Brokoli Mampu Cegah Stroke

andy_baex

New member
Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan banyak penyakit lainnya. Demikian halnya dengan brokoli yang disebut-sebut dapat mencegah terjadinya stroke. Tim ahli epidemiologi dari Harvard University, AS, pernah melakukan penelitian pada 75.000 perempuan.

Para perisit menemukan setiap porsi harian buah dan syuran dapat mengurang insiden stroke ischemic sampai 7%. Secara garis besar, empat di antara lima kasus stroke adalah ischemic, yang disebabkan gumpalan darah yang menyumbat aliran darah ke otak.

Berarti perempuan yang menambahkan beberapa iris brokoli ke dalam makanannya dapat menurunkan resiko stroke sampai seperempatnya.
Hingga kini para ahli belum menemukan penjelasan kekuatan yang menghancurkan gumpalan darah ini.

Para ahli menduga, diet tinggi hasil bumi mengurangi risiko stroke, karena jenis makanan ini cenderung rendah lemak dan kaya dengan bahan bahan yang bersahabat dengan jantung, seperti serat, folate, dan potassium.

Perisit itu mengatakan tidak semua sayur-mayur berkhasiat sama. Kentang dan polong-polongan misalnya, tidak memiliki penurunan risiko yang terukur.

Orang yang memiliki risiko terendah ternyata lebih banyak mengonsumsi sayuran crucifer seperti brokoli, kol, dan kembang kol, ditambah sayuran berdaun hijau dan jeruk.
 
Back
Top