Minyak VCO Baik Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

andy_baex

New member
Saudara, pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita dipengaruhi saat berada dalam kandungan. Pada masa inilah pembentukan organ tubuh dimulai. Minyak VCO (minyak kelapa murni) ternyata memberikan dampak yang baik bagi ibu hamil dan janinnya
Bagaimana dengan ibu menyusui ? Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 1998 oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa air ibu menyusui yang mengkonsumsi minyak kelapa dan produk olahannya secara signifikan kandungan asam laurat dan asam kaprat dalam air susunya meningkat.
Komposisi yang unik pada air susu ibu adalah lemaknya, terutama asam laurat, dan asam kaprat sebagai antimicrobial. Asam lemak sebagai formula yang dapat melindungi dari virus, seperti herpes, HIV, protozoa (lamblia), dan bakteri (clamidya dan helicobacter)


Dalam minyak VCO terkandung MCFA (Medium Chain Fatty Acid), yang merupakan komponen asam lemak berantai sedang yang memiliki banyak fungsi. Beberapa fungsi MCFA antara lain :

- memudahkan bayi menyerap nutrisi
- memperbaiki penyerapan vitamin, mineral, dan protein yang bisa dilarutkan lemak
- meningkatkan absorbsi kalsium yang penting bagi pertumbuhan bayi
- melindungi bayi dari mikroorganisme berbahaya


Minyak VCO (minyak kelapa murni) akan meningkatkan MCFA pada ibu menyusui sampai tiga kali lipat. Pemberian asupan makanan yang mengandung MCFA pada ibu menyusui akan menghasilkan air susu yang kaya akan MCFA.


Selain itu, minyak kelapa murni (VCO) juga bisa membantu dalam proses persalinan dan mampu memberi energi sehingga ibu mempunyai tenaga yang lebih besar.. Minyak kelapa murni (VCO) juga mampu mengembalikan kebugaran ibu secara cepat setelah persalinan.
 
Back
Top