Indonesia Akt: Titiek Puspa

Kalina

Moderator
124830large.jpg


Kini Hindari Daging Merah

JAKARTA - Artis senior Titiek Puspa dinyatakan sembuh dari kanker rahim. Perempuan 72 tahun itu pun merasakan kebahagiaan tiada tara. Dia sangat bersyukur atas kesembuhan itu dan tak ragu membagi berita tersebut kepada semua orang.

''Saya ada kabar bahagia. Saya dinyatakan bersih dari kanker. Saya sudah sembuh,'' ucapnya berbinar ketika ditemui di acara Kilau 17 AnTV di Jakarta International Expo, Kemayoran, Kamis malam (25/3).

Titiek sangat yakin tubuhnya kini benar-benar bebas dari sel kanker stadium dua yang mulai diketahui pada akhir tahun lalu. Perempuan kelahiran 1 November 1937 itu mengungkapkan bahwa tiga orang dokter yang menanganinya di Singapura, yaitu dokter kebidanan, penyinaran atau radiologi, dan kemoterapi, memberikan pernyataan yang sama. ''Mereka mengatakan saya clean (bersih),'' ucapnya.

Menurut Titiek, kesembuhannya tersebut merupakan wujud kekuasaan Sang Pencipta. Dalam keyakinan Titiek, jika Dia menghendaki kesembuhan, itu yang akan terjadi. Salah seorang pemain Minah Gadis Dusun tersebut percaya kesembuhan tidak akan datang dengan sendirinya.

Saat divonis kanker, Titiek tidak menyerah dan pasrah. Pemilik nama asli Sudarwati itu tetap berupaya untuk sembuh. Selain menjalani kemoterapi, dia melakukan meditasi. ''Saya menggunakan metode itu. Meditasi itu sesuatu yang harus kita lakukan dan itu sangat mudah,'' jelasnya.

Menurut Titiek, setelah dirinya berobat dua bulan di Singapura, ditambah dengan meditasi, penyakit yang ada di dalam tubuhnya hilang. ''Tapi, jangan lupa, ini juga karena banyak yang mendoakan. Makanya saya ingin mengucapkan terima kasih untuk semuanya,'' katanya, lantas tersenyum.

Dengan tubuh sehat, perempuan yang mengawali karir menyanyi melalui ajang Bintang Radio di Semarang itu sekarang aktif kembali beraktivitas. Sebelumnya, pekan lalu, tepatnya Jumat (19/3), Titiek datang di acara premiere drama musikal Gita Cinta di Taman Ismail Marzuki. Dia menikmati pertunjukan mulai awal hingga akhir.

Untuk menjaga kesehatan, dokter menyarankan Titiek tidak memakan daging merah. Buah-buahan yang akan dikonsumsi juga dianjurkan bukan buah yang tidak dikupas untuk menghindari pestisida. ''Itu yang saya lakukan sekarang,'' ujarnya.

Setelah menjadi survivor kanker, sekarang Titiek punya kegiatan baru. Dia banyak didapuk sebagai pembicara tentang pentingnya secara dini mencegah kanker pada perempuan. ''Bicara di depan ibu-ibu yang mau papsmear menjadi salah satu kegiatan saya,'' lanjutnya.
 
Bls: Indonesia Akt: Titiek Puspa

Titiek Puspa: Duh, Susah Pakai Kebaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris dan penyanyi senior Titiek Puspa, yang baru saja dinyatakan sembuh dari kanker rahim, saat ini mengaku kesulitan memakai kebaya lantaran bobot badannya kian melar. Karena itu pula, Titiek terpaksa banyak membuat gaun baru.



"Jadi gini aku sebenarnya mau pakai kebaya, tapi kebayaku segini semua (sebelahan dada), kan enggak boleh," kata Titiek usai menghadiri resepsi hari kedua pernikahan pesinetron Nia Ramadhani dan Ardie Bakrie di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (2/4/2010).



Namun, sebenarnya ada hal lain yang membuat perempuan yang akrab disapa Eyang tak mengenakan kebayanya di hajatan Nia dan Ardie. "Apalagi sekarang aku badannya nambah 13 kilo, jadi bajunya baru-baru semua. Ya alhamdulillah tambah gemuk, tambah montok jadi susah pakai kebaya," seloroh Titiek.



Sementara untuk menghadiri resepsi hari kedua pernikahan Nia-Ardie, Titiek sengaja ingin memakai gaun bermotif bunga-bunga di bagian dada. "Ini rancangan Dany Wirawan, saya bilang 'aku ada undangan tiga hari lagi'," kata Titiek menirukan ucapannya ke sang perancang gaun. "Langsung dijait, terus jadi deh," tutupnya.

154280473-titiek-puspa-duh-susah-pakai-kebaya.jpg
 
Back
Top