[teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia? Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


[teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?

lagi browsing-browsing, lagi nyari inspirasi, lagi nyari sejarah, akhirnya gw nemu sejarah yang gak pernah tertulis di bangku sekolah (ya iyalah! Bangku sekolah buat didudukin?!)


Peta diatas adalah peta dunia 20,000 tahun yang banyak diakui

Nah teori ini adalah teori yang dikemukakan Oppenheimer yang berasal dari bukunya "Eden In The East". Beliau memutar balikkan pemahaman waktu semasa sekolah kita, yang dimana Asia Tenggara adalah kawasan pinggiran; kawasan yang berkembang setelah kena imbas migrasi dari luar, perdagangan dan alkuturasi dari banyaknya orang asing sehingga daerah Asia Tenggara seakan-akan telah kehilangan identitas karena saking banyaknya orang asing yang datang. Sekarang pertanyaannya begini, apakah beliau hanya hipotesis belaka? Namun kenyataanya beliau mengkaitkan beberapa kajian yang berhubungan dengan sejarah dan yang pernah ada di Indonesia.




Peta diatas adalah peta keadaan jaman es, dimana sebagian daratan Indonesia berada dalam satu lingkup daerah (bahkan malaysia) yang disebut sebagai SundaLand (paparan sunda)

Kutipan dari buku yang ada di Oppenheimer

Oppenheimer mengambil ancang-ancang sejak 20.000 tahun silam. Ketika paparan sunda masih ada, ketika ketinggian laut masih 150 meter dibawah permukaan laut jaman sekarang. Ketika perlahan-lahan suhu bumi memanas, es di kedua kutub bumi mencair dan menyebabkan naiknya permukaan air laut, sehingga timbul banjir besar. Penelitian oseanografi menunjukan bahwa di Bumi ini pernah tiga kali terjadi banjir besar pada 14.000, 11.000, dan 8.000 tahun yang lalu. Banjir yang terakhir adalah peristiwa yang menyebabkan kenaikan permukaan air laut hingga setinggi 8-11 meter dari tinggi permukaan asalnya. Banjir tersebut mengakibatkan tenggelamnya sebagian besar kawasan Paparan Sunda hingga terpisah-pisah menjadi pulau-pulau yang kini kita kenal sebagai Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali.

Oppenheimer mengemukakan bahwa saat itu, kawasan Paparan Sunda telah dihuni oleh manusia dalam jumlah besar. Karena itulah, menurutnya, hampir semua kebudayaan dunia memiliki tradisi yang mengisahkan cerita banjir besar yang menenggelamkan sebuah daratan. Kisah-kisah semacam banjir Nabi Nuh as, olehnya dianggap sebagai salah satu bentuk transfer informasi antar generasi manusia tentang peristiwa mahadahsyat tersebut.

Menurut Oppenheimer, setelah terjadinya banjir besar tersebut, menusia mulai menyebar ke belahan bumi lainnya. Oppenheimer menyatakan bahwa hipotesisnya ini disokong oleh rekonstruksi persebaran linguistik terbaru yang dikemukakan Johanna Nichols. Nichols memang mencoba mendekonstruksi persebaran bahasa Austronesia. Sebelumnya, Robert Blust (linguis) dan Peter Bellwood (arkeolog) menyatakan bahwa persebaran bahasa-bahasa Austronesi a berasal dari daratan Asia ke Formosa (Taiwan) dan Cina Selatan (Yunnan) sebelum sampai ke Filipina, Indonesia, kepulauan Pasifik dan Madagaskar. Nichols menyatakan konstruksi yang terbalik di mana bahasa-bahasa Austronesia menyebar dari Indonesia-Malaysia ke kawasan-kawasan lainnya dan menjadi induk dari bahasa-bahasa dunia lainnya.

Oppenheimer berkeyakinan bahwa penduduk Malaysia, Sumatera, Jawa, dan Kalimantan dewasa ini adalah keturunan dari para penghuni Paparan Sunda yang tidak hijrah setelah tenggeamnya sebagian kawasan tersebut. Dengan kata lain, ia hendak mengemukakan bahwa persebaran manusia di dunia berasal dari kawasan ini.

Pendapatnya ia perkuat dengan mengemukakan analisa tentang adanya kesamaan benda-benda neolitik di Sumeria dan Asia Tenggara yang diketahui berusia 7.500 tahun. Kemudian ciri fisik pada patung-patung peninggalan zaman Sumeria yang memiliki tipikal wajah lebar (brachycepalis) ala oriental juga memperkuat hipotesis tersebut.

Oppenhimer juga yakin bahwa tokoh dalam kisah Gilgamesh yang dikisahkan sebagai satu-satunya tokoh yang selamat dari banjir besar adalah karakter yang sama dengan Nabi Nuh as dalam kitab Bible dan Qur’an yang tak lain adalah karakter yang berhasil menyelamatkan diri dari banjir besar yang menenggelamkan paparan Sunda. Legenda Babilonia tua mengisahkan pula kedatangan tujuh cendekiawan dari timur yang membawa keterampilan dan pengtahuan baru. Kisah yang sama terdapat pula di dalam India kuno di Hindukush. Varian legenda semacam ini pun ternyata tersebar di kepulauan Nusantara dan Pasifik.

