Kenali Lima Penyebab Pingsan

avatas_naruto

New member
Cewek%20Pingsan.jpg


Jangan anggap remeh pingsan, meskipun orang yang pingsan akan segera pulih secara cepat dan spontan. Menurut dokter, kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan.

Apa itu pingsan? Pingsan atau yang dalam istilah medis dikenal dengan sinkop merupakan kondisi saat Anda kehilangan kesadaran secara tiba-tiba dan untuk jangka waktu singkat akibat kurangnya suplai darah ke otak. Berikut beberapa faktor pemicu pingsan:

Penyebab umum
Orang dewasa bisa pingsan akibat berbagai faktor. Dehidrasi dan penurunan tekanan darah akibat gastroenteritis (peradangan lambung atau usus) misalnya.

Akan tetapi, pingsan yang terjadi secara teratur seringkali disebabkan oleh masalah katup jantung, gangguan irama jantung, kecemasan, tekanan darah rendah, stroke dan obat-obatan. Biasanya, dokter bisa menentukan penyebab dengan mengetahui sejarah pasien dan pemeriksaan.

Vasovagal attack
Vasovagal attack merupakan kondisi yang melibatkan perlambatan jantung, penurunan tekanan darah dan pengurangan aliran darah ke otak, sehingga mengurangi suplai darah ke otak.

Kondisi ini bisa membuat Anda pingsan untuk sementara waktu dan sadar kembali dengan kondisi sakit kepala dan mual. Serangan ini seringkali dipicu oleh emosi seperti ketakutan, makan berat, atau berada di lingkungan yang hangat. Jika menderita gangguan ini, ada baiknya menghindari pemicu dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep yang tepat.

Usia
Orang-orang berusia lanjut bisa pingsan sama seperti dewasa muda. Akan tetapi, pada lansia pingsan seringkali merupakan pertanda TIAs - transient ischaemic attacks (stroke kecil) saat suplai darah ke otak kurang. Selain itu, pingsan pada orang berusia lanjut bisa disebabkan oleh efek obat. Karena itu, pastikan berkonsultasi dengan dokter.

Obat
Pingsan bisa disebabkan oleh obat yang mengurangi tekanan darah, misalnya obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi hipertensi, begitu juga dengan beta-blockers, ACE inhibitors, diuretics, obat penenang serta obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi penyakit parkinson.

Pingsan pada anak-anak
Jika terjadi berulang-ulang, ada baiknya dilakukan pemeriksaan menyeluruh untuk melihat kemungkinan adanya gangguan jantung. Biasanya, pingsan pada anak-anak disebabkan oleh breath-holding attacks. Kondisi ini biasanya terjadi pada beberapa anak setelah trauma seperti benturan atau cedera. Anak-anak ini menahan nafas, sehingga memicu pingsan untuk sementara waktu. Anak-anak biasanya berhenti menahan nafas di usia enam tahun.

Perempuan hamil
Perempuan hamil umumnya pingsan akibat perubahan tekanan darah. Selama kehamilan akan terjadi perubahan aliran darah. Saat berdiri, perempuan hamil memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai tekanan darah normal. Akibatnya, perempuan hamil bisa pingsan sebelum suplai darah ke otak kembali normal. (hd/mediaindonesia.com)
 
Back
Top