Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

Pada umumnya, perawatan kesehatan organ reproduksi cowok hampir sama dengan perawatan organ reproduksi cewek, diawali dengan menjaga kebersihan secara umum. Begitu pula dengan organ seksual.

Berikut ini tips untuk menjaga kebersihan alat kelamin cowo:

  • [*]Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah buang air kecil.
    [*]Penis harus dicuci dengan air dan sabun lembut minimal sehari sekali.
    [*]Kalau tidak disunat, harus lebih teliti dalam membersihkan daerah kelamin. Mengapa ? Karena, kelenjar-kelenjar di sekitar ujung penis anda setiap hari menghasilkan smegma, suatu zat berwarna putih dan agak lengket. Bila tidak dibersihkan, smegma akan membusuk, bercampur keringat dan bakteri, sehingga menimbulkan bau tak sedap serta dapat menimbulkan infeksi. Pada penis yang disunat, kepala penis ada dalam keadaan terbuka sehingga mudah membersihkannya. Pada penis yang tidak disunat, masih ada kulit yang menutupi sebagian kepala penis, disebut kulup (foreskin). Biasanya smegma menumpuk di balik kulit ini. Untuk membersihkan, tariklah kulup ke arah belakang, dan cuci bersih permukaan kepala penis dan juga kulit serta lipatan-lipatannya.
    [*]Sesudah mencuci alat kelamin , jangan lupa mengeringkannya dengan handuk atau lap sebelum memakai celana kembali. Hal ini penting untuk mencegah timbulnya jamur yang menimbulkan rasa gatal di sekitar alat kelamin, karena jamur sangat mudah tumbuh di daerah yang lembab.

    [*]Pakaian dalam

    Sebaiknya kita memilih dan mengenakan pakaian dalam yang terbuat dari katun, karena bahan ini menyerap keringat sehingga tidak membuat daerah kelamin kita kepanasan dan lembab.

    Hindari memakai celana dalam (maupun luar, misalnya, celana jins) yang terlalu ketat, karena selain membuat peredaran darah tidak lancar juga akan membuat penis dan testis kita kepanasan. Panas berlebihan, yang disebabkan oleh suhu udara, keringat, dan pakaian yang terlalu ketat, akan menurunkan kualitas sperma sehingga menurunkan kemampuannya untuk membuahi sel telur.


    [*]Pemeriksaan sendiri

    Pemeriksaan testis dapat dilakukan sendiri untuk memastikan tidak ada benjolan atau gumpalan yang bisa jadi merupakan tanda-tanda awal kanker testis. Kanker testis merupakan kanker yang sering terjadi pada cowok berusia 25 tahun- 30 tahun, dan dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Karena itu, amat penting untuk mendeteksinya sejak dini sehingga dapat diobati sebelum lebih parah.

    Pemeriksaan testis dilakukan dengan cara:
    • Sebelum pemeriksaan, mandilah dengan air hangat, untuk membuat kulit skrotum relaks dan lunak.
    • Kenalilah bentuk, ukuran, dan berat testis kita.
    • Dengan menggunakan kedua belah tangan,pegang dan balikkan/gulingkan masing-masing testis.
    • Kenali adanya epididymis, yaitu semacam struktur berbentuk seperti tali tambang yang ada di atas dan di belakang masing-masing testis. Hal ini sangat normal.
    • Waspadai adanya benjolan kecil di bawah kulit, di bagian depan atau sepanjang testis. Benjolan ini mungkin sebesar butiran beras atau kacang.
    • Bila ada pembengkakan atau benjolan, segera periksakan diri ke dokter.
    • Lakukan/ulangi pemeriksaan pada tanggal yang sama setiap bulan.
    • Bila pada testis kita ada benjolan atau pembengkakan, kamu jangan panik! Benjolan tidak serta merta berarti terkena kanker, tetapi untuk memastikan apa yang sedang terjadi pada diri kita, tentunya kita harus segera periksa ke dokter. Apabila dideteksi dan diobati sejak dini, kanker testis biasanya dapat disembuhkan dengan sempurna.
  • Hal-hal yang harus segera diwaspadai adalah bila kamu menemukan salah satu testis membengkak atau terasa lebih berat dari biasanya, dada (buah dada) membesar dan terasa lunak, timbul luka yang tak kunjung sembuh, ada benjolan kecil pada testis.

