Pendiri Tehbotol Sosro Meninggal Dunia

anak_dumai

New member

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri PT Sinar Sosro Soetjipto Sosrodjojo meninggal dunia pada usia 77 tahun di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, pukul 01.15 WIB Rabu (10/3/2010).

Saat ini jenazah disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto. Pendiri perusahaan yang terkenal sebagai produsen Tehbotol Sosro ini akan dikebumikan Jumat (12/3/2010) besok di San Diego Hills Karawang Jawa Barat.

Nama Sosro yang diambil dari nama keluarga pendirinya Sosrodojo, merupakan merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia.

Seperti dikutip di situsnya, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya tahun
1940 di Slawi Jawa Tengah. Pada saat memulai bisnisnya, produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana daerah penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah.

Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah.

Pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual teh siap minum (ready to drink tea) dalam kemasan botol, dan pada tahun 1974 didirikan PT SINAR SOSRO yang merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan di dunia.

Sejak 27 November 2004, PT Sinar Sosro dan PT Gunung Slamat bergabung dalam holding company yakni PT Anggada Putra Rekso Mulia alias Grup Rekso, yang beberapa waktu lalu mengakuisi McDonald dari kepemilikan Bambang Rachmadi.
 
Back
Top