Crossblade: Mobil Pintar Tanpa Atap

nurcahyo

New member
Crossblade: Mobil Pintar Tanpa Atap

Kapanlagi.com - Tanpa atap. Tanpa kaca depan. Tanpa jendela. Tanpa pintu. Jangan ragukan hal itu karena sudah saatnya kita membicarakan tentang sebuah mobil, Smart Crossblade, sebuah mobil paling ekspresif dalam jajaran automobil Zen ataukah hanya sebuah mobil tergila yang pernah dibuat?

Suatu kali nenekku pernah berkata padaku,?Segalanya ada dalam sebuah kesederhanaan,? ujarnya bijak. Mungkin saat ini Crossblade yang ada dibenaknya sebagai sebuah antitesis dari kesederhanaan itu sendiri, yang nyata-nyata kita dapatkan dalam bentuk sebuah mobil.

Coba kemudikan mobil itu kemanapun Anda pergi, reaksi yang Anda dapatkan bisa dibilang lebih ekstrim dari sekedar teriakan anak sekolahan. Orang-orang bakal berteriaka memuji mobil Anda dengan teriakan seperti "funky car, man!" ataupun ungkapan-ungkapan lainnya.

Bukan sebuah mobil dengan tipe cepat pensiun. Smart yang dikenal dengan pesona Crossblade, dengan fasilitas left-hand drive. Mungkin saat Anda melihat harga yang terpasang sekitar ?16.000- sebuah jumlah yang membuat Anda seperti melambung ke dunia fantasi. Sebenarnya tipe seperti apakah kita? misal saja sebuah pemilik kapal pesiar St Tropez dengan ruang yang lebih besar dan memudahkan Anda berlabuh.

Berjuta Rasa

Bagaimana rasanya mengendarai sebuah mobil tanpa atap maupun kaca depan (windscreen)? Buang semua ide-ide saat anda berkendara. Duduk dan nikmati Crossblade, saat mulai mencapai kecepatan diatas 30mph, segera Anda rasakan lubang hidung Anda bakal mengembang dengan aliran udara dan membuat tubuh Anda bergetar.

Jika Anda lupa mengenakan topi - atau lebih baik lagi jika Anda mengenakan sebuah helm ? mungkin sejam berikutnya Anda akan disibukkan dengan ulah rambut Anda yang mulai berantakan diterpa angin dan kerikil-kerikil yang menerpa pelipis Anda. Saat pertama kali mengendarai Crossblade, aku benar-benar tak bisa menahan tawa, mungkin juga bakal dialami setiap orang yang pertama kali mengendarai Crossblade.

Selain kekuatan lebih yang diberikan Smart pada Crossblade dengan kapasitas 70bhp, Smart tak memberikan apapun selain automatic gearbox yang sering memicu masalah pada sebuah mobil. Mungkin dibutuhkan waktu untuk memindah roda gigi saat Anda memelankan mobil.

Yang Menarik

Salah satu hal yang paling menarik adalah fat three-spoke wheels dengan ukuran raksasa dan kelihatan begitu funky. Jika ada sebuah anugerah tentang lebar sebuah roda mungkin Crossblade bakal meraih anugerah Oscar dan Nobel untuk ukuran tersebut.

Anda tak bakal menggelinding karena banyak sekali kita jumpai cengkraman pada karet ban roda, jadi bagaimanapun kuatnya Anda menekan ban tersebut tak bakal cepat kempes. Paling tidak Anda tak berkendara dengan kecepatan gila-gilaan.

Anda bakal menemukan situasi yang aneh dengan Crossblade. Saat aku terjebak di sebuah jalan satu arah di pinggir kota dengan sebuah truk datang di arah berlawanan. Aku mencoba untuk berkendara mendekati batas jalan dan menepi sepinggir mungkin dari tengah jalan, hanya ingin memastikan apakah aku bakal tertusuk tanaman yang mulai masuk ke dalam cockpit.

Dan saat aku memarkir kendaraanku dan saat aku terjebak hujan, Smart melindungiku dengan tenda berbahan nylon yang menjaga mobil tetap dalam keadaan kering. Bahkan mobil ini memiliki dome-tent poles dan sebuah pasak pendek yang dipasang dibagian bawah mobil.

Sebuah mobil tanpa atap, tanpa pintu, dann tanpa kaca depan (windscreen). Bahkan tanpa perangkat lain, bekerja tanpa ventilasi udara, dan tak memiliki CD player. Namun mobil ini memiliki water-repellent plastic interior (interior tahan air) yang dilengkapi dengan channels pengering dan sebuah waterproof berukuran mini untuk kantung udara untuk menghentikan short-circuiting. Untuk menghilangkan semua perangkat tadi Smart secara virtual menggandakan harga Smart Coupe setingkat Audi A3. Paling tidak secara teori. Coba Anda kunjungi dan pantau harga di eBay dan Anda bakal mendapat harga yang dipatok dealer-dealer mobil senilai ?8-9.000.

Mobil Pintarkah?

Apakah Crossblade termasuk Smart cars? Tidak. Crossblade sebuah mobil yang tolol, sangat sangat tolol. Meskipun harga yang ditawarkan di eBay tak akan membuatku tergiur untuk membelinya.

Price: ?15,990 Engine: 0.6-litre three-cylinder Power: 70bhp Performance: 85mph / 0-62mph: 17.0 seconds Economy: 49.6mpg (combined cycle) Emissions: 137g/Km CO2 All figures manufacturer supplied

Perlu Anda Cermati

Smart Roadster (?12,495): Mobil Smart tanpa atap lainnya. Caterham 7 Classic (?15,200): satu-satunya mobil tanpa pintu selain Crossblade namun dilengkapi hardcore white-knuckl. Ford Streetka (?12,500): menyenangkan untuk dikendarai namun sangat sensible untuk dua pengemudi.

Mengapa ya?

Sebuah mobil yang sangat memiliki ciri Zen dengan desain air-headedness, dan Anda tak perlu lagi membeli cairan pembersih kaca.

Mengapa tidak?

Sejumlah alasan sebut saja: angin, kerikil, hujan, ejekan dari pejalan kaki, harga yang menguras kantong dan yang paling pokok adalah sebuah mobil yang benar-benar tolol.
 
Mobil tanpa atap cukup repot kalau hujan gan, sehingga bisa dikasih atap. Karena fungsi mobil adalah untuk perjalanan saat cerah dan hujan, tapi bukan banjir.
 
Back
Top