Tentang dukungan aplikasi latar di iPhone OS 4.0

nafiri

New member
4iphone20bg20process20forstall.jpg

source: megindo

Situs AppleInsider mengatakan bahwa versi iPhone OS berikut yaitu OS 4.0 akan menghadirkan metode yang mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk aktif di latar (background application). Selama ini Apple melarang aplikasi tambahan untuk dapat berjalan di latar dengan alasan dapat menguras baterai dengan penggunaan sumber daya yang relatif terbatas.

Menurut sumber situs tersebut, Apple telah mengembangkan solusi untuk mengelola aplikasi yang berjalan di latar dengan menggunakan teknologi antarmuka yang digunakan di Mac OS X.

Dari sisi teknis, iPhone OS memang sebenarnya tidak memiliki masalah untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus karena hampir seluruh aplikasi bawaan iPhone OS dapat dijalankan di latar. Misalnya sedang mengirim SMS, pengguna iPhone dapat langsung berpindah ke Mail untuk mengirim email sebelum SMS tersebut selesai terkirim. Aplikasi iPod dapat digunakan untuk mendengarkan musik sambil memainkan game ataupun menggunakan aplikasi lain pada saat yang bersamaan.

Jika kabar ini benar, akan semakin berkuranglah aspek yang dianggap kelemahan perangkat yang menggunakan iPhone OS. Dengan dibukanya akses latar untuk aplikasi lain, aplikasi online radio atau chatting misalnya, dapat aktif bersamaan dengan aplikasi lain.

Yang menjadi pertanyaaan adalah bagaimana Apple menyiasati efek background apps ini terhadap baterai. Yang mungkin dilakukan adalah dengan memberi seluruh perangkat iPhone OS prosesor dengan kinerja yang jauh lebih efisien dan lebih cepat serta baterai dengan kapasitas yang jauh lebih besar.

Besar kemungkinan Apple akan menggunakan prosesor yang dikembangkannya sendiri seperti yang digunakan untuk iPad sehingga jalan keluar untuk mengatasi efek negatif dari aplikasi latar sepertinya dengan cara ini.

Sementara ini penggunaan aplikasi latar difasilitasi melalui proses jailbreak yang mematikan fungsi pengamanan yang terdapat dalam iPhone OS.
 
Bls: Tentang dukungan aplikasi latar di iPhone OS 4.0

Apple seperti banyak bermain dibalik layar. Sementara para pesaingnya wara wiri di atas panggung perdagangan.
 
KAlau iphone belum pernah punya dan tidak berniat punya gan. CUkup dengan yang ada saja agar tetap lancar jaya.
 
Back
Top