Puisi Jepang
 
Go Back   Home > Belajar Bahasa Lain > Japanese

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post  

Re: Puisi Jepang

shisio, punya koleksi puisi jepang gaa...??
kalau adaa... mauuu, bole?

kekesu
kekesu kekesu is offline
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0

       





Reply With Quote     #12   Report Post  

Re: Puisi Jepang

wha, si shishio udah kelelep.
nih misa kasih beberapa puisi jepang, kekesu-kun

天智天皇

秋の田の
かりほの庵の
苫をあらみ
わが衣手は
露にぬれつつ

lafalannya:
Tenchi Tenno

Aki no ta no
Kariho no io no
Toma o arami
Waga koromode wa
Tsuyu ni nure tsutsu

inggrisnya:
Emperor Tenchi

Coarse the rush-mat roof
Sheltering the harvest-hut
Of the autumn rice-field;
And my sleeves are growing wet
With the moisture dripping through.
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #13   Report Post  

Re: Puisi Jepang

山辺赤人

田子の浦に
打ち出でてみれば
白妙の
富士の高嶺に
雪はふりつつ

lafalannya:
Yamabe no Akahito

Tago no Ura ni
Uchi idete mireba
Shirotae no
Fuji no takane ni
Yuki wa furi tsutsu

inggrisnya:
Yamabe no Akahito

When I take the path
To Tago's coast, I see
Perfect whiteness laid
On Mount Fuji's lofty peak
By the drift of falling snow.
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.823
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #14   Report Post  

Re: Puisi Jepang

Kutip:
Oleh misa_chan View Post
wha, si shishio udah kelelep.
nih misa kasih beberapa puisi jepang, kekesu-kun

天智天皇

秋の田の
かりほの庵の
苫をあらみ
わが衣手は
露にぬれつつ

lafalannya:
Tenchi Tenno

Aki no ta no
Kariho no io no
Toma o arami
Waga koromode wa
Tsuyu ni nure tsutsu

inggrisnya:
Emperor Tenchi

Coarse the rush-mat roof
Sheltering the harvest-hut
Of the autumn rice-field;
And my sleeves are growing wet
With the moisture dripping through.
ngomong opo iki>>>???
terry_okay007
terry_okay007 terry_okay007 is offline
Mod

Post: 4.292
 
Reputasi: 252

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #15   Report Post  

Re: Puisi Jepang

Ada jenis puisi jepang populer yang patokan dan rumusnya bisa dipakai di banyak bahasa. Namanya Haiku, yang terdiri dari 3 baris dan 17 suku kata dengan baris pertama 5 suku kata, kedua 7 suku kata dan ketiga 5 suku kata. atau bisa juga 3-5-3.

Contoh:
Daun berderai
Daun berganti warna
Musim gugurku


Atau yang lebih rumit dari Haiku, ada yang namanya Tanka. Teknik dasar membuat Tanka yang memiliki 31 suku kata dalam 5 baris kalimat dengan bentuk susunan suku kata 5,7,5,7,7. Tapi di sastra Jepang sendiri, tanka ini ditulis dalam satu baris. Untuk di luar sastra jepang yang mengadopsi Tanka, biasa ditulis dalam 5 baris.

Contoh:
Mama bangunkanku
Ku meregangkan tubuh
Menggosok gigi
Merapikan rambut
Pergi sekolah


Ada satu bentuk lagi yang namanya Renga, tapi aku belum belajar karena lebih rumit...


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #16   Report Post  

Re: Puisi Jepang

humm....sepertinya aku dapat sumber yang sama dengan mbak dipi...

Renga

Format Renga sama seperti halnya Tanka Jepang. Puisi Renga dapat memiliki banyak versi sesuai dengan keinginan, masing-masing versi terdiri atas 31 suku kata dalam 5 baris dengan hitungan suku kata per baris yaitu 5,7,5,7,7. Hampir sama dengan Tanka , hanya saja dalam kenyataannya Renga menjadi suatu kompetisi.

Mengapa disebut demikian?, karena tak lain dalam membuat sebuah Renga diperlukan dua orang penyair, seorang menulis baris pertama dan kedua dan seorang lainnya melanjutkan sisanya. Tantangan dalam membuat Renga dimulai dari penyair yang pertama yang membuat baris pertama dan kedua yang kemudian menyulitkan penyair yang kedua. Dalam hal ini penyair yang kedua dituntut untuk lebih pintar dalam melanjutkan dua baris pertama yang tak lain merupakan pikiran seseorang yang memang sangat berbeda.

Puisi di bawah ini sebagai contohnya, dibuat oleh dua orang yang berlainan, mereka bekerja sama dalam membuatnya dengan tidak melupakan juga pola 5,7,5,7,7.


Pujaan Hati


Memulai hari

Bersamamu kekasih

Diri terguncang

Tersipu malu

Kududuk di sampingmu


Hangat mendera

Ia meminta cintaku

Hati berdebar

Jiwaku menggelegar

Diungkapkannya kasih


Aku terima

Dalam lipatan nota

Tertutup rapat

Kubuka dan kubaca

Ku juga cinta kamu
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #17   Report Post  

Re: Puisi Jepang

wah hebat pada bisa bikin puisi jepang hahaha
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.766
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #18   Report Post  

Re: Bls: Puisi Jepang

Kutip:
Oleh spirit View Post
によると、単語のバイアス
行で私の、私の心と
状況は、肝臓周囲の
非常に問題を抱えた
無意味な
ない...
Coba baca sebisaku ah (huruf yang nggak bisa kubaca aku tulis sebagai "BLA"):
Niyoruto, BLAgo no bias
Iku de watashi no, watashi no kokoro to
BLABLA wa, BLABLABLABLAno
BLABLA ni BLABLA wo BLAeta
BLABLABLA na
nai...

Hmmm... 15 huruf nggak bisa kubaca, ya ampun...

Oya, 非 bacanya gimana & artinya apa? Aku tebak artinya "beban", bener nggak? Aku nebak gitu soalnya Kanjinya "Kanashii" (Kesedihan) bentuknya Kanji 心 (Hati) dengan Kanji 非 di atasnya, jadi aku mikir kalau mungkin itu maksudnya "hati yang terbebani"?
Monoxdifly Monoxdifly is offline
City Level

Post: 292
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #19   Report Post  

Re: Puisi Jepang

misai kokorotomo ,,, hehehe
pembacaberita
pembacaberita pembacaberita is offline
National Level

Post: 531
 
Reputasi: 6






Reply With Quote     #20   Report Post  

Re: Puisi Jepang

Tp kebanyakan puisi2 buatan orang jepang mh suka menyentuh bgt
Muh.Ridwan
Muh.Ridwan Muh.Ridwan is offline
Continent Level

Post: 2.792
 
Reputasi: 46

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.