Mengenal Teknologi Nirkabel (tanpa kabel)

berikut artikel yg aku ambil dari tugas kuliahku "kapita selekta" tahun lalu, semoga bisa menambah pengetahuan teman2 semua

TEKNOLOGI NIRKABEL

Teknologi Nirkabel adalah teknologi pentrasferan data dari satu node / titik ke titik yang lain (bisa itu antara komputer dengan komputer, HP dengan komputer, HP dengan jaringan selular, HP dengan HP, dll) dimana perantara atau media trasmisinya tidak berupa kabel fisik.

Teknologi nirkabel juga disebut dengan wireless karena memiliki arti yang sama, wireless adalah media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka yang dapat berupa mikrogelombang (microwave), sistem satelit (satellite system), sinar infra merah.

Komputer mobile seperti komputer notebook dan personal digital assistant (PDA), merupakan cabang industri komputer yang paling cepat pertumbuhannya. Banyak pemilik jenis komputer tersebut yang sebenarnya telah memiliki mesin-mesin desktop yang terpasang pada LAN atau WAN tetapi karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat terbang, maka banyak yang tertarik untuk memiliki komputer dengan jaringan tanpa kabel ini.

Beberapa teknologi Nirkabel adalah :
- Infrared (IrDA)
- Bluetooth
- Wifi
- Selular
- Satelit

Alasan mengapa memilih teknologi nirkabel adalah karena harga hardware semakin turun dan kwalitas semakin naik, Menawarkan beberapa keuntungan : hemat waktu,
fleksibel untuk pindah tempat (mobility)dan mudah dalam instalasi.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Nirkabel
Jaringan tanpa kabel mempunyai berbagai manfaat, yang telah umum dikenal adalah kantor portable. Orang yang sedang dalam perjalanan seringkali ingin menggunakan peralatan elektronik portable-nya untuk mengirim atau menerima telepon, fax, e-mail, membaca fail jarak jauh login ke mesin jarak jauh, dan sebagainya dan juga ingin melakukan hal-hal tersebut dimana saja, darat, laut, udara. Jaringan tanpa kabel sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah di atas.

Meskipun jaringan tanpa kabel ini cukup mudah untuk di pasang, tetapi jaringan macam ini memiliki banyak kekurangan. Biasanya jaringan tanpa kabel mempunyai kemampuan 1-2 Mbps, yang mana jauh lebih rendah dibandingkan dengan jaringan berkabel. Laju kesalahan juga sering kali lebih besar, dan transmisi dari komputer yang berbeda dapat mengganggu satu sama lain.

Perkembangan teknologi nirkabel
Perkembangan yang paling pesat dari teknologi nirkabel adalah teknologi selular dan wifi


Berikut ini tahapan tahapan dalam perkembangan teknologi selular

-1G ( first-generation ) Generasi seluler pertama yang berteknologi analog. kecepatan rendah (low-speed), cukup untuk suara contohnya adalah AMPS, TACS dan NMT.
-2G ( second-generation ) Generasi selular kedua yang mempebaharui generasi pertama dalam bidang teknologinya yaitu digital , kecepatan rendah – menengah. Contoh: GSM(menggunakan protokol CSD, HSCSD, GPRS dan EDGE), cdmaOne dan CDMA2000 1xRTT.

Generasi 2,5G generasi selular kedua yang diperbaharui sebelum menuju 3G, berteknologi digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori ini adalah layanan berbasis data GPRS pada GSM.

2,75G Kecepatan downlink mencapai 236 Kbps, cukup cepat jika dibandingkan dengan GPRS. Contoh EDGE atau EGPRS.

-3G ( third-generation ) Berteknologi digital, berkemampuan untuk mentransmisi data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi (384 kilobits per detik.contohnya UMTS dan CDMA2000 1x. 3G juga merupakan rangkaian teknologi telekomunikasi yang bisa mengirim data lebih cepat dibandingkan dengan teknologi saat ini berupa video maupun audio. Teknologi ini juga memberikan layanan seperti tayangan televisi, pertunjukan multimedia dan internet. Pada saat ini ada dua cabang dari pengembangan 3G, yaitu dari sisi GSM yang dipelopori oleh 3G Partnership Project dan CDMA yang dipelopori oleh 3G Partnership Project 2 (3GPP2). Kedua teknologi tidak kompatibel dan sesungguhnya saling berkompetisi. GSM = (Global System for Mobile communications) Suatu sistim komunikasi wireless dengan menggunakan frekuensi 850Mhz, 900Mhz, 1800Mhz dan 1900Mhz sedangkan CDMA = (Code Division Multiple Access ) Suatu sistim komunikasi wireless yang dipakai oleh para mobile operator, sistim ini menggunakan teknologi “spread spectrum” yang memberikan access pemakaian pada banyak pengguna pada frekuensi dan waktu yang sama, hal ini dapat dilakukan dengan pemberian kode unik untuk setiap komunikasi, CDMA dikatakan dapat menyediakan/memperbolehkan lebih banyak pengguna daripada sistim teknologi lainnya.