    Bila kita menemukan salah satu atau lebih dari hal-hal ini, jangan tunggu lama-lama, segera memeriksakan diri ke dokter umum. Sebaiknya datangi dokter langganan kita sekali setahun untuk pemeriksaan menyeluruh, termasuk pemeriksaaan organ reproduksi. Bila dalam pemeriksaaan ini ada ketidaknormalan di sekitar alat kelamin, namun dokter tidak dapt mendiagnosanya, ia akan merujuk ke dokter spesialis urology atau klinik kesehatan seksual.
  • Selain pemeriksaan rutin setahun sekali, kita harus segera memeriksakan diri ke dokter bila menemui atau mengalami hal-hal sebagai berikut pada alat kelamin kita:
    Terdapat luka, lecet, atau ruam, atau kutil di daerah testis.
    Terasa gatal terus-menerus.
    Uretra atau saluran kencing mengeluarkan cairan yang tidak biasa.
  • Jujurlah pada dokter yang memeriksa, supaya ia dapat memeriksa kesehatan kita dengan sebaik-baiknya. Beritahukan pada dokter apakah kita pernah melakukan hubungan seks, termasuk apakah hubungan seks itu dilakukan dengan aman atau tidak, menggunakan obat bius, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan pria.
 
Bls: Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

yuhuu.. sangat berguna nih terutama buat para cowok...
makasih ya..
 
Bls: Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

inget, mesti sering-sering "dilatih" sama pasangan ya :D
 
Bls: Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

yuhuu.. sangat berguna nih terutama buat para cowok...
makasih ya..

Maaf, nona2 yang cantik.... sebaiknya nona engga perlu berkomentar di forum ini. Khawatir menimbulkan pembicaraan yang "menjurus":D

Hush...hush... bukan ngusir ya?:))
 
Bls: Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

aku sudah dewasa lho, semua orang dewasa juga paham abah.
 
Bls: Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

Yayaya.... Non Gia memang pakar sexology yang memiliki ilmu mumpuni. Gampang melacak keberadaan Nona, di komunitas L Men pasti ada:D:)):)):))
 
Bls: Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

waduuwh...
nona dan abah complain...

ai no ma chuka woi de zzz ahs su me no ka wue cow
haiiiyaaaaa ...
 
Bls: Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

cowok sih gk terlalu penting...yang penting kekuatanya aja..wkkwakkakakakak
punya cwek yang harus di rawat tuh....
 
Bls: Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

username TSnya kayaknya ngga asing.......pernah liat di............wakakakakakakakak....
 
Bls: Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

Setuju kalau dikatakan penis seorang pria harus dirawat dan dijaga kebersihannya. Bahkan lebih jauh lagi, harus dilatih "kekuatannya". Demi masa depan, katanya. Dr. Boyke malah pernah bilang, salah satu penyebab ketidak-harmonisan suatu pernikahan adalah masalah-masalah yang terkait dengan "adik" kita yang satu ini, yakni penis...

Terserah kalau memang mau dianggap bercanda atau tidak mau dianggap serius. Tapi bagi yang sudah mengalami atau sedang mengalami, raut wajah takkan luput dari keseriusan... ^_^

Mampir ya ke blog saya, pria dan wanita (asalkan sudah 17 tahun keatas) boleh koq. Disana banyak informasi seputar alat kelamin pria yang satu itu, hehehe...:D
 
Bls: Penis anda masa depan anda!! Rawatlah dengan teratur!!

Semua pasti tahu cara merawatnya, but is ok... Thx ya
 
Back
Top