

12. Angin bertiup dari arah laut. Awan mengepul, berarak-arakan. Langit menjadi kelam, nyanis pekat. Kilat menyambar berganti-ganti dengan guntur. Rintik-nintik air jatuh ke burni.
Paragraf di atas menceritakan.
a. terjadinya banjir banclang c. keadaan menjelang hujan
b. angin nibut melanda d. kilat dan guntur

13. Sepeda (sayang) Ayu dipinjam adiknya. Kata dalam kurung yang tepat adalah.
a.kesayangan b. sayangi c. menyayarigi d. disayangi

14. Bila sedang kurang enak badan, biasanya kita akan malas makan. Perasaan malas untuk makan tidak baik untuk diperturutkan. Kondisi badan akan semakin melemah bila kita malas makan. Akibat langsung bila kurang makan yaitu ketahanan tubuh menurun hingga mudah sakit.
Kalimat kesimpulan yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah Penulisan kalimat tersebut yang benar adalah
a. Jadi, kita harus banyak makan.
b. Jadi, kita boleh tidak makan jika sedang tidak enak badan.
c. Jadi, kita harus makan secara teratur.
d. Oleh karena itu, kita harus menjaga berat badan.
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Indonesia

kalau bener semua..bintang di masing- masing jawaban yang bener ya non


resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Belajar Bahasa Indonesia

1. Simaklah kutipan berita dan radio berikut!

“Di daerah itu ratusan lalat hinggap dan terbang sepuasnya. Jika kita

lewat di daerah itu, bau yang tidak sedap selalu menusuk hidung. Semakin

kencang angin bertiup, semakin menjadi-jadi pula baunya. Tidaklah he ran

jikapenduduk di sekitarnya, terutama anak-anak sering menderita muntaber

dan gatal-gatal.

Isi dan kutipan berita di atas adalah
a. Daerah yang banyak lalat dan berbau tidak sedap.
b. Daerah yang banyak sarang penyakitnya.
Daerah yang kotor merupakan sumber dan segala penyakit.
d. Daerah yang menimbulkan penyakit muntaber dan gatal-gatal.

12. PENGUMUMAN
Lomba mendongeng akan dilaksanakan pada:
Han, tanggal Senn, 23 Juni 2009
Pukul : 08.00 s.d. 12.00 WIB
Peserta dimohon mempersiapkan diri.
Isi pengumuman di atas kurangjelas karena tidak ada unsur..
a. dewanjuri c. jumlah hadiah
tempat pelaksanaan d. pengumuman pemenang

13. Kalimat pembuka untuk teks pidato perpisahan kelas enam yang paling
baik adalah ..
a. Hadirin yang terhormat, sejak han mi anak-anak tidak perlu sekolah
lagi.
b. Hadirin yang terhormat, perpisahan mi akan berlangsung sehari penuh.
c. Hadirin yang terhormat, kami melaporkan bahwa dana perpisahan
mencapai puluhan juta.
Hadirin yang terhormat, kami mengucapkan terima kasih karena telah
menghadini undangan kami.

14. Bacalah paragraf berikut!
Mula-mula ia belajar dan lingkungan keluarga kami. Setelah remaja, dia
mulai belajar di surau dengan guru mengaji. Sebelum masa kemerdekaan,
seliap kali berada di tahanan, Hatta tidak pernah melupakan tikar shalat
atau sajadah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah. Sebagai

a. seorang pejuang Hatta sangat berani.
b. Sebagai tokoh kemerdekaan Hatta disegani.
c. Sebagai seorang muslim sejak kecil Hatta rajin shalat malam.
d. Sebagai ahli ekonomi Hatta sangat hemat.

15.( Kalimat perintah di bawah mi yang paling tepat struktumya adalah
a. Nama dan alamatmu tulislah yang jelas!
b. Yang jelas tulislah nama dan alamatmu!
c.Tulislah nama dan alatmu denganjelas!
d. Nama dan alamatmu yang jelas

tulislah!
16. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Penyakit itu tergolong aneh.
2. Pada suatu ketika timbul wabah penyakit yang dahsyat menyerang
penduduk desa.
3. Tiba-tiba keluar darah dan mulut, hidung, dan lubang-lubang keringat.
4. Banyak warga desa yang terkena penyakit itu.
5. Akhimya banyak pendenita yang meninggal dunia.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi sebuah paragraf yang padu adalah
a. 2-4-3-1-5 b. 2-1-4-3-5 c. 4-2-1-3-5 d. 1-3-2-4-5
World Level

Post: 10.653
 
Reputasi: 302

__________________
Asyifa





Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Indonesia

Kutip:
Oleh Gia_Viana View Post
Guys ada soal nih, ehm ayo siapa yang bisa jawab.
Gampang-gampang ko.

