Fenomena Sungai di Bawah Laut

Status
Not open for further replies.

Redbastard

New member
Suatu fenomena alam yang ramai diperbincangkan oleh khayalak dunia yaitu penemuan sungai di bawah laut, Cenote Angelita, Meksiko. Saya sudah melihat foto-foto sungai di bawah laut tersebut, sungguh menakjubkan. Keren banget loh. Namun pemberitaan mengenai Sungai di Bawah laut yang terlalu dibesar-besarkan nii menjadikan banyak perdebatan-perdebatan, hingga memasuki ranah kepercayaan (agama).

67403.jpg

Pada suatu forum saya membaca artikel yang menyebutkan bahwa berita sungai bawah laut ini sudah disebutkan dalam Al Qur'an. Berikut ayatnya :

61542.jpg

Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi. (QS : Al Furqon 53)

63091.jpg

“Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” (QS Ar Rahmaan : 19-20)

cenotes-in-playa-del-carmen.jpg

Juga ada yang mengatakan bahwa warna kecoklatan seperti air sungai itu merupakan lapisan gas hidrogen sulfida. Namun warna kecoklatan itu bukan berasal dari air tawar. Disebutkan, bagian kecoklatan yang mirip air sungai itu adalah lapisan bagian bawah gas hidrogen sulfide atau H2S. Gas yang biasanya dihasilkan dari saluran pembuangan kotoran.

47956.jpg

Anatoly Beloshchin,
adalah orang yang berhasil mengambil gambar 'sungai di dalam laut' dari kedalaman 60 meter perairan Cenote Angelita, Mexico.

Seperti dilansir crystalkiss.com, di kedalaman lebih dari 30 meter tim penyelam menemukan air tawar di tengah kolom air laut. Kondisi itu berubah dan penyelam kembali menemukan air laut mulai melewati kedalaman 60 meter.

Beberapa meter dari lokasi itu akan ditemukan sebuah gua. Di bagian bawah dekat gua itu tim penyelam menemukan sebuah sungai lengkap dengan pohon dan dedaunan yang mengapung di kolom air itu.

Ternyata lokasi itu bukanlah sungai seperti yang terlihat di daratan. Tetapi, suasana itu memang mirip sungai lengkap dengan lapisan seperti air yang berwarna agak kecoklatan.

Tapi tunggu dulu, warna kecoklatan itu bukanlah berasal dari air tawar. Disebutkan, bagian kecoklatan yang mirip air sungai itu adalah lapisan bagian bawah gas hidrogen sulfida. Gas yang biasanya dihasilkan dari saluran pembuangan kotoran.

Secara keseluruhan, tim penyelam menemukan itu adalah kondisi yang sangat mengejutkan dan menakjubkan untuk dipandang.

"Di kedalaman 60 meter saya menemukan kembali air laut. Saya melihat sebuah sungai, pulau, lengkap dengan daun yang berguguran. Tapi sungai yang kami lihat adalah lapisan dari gas hidrogen sulfida," kata Anatoly.

Berbahaya

Fenomena sungai dalam laut Mexico dikhawatirkan bisa membahayakan biota laut. Meski masih dalam penelitian, gas hidrogen sulfida (H2S) di 'sungai jadi-jadian' itu tidak membahayakan manusia.

"H2S itu bersifat asam, apabila bercampur dengan air laut atau garam yang terkandung dalam air laut, maka gas itu bisa berbahaya bagi biota laut, namun tidak berbahya bagi manusia," kata Menristek Suharna Surapranata kepada VIVAnews.

Hal itu disampaikan Suharna Surapranata dalam pembukaan di The 4th GEOSS Asia – Pacific Symposium, Denpasar, Bali, Rabu 10 Maret 2010,

Kendati demikian, Suharna mengakui fenomena alam itu merupakan bagian dari vulkanologi atau studi tentang gunung berapi, lava, magma dan fenomena geologi yang berhubungan.

