Honda Kembangkan Teknologi Irit BBM Untuk Skuter

nurcahyo

New member
Honda Kembangkan Teknologi Irit BBM Untuk Skuter


Kapanlagi.com - Honda Motor menyatakan sedang mengembangkan teknologi hemat BBM baru, teknologi emissions-cutting yang akan digunakan untuk skuter 50 cc yang dijadwalkan berlangsung 1,5 tahun dan direncanakan akan diinstal di seluruh model Jepang pada 2007.

Sistem yang menggunakan system kontrol injeksi BBM elektronik dalam mesin 4 tak 50cc, mengurangi emisi dari pemanasan gas karbon monoksida hingga separuh dan membuat BBM lebih irit hingga lebih dari 10% dibandingkan skuter tradisional, kata pembuat sepeda motor terbesar di dunia pekan lalu.

Teknologi yang disebut "PGM-FI" (programmed fuel injection), digunakan untuk sepeda motor yang lebih besar dan mobil sejak 1982, tapi mengembangkan versi yang lebih ringan, lebih murah dan lebih kecil untuk skuter 50 cc sangat sulit, katanya.

"Sepeda motor 50cc mendominasi 70% pasar sepeda motor di Jepang, sehingga ini pencapaian yang signifikan,? kata Yasuo Ikenoya, managing director and head Divisi sepeda motor Honda'.

Honda berencana memakai system itu mayoritas di skuter 50cc yang dijual di luar negeri pada akhir 2010.

Ikenoya menyatakan model terbaru dengan system baru diharapkan penjualannya bisa melampaui sepeda motor konvensional, tetapi Honda berniat menurunkan harga ke level yang layak pada masa mendatang.

Jika permintaan oke, teknologi baru ini akan membantu Honda ekspansi saham dominannya di pasar sepeda motor Jepang 50cc ? yang sekarang masih 56%-- tapi menurut Ikenova, itu bukan tujuan perusahaan.

"Saya kira 56% sudah cukup besar. Kami tidak berniat menambah saham kami dengan teknologi ini,? katanya.

Honda, juga produsen mobil terbesar kedua di Jepang, selalu berdiri di depan dalam teknologi sepeda motor dan menguasai sekitar 1/3 pasar dunia sebesar 25 juta unit.

Ikenoya menyatakan Honda juga mempertimbangkan pengembangan sepeda motor 4 roda di Thailand untuk menyiasati besarnya populasi yang tidak bisa membeli mobil biasa. Ia menekankan bahwa itu sepeda motor bukan jenis kendaraan yang sudah ada yang dibuat Honda.
 
Irit merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, di tengah ekonomi yang saat ini seperti ini. Jadi harus hidup irit dengan baik dan lancar.
 
Back
Top