Mengatasi Harddisk yang selalu tidak detect

Vigo

New member
Halo para master hardware, mau tanya nih. Aku punya HDD Seagate Barracuda 250 GB SATA. Masalahnya terkadang dia terbaca di bios, tapi terkadang tidak terbaca dibios. Padahal baru w beli semalam. Mohon bantuannya,bintang menunggu jawaban anda semua...
 
Bls: Mengatasi Harddisk yang selalu tidak detect

Halo para master hardware, mau tanya nih. Aku punya HDD Seagate Barracuda 250 GB SATA. Masalahnya terkadang dia terbaca di bios, tapi terkadang tidak terbaca dibios. Padahal baru w beli semalam. Mohon bantuannya,bintang menunggu jawaban anda semua...

mngkin dicek dlu kabel satanya?? di bersihin port satanya??? klw masih seperti itu coba hardisknya tu di kompi len, klw te2p ja minta tukar hardisknya,,
 
Bls: Mengatasi Harddisk yang selalu tidak detect

W udah coba pakai kabel sata yang lain, tapi tetap sama aja... Sewaktu detect dan udah masuk ke windows tiba - tiba dia hang, dan sewaktu w reset udah gak terdetect lagi...
 
Bls: Mengatasi Harddisk yang selalu tidak detect

Speechnya :
Mobo asus
Sound card on board
VGA DA NVidia GeForce 8400 512 mb
HDD Sata 250 GB
Intel 775 3.0 Ghz
 
Bls: Mengatasi Harddisk yang selalu tidak detect

Harddisk sata tidak mengenal master dan slave, walau begitu cobalah amati pada bios, kadang harddisk sata yang kita pasang terdeteksi master kadang pula terdeteksi slave.

Bila terdeteksi master tentu saja MHDD dapat membacanya, bagaimana bila terbaca slave? wekekkee.. pastinya ndak ketedect ma bios..

ummm.. pada mainboard kan ada beberapa soket sata kadang 2, kadang 4, kadang 6, cobalah pindah ke soket sata yang lain dan lihat di bios apakah sudah terdeteksi master?

Coba pula untuk merubah setting sata, konfigurasikan pada settingan sata as ide, atau compatible... :p

um.. kalo ndak gitu, coba aja partisi ulang pake partitions magic..
 
Bls: Mengatasi Harddisk yang selalu tidak detect

umm.. selain itu, gw ada referensi yang mungkin aja bisa di coba.. sumbernya dari http://saptomotok.wordpress.com/2010/03/17/harddisk-sata-dan-mhdd-tool/

um.. gw quote aja ya..

MHDD adalah salah satu tool freeware untuk perbaikan harddisk yang sangat terkenal, Mungkin banyak diantara kita yang masih bingung menggunakannya untuk harddisk sata? Ya, MHDD memang hanya berjalan pada harddisk dengan konfigurasi master, posisi slave tidak akan terbaca oleh MHDD.

Harddisk sata tidak mengenal master dan slave, walau begitu cobalah amati pada bios, kadang hardddisk sata yang kita pasang terdeteksi master kadang pula terdeteksi slave. Bila terdeteksi master tentu saja MHDD dapat membacanya, bagaimana bila terbaca slave? Mudah saja, pada mainboard ada beberapa soket sata kadang 2, kadang 4, kadang 6, cobalah pindah ke soket sata yang lain dan lihat di bios apakah sudah terdeteksi master? Coba pula untuk merubah setting sata, konfigurasikan pada settingan sata as ide, atau compatible.

Ada hal penting yang harus diperhatikan, tidak semua mainboard dapat digunakan untuk MHDD ini. Suatu saat saya pernah mencoba memperbaiki bad sector harddisk sata WDC 160 Gb. Semula menggunakan mainboard Biostar Via P4 M890. pada mainboard ini ternyata semua soket sata tidak terbaca oleh MHDD. Sudah jelas mainboard ini tidak bisa digunakan untuk perbaikan harddisk dengan MHDD.

Lanjut coba pasang harddisk pada mainboard ECS Intel 945, setelah beberapa kali pindah soket sata akhirnya harddisk terbaca sebagai master, dan MHDD pun sukses membacanya. Tapi ternyata tidak semudah itu, setelah mencoba menjalankan perintah erase untuk low level format, muncul keterangan catastrophic failure alias broken harddisk. bagaimana ini??? Harddisk belum begitu berumur, dan tidak pula bersuara cetak-cetek seperti kebanyakan harddisk rusak.

untuk lebih lengkapnya bisa di lihat ke sumber :p
 
Bls: Mengatasi Harddisk yang selalu tidak detect

Thanks atas infonya... Kalau gitu w mau coba dulu,mudah - mudahan berhasil...
 
Re: Bls: Mengatasi Harddisk yang selalu tidak detect


selamat malam...

mau nanya bang, saya mempunyai Mainboard type Micro Star 7211, dan saya memasang HDD Seagate Barracuda 7200.12 500Gb. pada saat tahap (Detecting IDE Drives) itu HDD tidak terbaca (None), tapi pada saat masuk tahap (Scan Devices, Please Wait) itu Hard disk terbaca (Serial_Ch0 Master) ST........,
setelah itu komputer Restart terus...
mohon bantuannya.
 
sebelum pasang hdd musti dioles2 dulu sama jeli-jimat pa diisi pulsa lewat ser-ser serrrrrrrrr... cxixixi. pisss!
kalo hdd baru beli jik segelan, partisi dulu lahh. bootnya lewat cd utility. format sekalian di system freedos gpp asal bisa boot.
kalo hdd baru beli 2nd. prosesnya kira2 sama.
Bisa juga taruh di slave trus di chkdsk /f mungkin bootsectornya ada tuyulnya, ntar bisa ditimpa sm yg baru windows.

- n1 -
sambil dengerin ada bunyi2 aneh gak? cetak-cetok, nguik2 dll. kalo ada bunyi aneh2 perlu dibawa ke tukang hdd ntar di lowformat. prosesnya lama! 100GB bisa makan waktu 24 jam.
 
saya pernah mengalami kerusakan pada harddsik juga, sempat bingung.
pernh mau tak bongkr sendiri, mau tak servis sendiri, tapi takut kalau tidak beres malah bikin parah.

nih saran ya, soalnya kemarin saya dikasih tau teman terus saya datang sendiri ketempat REcovery Data Di Surabaya, Setelah sampai alamat Saya disambut dengan baik, dan di recovery data saya dan hasil nya MEMUASKAN, tidak rugi saya datang Ke Bolo Solutions.

link webnya ini gan www.klikbolo.com dan penolongdata.com, cek aja disitu yah,, moga berhasil juga seperti saya

saran mas nya, harddisk rusak jangan di servis sendiri dulu, biar hasil maksimal,,

sekian terimakasih
 
Back
Top