"Di Indonesia memang belum pernah terjadi, namun sangat mungkin fenomena itu terjadi karena hal itu merupakan fenomena alam, dan sejauh ini penelitian tentang sungai bawah laut belum selesai, dan masih melakukan pemetaan tematik," jelasnya.

Seperti diketahui, 'sungai' bawah laut yang terjadi di perairan perairan Cenote Angelita, Mexico, pada kedalaman 60 meter itu bukanlah sungai sebenarnya.

Warna kecoklatan seperti air sungai itu merupakan lapisan gas hidrogen sulfida. Namun warna kecoklatan itu bukan berasal dari air tawar.

Disebutkan, bagian kecoklatan yang mirip air sungai itu adalah lapisan bagian bawah gas hidrogen sulfide atau H2S. Gas yang biasanya dihasilkan dari saluran pembuangan kotoran.

Suasana dalam laut itu mirip sungai lengkap dengan lapisan seperti air yang berwarna agak kecoklatan. Ada pohon lengkap dengan dedaunan jatuh berguguran.

Video :

[ame="http://www.youtube.com/watch?v=jnEChmNuwLc"]<object width="480" height="385"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/jnEChmNuwLc&hl=en_US&fs=1&"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/jnEChmNuwLc&hl=en_US&fs=1&" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="480" height="385"></embed></object>[/ame]
 
Bls: Fenomena Sungai di Bawah Laut

naiiiiisshh infoooooooooouuuooo...

sayang ya..ternyata hidrogen beracun...keren bangeeeeet padahal
 
Bls: Fenomena Sungai di Bawah Laut

Memang kalo Allah SWT berkehendak seperti itu, menunjukkan bahwa Ia telah menunjukkan keagungannya.

Subhanallah..
 
Bls: Fenomena Sungai di Bawah Laut

Masak air bisa misah gitu gan?
Keren gan infonya.... moga2 bukan sotosop...
hihihi.... :D:D:D
 
Yang namanya 'Cenote' itu sebenarnya bukanlah laut, tapi gua berair...
Banyak banget cenote2 yang terdapat di wilayah Meksiko, salah satunya ya cenote angelita ini...

'Sungai'nya juga cuma kabut Hidrogen sulfida....airnya mengalami proses halocline... tumbuhannya adalah tumbuhan mati yang berasal dari permukaan gua...

Jadi ini bukanlah fenomena yang luar biasa...



-dipi-
 
Yang namanya 'Cenote' itu sebenarnya bukanlah laut, tapi gua berair...
Banyak banget cenote2 yang terdapat di wilayah Meksiko, salah satunya ya cenote angelita ini...

'Sungai'nya juga cuma kabut Hidrogen sulfida....airnya mengalami proses halocline... tumbuhannya adalah tumbuhan mati yang berasal dari permukaan gua...

Jadi ini bukanlah fenomena yang luar biasa...



-dipi-

menurutku tetep luar biasa c, karena ga gampang nemuin fenomena gas yang tertahan di bawah air gitu kan..
 
Ya.. ya.. Mungkin saja ini adalah fenomena yang luar biasa... dan tentu saja sah dianggap begitu...
Jadi untuk supaya tidak mengganggu kesenangan yang membaca, anggap saja ini adalah sebuah fenomena alam yang luar biasa... :D

Mungkin lain kali akan ada yang menulis fenomena yang sama seperti ini dengan mengambil contoh banyak tempat lain di bumi, seperti di Laut Mati, samudara atlantik, di sepanjang pantai Namibia, di New Zealand dll....




-dipi-
 
mumet aq mikir.
air tawar(dibawah), h2s(gas), air laut(diatas). emang BD ga ada artinya?

- n1 -
 
berat jenis. yg BDnya gede sll terletak dibawah.
ada gas yg BDnya lebih kecil dari air? air tawar dibawah air-laut gara2 ada gas yg membatasi... khayal amat aq pikir!!!!
(karena ditahan hantu/alien biar gas ga naik kepermukaan?)
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top