1. Adam meminjam kertas ulangan Rafi yang duduk di sampingnya. Temannya itu tidak memberi. Adam memaksa mengambil. Terjadilah tarik-menarik Kertas ulangan sobek. Terjadilah keributan. Latar dan cerita di atas adalah ...
a. di perpustakaan
b.di ruang kelas
c. di ruang laboratorium
d. di halaman sekolah

2. Kalimat berikut yang mengandung kata khusus adalah...
a. Kakek betemak ikan di desa.
b. Paman berdagang buah-buahan.
c. Kami menonton pertandingan basket.
d. Mayang melihat kejadian itu tadi malam.

3.
Made : "Hali selamat pagi, Dit!”
Didit “Selamat pagi, Made! Ada apa?’
Made : “Begini, Dit, sepedakku rusak. Nanti sore mau tidak aku ajak ke reparasi?”
Didit : “Baiklah, asaljangan lupa traktir es krim, ya!”
Percakapan lewat telepon di atas menyatakan
a. pertanyaan b.permohonan c.ajakan d. perintah

4. yanuar, Made, Ahmad, dan Riski bermain sepak bola setelah ... pulang dan sekolah. Kata ganti orang yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah..
a. kami b. dia c.mereka d. kita

5. Bagian surat undangan berikut yang hanya ada pada surat undangan resmi adalah
a. tempat b.hari dan tanggal c. waktu d. nomor

6.
Alangkah elok warnamu
Terbang klan kemari
Di antara bunga-bunga
Mencari madu
Puisi di atas bercerita tentang
a. burung b. kunang-kunang d. kupu-kupu d. belalang

7. Cermati pantun berikut!
Kelap-keljp lampu di kapal
Anak kapal main sekoci
Lagi kecil rajin belajar
Sudah besar senanglah hati
Pesan yang terkandung dalam pantun di atas adalah
a.Kita harus rajin belajar supaya senang.
b. Anak kecil harus main sekoci.
c. Di kapal lampu kelap-kelip.
d. Anak kecil harus senang hati.

8 .Kancil dengan Buaya
Kancil nierasa kebingungan karena dikejar harirnau. Ia lan tunggang langgang. Sampai di pinggir sungai duduk termenung. Ia härus menipu buaya agar Ia dapat menyeberang. Disuruhnya buaya berbanis. Sambil menyeberang, kancil menghitung satu per satu buaya itu. Akhirnya, ia sampal di sebe rang sungal.
Sifat yang dimiliki kancil adalah.
a. pemarah b. pemberani c. ramah
d. cerdik


9. Har : “Ada apa dengan si SyamT?’
Ibu : “Sejak tadi dia belum pulang, padahal belum makan siang, mandi sore, dam sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum pulangjuga.”
Har : “Apa tadi habis dimarahiT’
Tema cuplikan drama di atas adalah
a. kesakitan b. kesedihan c. kemarahan d. kekhawatiran

10. Penggunaan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat
a. Sekian dulu kabar Rara dari purwodadi, kali lain disambung lagi.
b. Sekian dulu kabar Rara dari Purwodadi, kali lain disambung lagi.
c. Sekian dulu Kabar Rara dari Purwodadi, kali lain Disambung lagi.
d. Sekian duLu kabar rara dari Purwodadi, kali lain disambung lagi.

11. Penggunaan tanda baca koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat
a. Nenek bercerita, panjang lebar aku hanya duduk mendengarkannya.
b. Nenek bercerita panjang lebar aku hanya, duduk mendengarkannya.
c. Nenek bercenita, panjang lebar aku hanya duduk mendengarkannya.
d. Nenek bercerita panjang lebar, aku hanya duduk mendengarkannya.

12. Angin bertiup dari arah laut. Awan mengepul, berarak-arakan. Langit menjadi kelam, nyanis pekat. Kilat menyambar berganti-ganti dengan guntur. Rintik-nintik air jatuh ke burni.
Paragraf di atas menceritakan.
a. terjadinya banjir banclang c. keadaan menjelang hujan
b. angin nibut melanda d. kilat dan guntur

13. Sepeda (sayang) Ayu dipinjam adiknya. Kata dalam kurung yang tepat adalah.
a.kesayangan b. sayangi c. menyayarigi d. disayangi

14. Bila sedang kurang enak badan, biasanya kita akan malas makan. Perasaan malas untuk makan tidak baik untuk diperturutkan. Kondisi badan akan semakin melemah bila kita malas makan. Akibat langsung bila kurang makan yaitu ketahanan tubuh menurun hingga mudah sakit.
Kalimat kesimpulan yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah Penulisan kalimat tersebut yang benar adalah
a. Jadi, kita harus banyak makan.
b. Jadi, kita boleh tidak makan jika sedang tidak enak badan.
c. Jadi, kita harus makan secara teratur.
d. Oleh karena itu, kita harus menjaga berat badan.
benar ngk tuh??
kasih bintang yaw
azizi
Continent Level

Post: 3.359
 
Reputasi: 36

__________________
SpiderMonk





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Indonesia

Kutip:
Oleh Gia_Viana View Post
1. Simaklah kutipan berita dan radio berikut!

