Jumlah Uang yang Beredar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Jumlah Uang yang Beredar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Di dalam kehidupan masyarakat, jumlah uang yang beredar ditentukan oleh kebijakan dari bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang melalui kebijakan moneter. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar adalah:

1. Kebijakan Bank Sentral berupa hak otonom dan kebijakan moneter (meliputi: politik diskonto, politik pasar terbuka, politik cash ratio, politik kredit selektif) dalam mencetak dan mengedarkan uang kartal.
2. Kebijakan pemerintah melalui menteri keuangan untuk menambah peredaran uang dengan cara mencetak uang logam dan uang kertas yang nominalnya kecil.
3. Bank umum dapat menciptakan uang giral melalui pembelian saham dan surat berharga.
4. Tingkat pendapatan masyarakat
5. Tingkat suku bunga bank
6. Selera konsumen terhadap suatu barang (semakin tinggi selera konsumen terhadap suatu barang maka harga barang tersebut akan terdorong naik, sehingga akan mendorong jumlah uang yang beredar semakin banyak, demikian sebaliknya)
7. Harga barang
8. Kebijakan kredit dari pemerintah

Dari beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar di masyarakat, maka kita dapat melihat hal apa saja yang mempengaruhi permintaan uang, yaitu:

1. besar kecilnya pembelanjaan negara yang berkaitan dengan pendapatan nasional.
2. cepat lambatnya laju peredaran uang
3. motif memiliki uang tunai, J.M Keynes dalam teori liquidity preference: motif transaksi (transaction motive), motif berjaga-jaga (precautionary motive), motif spekulasi (speculative motive)

Bila ada hal yang mempengaruhi permintaan uang, berarti ada hal yang mempengaruhi penawaran uang juga, yaitu:

1. tinggi rendahnya tingkat bunga
2. tingkat pendapatan masyarakat
3. jumlah penduduk
4. keadaan letak geografis
5. struktur ekonomi masyarakat
6. penguasaan iptek
7. globalisasi ekonomi

Kebijakan pemerintah terhadap jumlah uang yang beredar di masyarakat dilakukan dengan cara:

1. pengendalian tingkat bunga melalui politik diskonto.

2. menarik atau menambah jumlah uang yang beredar melalui politik pasar terbuka dengan cara membeli atau menjual surat-surat berharga.

SBI = Sertifikat Bank Indonesia
3. pemotongan nilai mata uang melalui kebijakan sanering yang dilakukan bank sentral
4. melakukan revaluasi/devaluasi.

Dari sisi politik kebijakan moneter dapat dibedakan atas:


1. Politik Uang Ketat (Tight Money Policy)

* peningkatan suku bunga (discount policy)
* penjualan SBI (open market policy)
* peningkatan cadangan kas (cash ratio)
* pengetatan pemberian kredit

2. Politik Uang Longgar ( Easy Money Policy)

* penurunan tingkat suku bunga
* pembelian SBI
* penurunan cadangan kas
* pemberian kredit longgar


just 4 info.. & semoga bermanfaat..
Redbastard
World Level

Post: 16.821
 
Reputasi: 221

__________________

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Jumlah Uang yang Beredar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

just 4 info.. & semoga bermanfaat..

thank's buat infonya... 1klik buatmu.
walaupun saya gak ngarti...
A_S_T
Continent Level

Post: 4.788
 
Reputasi: 8

__________________
Fallen Angel

Logikaku Terlalu Kecil Dan Terbatas untuk Mengerti Keberadaan-Nya





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Jumlah Uang yang Beredar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

wekkekeke.. pelajaran ekonomi waktu sma.. kalo sekarang belum tau deh.. masih sama atau enggak ..
Redbastard
World Level

Post: 16.821
 
Reputasi: 221

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Jumlah Uang yang Beredar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

waduh.. udah terlalu tinggi untuk kedudulanan saya
cuma bisa bilang nice info..
and..
popoi
Continent Level

Post: 6.098
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Jumlah Uang yang Beredar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

jadi inget seorang kawan gg: yang pernah ngusulin.. kenapa gak cetak uang aja sebanyak2nya.. lalu bagiin secara merata.. wkwkkw...

emangnya negara kita mo mengalami hyperinflasi seperti yang pernah dialami oleh Jerman pada taon 1930 an..

sedikit bercerita,, pada taon 1930, pemerintah Jerman mencetak begitu banyak uang sehingga uang mereka hampir kehilangan nilai. Hyperinflasi menurunkan nilai uang..

dan kekacauan ekonomi terjadi di negara tersebut... sampe2 ada kisah seorang perempuan yang menarik kereta penuh dengan uang untuk membeli beberapa roti. ketika dia keluar dari toko roti untuk mengambil uangnya guna membayar roti, seseorang mencuri keretanya dan meninggalkan uangnya..
Redbastard
World Level

Post: 16.821
 
Reputasi: 221

__________________





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Jumlah Uang yang Beredar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Jadi inget wkt gw SD duit jajan 10/15 rupiah udah banyak banget.
Kalau sekarang ponakan gw sekolah duit jajannya 3 rebu (itu yg kelas 2).
A_S_T
Continent Level

Post: 4.788
 
Reputasi: 8






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Jumlah Uang yang Beredar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

wekekeke.. iya... faktor pertumbuhan ekonomi, kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat dan juga biaya produksi... bikin harga merangkak naik... otomatis.. nilai mata uang kecil.. dulu 25 perak jamanan gw kecil.. dah gak laku lagi...

yo.. permen aja sekarang Rp. 100.. per biji... :P

jadi inget juga.. waktu sd.. dengan duit 300 perak gw dah dapet semangkuk mie ayam..
Redbastard
World Level

Post: 16.821
 
Reputasi: 221

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Jumlah Uang yang Beredar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

hmm jadi inget kalau..hmm..kalau belum hihi



yupi Rp.100 dulu waktu SD kelas 1..bisa beli ciki-cikian 2- 4 bungkus...
angkot jaman aku SD masih Rp.500,- buat pelajar klo ga salah...


nah terus...habis diinget- inget diapain nih?
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #9   Report Post  

Terima kasih informasinya. Sangat membantu tugas saya
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Jumlah Uang yang Beredar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

heheheh mengingatkan masa kecil .................
keren dehh
rendydonat
Village Level

Post: 32
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
7 Faktor Penerangan Sempurna singthung Buddha 1
Jutaan Uang Beredar di Internet, Siapa Yang Cerdik Dia Yang Dapat hendrahy Bisnis Online 1
jumlah uang yang beredar di indonesia? HulkHogan Politik, Ekonomi & Hukum 3
Awas Faktor Pemicu Kesyirikan ! andy_baex Islam 0
Awas Faktor Pemicu Kesyirikan ! andy_baex Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.