Dopod 838, Usung Fungsi Mini Laptop

nurcahyo

New member
Dopod 838, Usung Fungsi Mini Laptop


KapanLagi.com - Anda jangan heran jika melihat dua PDA-phone terbaru Dopod yaitu D-838 dan D-900, mirip dengan seri terakhir yang sempat di-preview O2. Hal ini di karenakan perusahaan Taiwan, High Tech Computer (HTC) sebagai pihak yang memproduksi O2, belakangan juga memutuskan untuk memperkenalkan merek sendiri yang kemudian diberi nama Dopod.

Dopod 838 adalah salah satu seri yang dipersiapkan untuk kalangan pebisnis. Seri terbaru Dopod yang akan menggantikan seri XDA ini menggunakan sistem operasi Windows Mobile versi 5.0, menggunakan baterai Li-Ion 1200 mAH menjanjikan daya tahan yang lebih lama serta waktu bicara hingga 180 jam, dan menjamin data tak hilang manakala PDA-Phone lupa discharge, Dopod 838 juga dilengkapi dengan fitur kamera 1,3 megapixel, koneksi Wi-Fi.

DESAIN

Kesan pertama yang akan dilihat dari PDA phone ini adalah bentuk luarnya masih kuno dan pocketable, apalagi jika dibandingkan dengan smartphone. Warnanya juga agak kusam dengan memadukan abu-abu metal-gun dan hitam pada backplate di badan perangkat ini. Ukuran layar yang lebar dan bantalan sliding keypad yang nyaman digunakan.PDA phone ini memiliki dimensi 108x58x23 mm dan berat 150 gram.

LAYAR

Dengan layar berukuran 2,8 inch QV-GA 65K warna TFT dengan resolusi 640x480 pixels (layar VGA) Dopod 838 mampu menampilkan kualitas gambar yang lumayan jernih. Adanya fungsi sliding qwerty keypad yang dapat diatur manual,membuat layarnya dapat menampilkan menu vertikal maupun horizontal.Layarnya yang lebar 7,5 cm dan tinggi 5,5 cm ini,bisa diputar dan disejajarkan berubah bentuk dari model PDA menjadi notebook mini.


keybord nyaman

KEYPAD

Karena mengusung fungsi sebagai mini laptop, maka papan ketik (keybord) yang disediakan sangat nyaman digunakan jika dibandingkan dengan merek lainnya, termasuk model thumboard yang populer. Model keypad yang lebar dan softy memungkinkan Anda mengetik dokumen mengikuti index alphanumeric yang lebih lengkap dibandingkan pada seri sebelumnya. Pada saat Anda menggunakan model sliding keypad] sebagai laptop, Anda bisa menggunakan empat tombol keypad ditambah kursor navigasi empat arah pada sisi layar .

SISTEM OPERASI

Dopod 838 dibuat untuk beroperasi dijaringan GSM qudband yakni di frekwensi 850/900/1800/1900 MHz. Adanya kemampuan qudband ini,membuat Dopod 838 bisa digunakan pada beberapa negara yang menggunakan frekwensi tersebut. Dopod 838 menggunakan sistem operasi Microsoft Windows Mobile seri 5.0. Didalamnya telah dibenamkan beberapa fitur terbaru, di antaranya tabel dan chart.

MEMORI dan PROSESOR

Dopod 838 menggunakan prosesor texas Instrument 195 MHz OMAP 850 dikombinasikan dengan memori 64MB RAM dan 128MB ROM. Untuk menyimpan data lebih banyak,Anda bisa memanfaatkan kemampuan ekspan memori dengan satu slot mini SD.

WI-FI dan E-MAIL
Memiliki banyak pilihan untuk mengakses internet merupakan nilai lebih pada Dopod 838. Anda bisa memanfaatkan hotspot WI-FI yang ada di beberapa tempat. Dopod 838 juga memungkinkan Anda mengakses WI-FI tanpa banyak melakukan konfigurasi setting. Selain itu,fitur lainnya Anda juga bisa menerima dan mengirim email sesudah men-set up e-mail account-nya.

KONEKTIVITAS

Untuk melakukan transfer data seperti halnya teks, images dan aplikasi lainnya, Anda dapat memanfaatkan fasilitas bluetooth dan infrared. Sedangkan untuk sinkronisasi dengan PC sekaligus melakukan charging baterai, dapat menggunakan koneksi dengan kabel USB.

APLIKASI

Sebagai syarat wajib dari sebuah PDA, maka Dopod 838 telah dilengkapi dengan banyak fasilitas perkantoran seperti Pocket Exel, Pocket Word, Internet Exspoler, MSN Messenger, Windows Media Player, Video Telephony, Voice Command, dan Active Sync. Adapula aplikasi bawaan seperti Clear Vue PPT dan PDF, lalu ada juga aplikasi Midlet Maneger yang berguna untuk mengatur file-file java yang diinstall di dalamnya, IntelliDialer yang berfungsi sebagai akses telepon cepat. Untuk dapat menginstal berbagai aplikasi pocket PC, Anda bisa mencarinya melalui Internet.
 
Pernah dengar nama ini dulu, dan tampaknya cukup bagus waktu itu. Sekarang sudah tidak ada lagi, entah ke mana.
 
Back
Top