“Di daerah itu ratusan lalat hinggap dan terbang sepuasnya. Jika kita

lewat di daerah itu, bau yang tidak sedap selalu menusuk hidung. Semakin

kencang angin bertiup, semakin menjadi-jadi pula baunya. Tidaklah he ran

jikapenduduk di sekitarnya, terutama anak-anak sering menderita muntaber

dan gatal-gatal.

Isi dan kutipan berita di atas adalah
a. Daerah yang banyak lalat dan berbau tidak sedap.
b. Daerah yang banyak sarang penyakitnya.
Daerah yang kotor merupakan sumber dan segala penyakit.
d. Daerah yang menimbulkan penyakit muntaber dan gatal-gatal.

12. PENGUMUMAN
Lomba mendongeng akan dilaksanakan pada:
Han, tanggal Senn, 23 Juni 2009
Pukul : 08.00 s.d. 12.00 WIB
Peserta dimohon mempersiapkan diri.
Isi pengumuman di atas kurangjelas karena tidak ada unsur..
a. dewanjuri c. jumlah hadiah
b. tempat pelaksanaan d. pengumuman pemenang

13. Kalimat pembuka untuk teks pidato perpisahan kelas enam yang paling
baik adalah ..
a. Hadirin yang terhormat, sejak han mi anak-anak tidak perlu sekolah
lagi.
b. Hadirin yang terhormat, perpisahan mi akan berlangsung sehari penuh.
c. Hadirin yang terhormat, kami melaporkan bahwa dana perpisahan
mencapai puluhan juta.
d. Hadirin yang terhormat, kami mengucapkan terima kasih karena telah
menghadini undangan kami.


14. Bacalah paragraf berikut!
Mula-mula ia belajar dan lingkungan keluarga kami. Setelah remaja, dia
mulai belajar di surau dengan guru mengaji. Sebelum masa kemerdekaan,
seliap kali berada di tahanan, Hatta tidak pernah melupakan tikar shalat
atau sajadah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah. Sebagai

a. seorang pejuang Hatta sangat berani.
b. Sebagai tokoh kemerdekaan Hatta disegani.
c. Sebagai seorang muslim sejak kecil Hatta rajin shalat malam.
d. Sebagai ahli ekonomi Hatta sangat hemat.

15.( Kalimat perintah di bawah mi yang paling tepat struktumya adalah
a. Nama dan alamatmu tulislah yang jelas!
b. Yang jelas tulislah nama dan alamatmu!
c.Tulislah nama dan alatmu denganjelas!
d. Nama dan alamatmu yang jelas

tulislah!
16. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Penyakit itu tergolong aneh.
2. Pada suatu ketika timbul wabah penyakit yang dahsyat menyerang
penduduk desa.
3. Tiba-tiba keluar darah dan mulut, hidung, dan lubang-lubang keringat.
4. Banyak warga desa yang terkena penyakit itu.
5. Akhimya banyak pendenita yang meninggal dunia.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi sebuah paragraf yang padu adalah
a. 2-4-3-1-5 b. 2-1-4-3-5 c. 4-2-1-3-5 d. 1-3-2-4-5

Di jamin bener smua!!
minta B I N T A N G
azizi
Continent Level

Post: 3.359
 
Reputasi: 36

__________________
SpiderMonk





Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Indonesia

kasih tau dunk jawaban yang bener apa non...biar pemirsa di rumah puass
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Belajar Bahasa Indonesia

@Mbak Rhesi
Mbak Rhesi kan udah kuliah, pasti bisa jawab atuh
Yup, jawaban mbak Rhesi benar semua.


@Azizi
Soal pertama azi salah 3.

Kunci jawaban
1.b
2.c
3.c
4.c
5.d
6.d
7.a
8.d
9.d
10.b
11.d
12.c
13.a
14.c
World Level

Post: 10.653
 
Reputasi: 302

__________________
Asyifa
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
jowo totok pengen belajar bahasa inggris ajak donngggg, cari temen belajar...... mustakim80 English 5
Yuk belajar bahasa Indonesia Forbian_Syah Sekolah & Pelajaran Sekolah 4
belajar bahasa arab arab Arabic/Arab 10
Belajar bahasa yuk.. ^^, wahyucaqeuep Quiz dan Teka-Teki yang Sudah Selesai 41
iklan kartu 3, pemain MU belajar bahasa indonesia chickenfighter Politik, Ekonomi & Hukum 14


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.