Mobil Pintar Senangkan Produsen

nurcahyo

New member
Mobil Pintar Senangkan Produsen


Kapanlagi.com - Mungkin hanya mobil Anda yang bisa mengetahui seberapa jauh jarak dari kendaraan didepannya, membunyikan klakson, mengerem, mengencangkan sabuk pengaman serta mengembangkan airbag kapanpun Anda mengalami kecelakaan.

Berita baik datang dari produsen high-tech auto electronics terutama untuk pengemudi yang sembrono namun para eksekutif di bidang automobil tetap merasa khawatir dengan tuntutan pada komponen-komponen mobil yang terbilang cukup canggih karena tak terlalu memberikan keuntungan tinggi.

Para konsumer menginginkan mobil pandai dengan harga menjangkau yang berarti semakin meningkatnya permintaan pada industri mobil namun dengan tuntutan keuntungan yang relatif kecil.

?Kita mengalami tekanan keuntungan dan tampaknya kesempatan untuk menaikkan keuntungan masih nol apalagi ditunjang persaingan di pasaran, ?ujar Wolfgang Ziebart, kepala ban dan suku cadang industri mobil Continental saat di pameran mobil di Frankfurt.

Continental, yang mengembangkan sebuah perangkat komputer yang menjaga mobil tetap dijalurnya saat si pengemudi kehilangan kontrol, berharap dengan kenaikan berlipat pada penjualan perangkat elektronik mereka pada tahun-tahun mendatang, meskipun saat ini masih terlalu dini untuk memprediksikan naiknya keuntungan.

Industri mobil telah menghadapi sebuah krisis jika produsen mobil dihantam dengan lemahnya tuntutan para supplier di Eropa, Amerika dan Asia yang kerap mengalami "financial trouble" (gangguan keuangan). Bahkan industri mobil seperti ThyssenKrupp, grup produsen mesin dan baja di Jerman yang merupakan pemasok untuk mobil Volkswagen menyatakan jika pihaknya merasa tertekan jika harus memotong harga.

?Memang kisah tentang tekanan yang dialamni para produsen mobil adalah cerita ytang tiada akhir, bahakn setiap tahun selalu ada tuntutan sekitar 20% untuk memotong harga, tutur Jochen Ottersbach, manajer senior ThyssenKrupp Steel, yang membuat bodyshell untuk mobil Gallardo-nya Lamborghini dan Cayenne?nya Porsche.

Outsourcing

Sementara industri mobil terus meratapi tuntutan untuk menurunkan harga, salah satu pihak yang memiliki masa depan cukup cerah adalah para pembuat mobil. Seperti BMW yang meluncurkan X3 small sports utility vehicle, sebuah mobil yang dibuat di Graz, Austria, oleh Magna Steyr, salah satu unit dari Canadian auto parts - Magna International Inc.

Pembuat perangkat mobil Perancis, Valeo, yang memproduksi headlights (lampu besar), clutches dan windscreen wipers menuturkan jika pembuat mobil Nissan, Jepang juga melakukan outsourcing (memberikan pekerjaan kepada pihak lain untuk mengurangi biaya operasional) saat memproduksi Nissan.

?Mungkin saat ini outsourcing telah menjadi sebuah tren terlebih dikalangan pengusaha mobil karena munculnya model yang lebih bervariatif, tambah ThyssenKrupp's Ottersbach.

Selain itu tuntutan untuk tempat duduk serta aksesori mobil juga yang ikut meningkat membuat para produsen berlomba-lomba menambah elemen-elemen yang membuat penampilan lebih nyaman dan convertible. Namun penambahan elemen-elemen baru ini juga menambah beban baru produsen mobil.
 
Maka dari itu harus dibuat mobil pintar gan, agar bisa nyaman berkendara. Di sini harus dikondisikan dengan baik agar tetap stabil mobilnya.
 
Back
Top