Oppenheimer lebih lanjut mengemukakan bahwa kisah yang serupa dengan kisah penciptaan Adam dan Hawa serta pertikaian Kain dan Abel (Qabil dan Habil) ternyata dapat ditemukan di kawasan Asia Timur dan Kepulauan Pasifik. Misalnya orang Maori di Selandia Baru, menyebut perempuan pertama dengan nama ‘Eeve’. Kemudian di Papua Nugini, kisah yang serupa dengan Kain dan Abel ada dalam wujud Kullabop dan Manip. Tradisi-tradisi di kawasan ini juga mengemukakan bahwa manusia pertama di buat dari tanah lempung yang berwarna merah.

Atas dasar berbagai hipotesis tersebut pula, Oppenheimer meyakini bahwa Taman Eden yang disebut-sebut dalam Bible ada di Paparan Sunda. Berbicara tentang Hipotesis Oppenheimer ini, saya juga jadi teringat salah satu ayat dalam Kitab Genesis yang dengan jelas menyebut bahwa Eden ada di Timur. Mungkinkah Taman Eden memang berlokasi di Indonesia? Dan Manusia Pertama pun ditempatkan Tuhan di Indonesia?

Berarti secara garis besar, Oppenheimer sepaham sama Prof. Muhammad Yamin?

Kutip:
"Bangsa Indonesia berasal dari bangsa Indonesia sendiri"
sumber: http://beritanusantara.com/sebaiknya...indonesia.html
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 37

__________________

 

   






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: [teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?

woooww nice inpoo.... ksh bintang deh..
snakedoctor
City Level

Post: 112
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: [teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?

wah info yang sangat bermanfaat sekali

taman eden ada di indonesia suatu kebangaan
rizalolo
Mod

Post: 45.202
 
Reputasi: 256

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: [teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?

Nice inpo ...tp saia ga bgitu percaya ...v^^

Setau saia manusia pertama adalah adam dan hawa ...mgkin saja salah satu dari adam ato hawa dturunkan d indonesia sblum dpertemukan d padang arafah ...mgkin ...v^^
ishimaru
Continent Level

Post: 2.800
 
Reputasi: 122






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: [teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?

Kutip:
Oleh ishimaru View Post
Nice inpo ...tp saia ga bgitu percaya ...v^^

Setau saia manusia pertama adalah adam dan hawa ...mgkin saja salah satu dari adam ato hawa dturunkan d indonesia sblum dpertemukan d padang arafah ...mgkin ...v^^
yah sebagai tambahan refrensi. Jadi diluar konteks kepercayaan kalo masuk ke konteks kepercayaan, gw masukin kedalam forum agama. Ditambah, si oppenheimer melihat dari jejak manusia purba yang ada di Indonesia. Manusia yang ditemukan di wajak dan daerah lainnya, sejaman dengan pithecantropus erectus. Dalam artian, manusia purba yang di claim merupakan missing link dan yang lumayan pintar ada di indonesia.

Ditambah, seluruh jalur kebudayaannya, yang berasal dari asia (dengan kapak lonjong) serta yang berasal dari sahul (dengan kapak persegi) bermuara di Indonesia.

Jadi dengan statement beliau, kita bisa mempelajari dan mempertanyakan:
Apakah benar seperti itu? Apakah benar dimasa sebelum Homo Sapien Indonesia sudah memiliki kelompok besar makhluk yang berjalan dengan dua kaki?

Jadi ada mamfaatnya deh
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 37

__________________





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: [teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?

Yupz ...Namanya juga teori ...v^^

tp msh ada pertanyaan d dlm hati, kalu dulu manusia purba dulu bsa berevolusi, knapa skrang engga ya? Apa perlu bencana dahsyat dulu?

Hmmm ...cuma penasaran ma masa lalu ...v^^
ishimaru
Continent Level

Post: 2.800
 
Reputasi: 122






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: [teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?

hmm. . .bisa kok manusia sekarang berevolusi dengan:

budaya incest

monggo di coba
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 37

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: [teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?

wah kalau emang benar hebat indonesia
rizalolo
Mod

Post: 45.202
 
Reputasi: 256

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: [teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?

Saya sangat percaya akan hal ini.
Village Level

Post: 95
 
Reputasi: 4






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: [teori] Manusia Pertama Berasal Dari Indonesia?

Yang saya tahu, khususnya penyebaran manusia di nusantara, berasal dari ras negroid dari Asia Barat dengan kebudayaan kapak lonjong menuju ke arah timur ke Nusantara menuju Papua dan Australia. Lalu ada pula ras mongoloid di dari utara melalui Filipina menuju Nusantara dengan membawa kebudayaan kapak perseginya.

Kesimpulan sementara saya; Penduduk asli nusantara berasal dari ras manusia yang bermigrasi dari barat dan utara, yang kemudian menetap di Nusantara hingga menjadi penduduk aslinya.
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Bukti Manusia BukaN Berasal dari Kera chickenfighter Science & Penemuan 58
Asal Usul Manusia [teori Evolusi] kaizou Islam 5
Manusia Akar Dari Indonesia aw_webmaster Politik, Ekonomi & Hukum 6
Air berasal dari mana? Megha Science & Penemuan 6
Derita Flu Mungkin Berasal Dari Gen nurcahyo Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.