-3,5G / HSDPA atau High Speed Downlink Packet Access merupakan teknologi yang berjalan pada platform 3G pada channel baru yang disebut High Speed Downlink Shared Channel (HS-DSCH). kecepatan downlink secara teori dapat mencapai 3,6 Mbps.

Namun saat ini yang paling populer dari semua teknologi nirkabel adalah wifi (wireless fidelity) Itu karena teknologi yang di usung oleh Wifi lebih mudah, murah dan punya kecepatan transfer data cukup mumpuni (untuk protocol Wifi 802.11g bisa sampai 54 Mbs) dibandingkan teknologi Nirkabel yang lain apa lagi sekarang lagi tren Hotspot yang beberapa diantaranya aksesnya gratis.

IrDA (infrared) punya kelemahan kecepatan data yang hanya sampai 115.2 KB/sec dan juga hanya untuk transfer antar satu perangkat dengan keterbatasan jarak (1-100 cm).
Gelombang infra merah banyak digunakan untuk komunikasi jarak dekat. Contoh aplikasi gelombang infra merah yang sering digunakan yaitu segabai remote control untuk televisi, VCR, dan perlatan stereo lainnya. Keuntungan dari gelombang infra mererah yaitu relatif direktional, murah dan mudah dalam pembuatan. Akan tetapi terdapat kekurangannnya yaitu gelombang ini tidak dapat menembus benda-benda padat. Sistem infra merah disebuah ruangan tidak akan mengganggu infra merah yang berada diruang sekitarnya, disamping itu, keamanan infra merah terhadap para penyadap lebih baik dibandingkan sistim radio. Media transmisi dengan menggunakan media infra merah ini tidak dapat digunakan diluar ruangan karena cahaya matahari mempunyai terang yang sama dengan infra merah pada spektrum tampak.

Bluetooth sebenarnya cukup bagus hanya saja jangkuan sinyalnya hanya sampai 100 meter saja dan juga rawan tersusupi malware (ini karena perangkat bluetooh terus-terusan melakukan hubungan dengan perangkat didekatnya walaupun tidak melakukan transfer data, kelemahan ini juga di Inggris digunakan oleh pencuri untuk mendeteksi Laptop yang tersimpan dimobil begitu ada hubungan dengan bluetooth laptop pencuri tahu bahwa dimobil tersebut tersimpan Laptop).

Selular (GSM-GPRS/CDMA-EVDO/3G-UMTS-HSDPA) juga bisa dipakai transfer data hanya tidak murah (khusunya di Indonesia) karena biaya yang dikeluarkan sebanyak data yang terpakai.

Lalu Satelit juga bisa digunakan untuk transfer data tapi sangat mahal dan kecepatannnya terbatas.

Jadi bukan hanya Wifi saja yang termasuk Teknologi Nirkabel tapi masih banyak yang lain dan mungkin suatu saat Wifi akan tergantikan dengan teknologi yang baru dan lebih baik contohnya WiMAX.

Daftar pustaka

Modul matakuliah jaringan komputer, Teknik Informatika INSTITUT TEKNOLOGI PADANG 2004

http://ansitea.blogspot.com/ teknologi-nirkabel-tidak-identik-dengan.html

Prawido Utomo, S. Kom, M. T , Komunikasi Data & Jaringan Komputer, STIMIK Jayakarta
 
Bls: Mengenal Teknologi Nirkabel (tanpa kabel)

Jadi bukan hanya Wifi saja yang termasuk Teknologi Nirkabel tapi masih banyak yang lain dan mungkin suatu saat Wifi akan tergantikan dengan teknologi yang baru dan lebih baik contohnya WiMAX.
bro, sy masih belum jelas tuh masalah wimax.. kalau jaringan wimax sudah beroperasi, apakah wifi yg ada di komputer bisa langsung connect?.. apa harus beli perangkat tambahan?

terima kasih jika ada info nya..:)
 
Bls: Mengenal Teknologi Nirkabel (tanpa kabel)

@JuraganWebHosting: maaf saya blm banyak tahu ttng itu :D ada temen2 lain yg bisa jawab ttg LTE dan 4G?

@kopitubruk82: karena wimax belum populer di indonesia, sedikit sekali artikel yg bahas ttg wimax,
setahuku, karena wimax dan wifi bekerja pada frekuensi yg berbeda (wifi 2.4 Ghz sedangkan wimax 2,5 Ghz- 3,5 Ghz) maka pastilah hardwarenya berbeda pula
 
kalau device pengirimnya 4g tapi penerimanya 3g bisa ga ya?
tergantung dari:
- signal yg didapat.
(punya kemampuan memproses signal gprs,edge,3G,4G yg GSM. kalo lokasi cuma ada GPRS ya devicenya perlu di .. titipne aq dulu!)
- seting di device.
(ada pengaturan enable-disablenya suka2 yg punya. kok seting mode pesawat-terbang ga jalan semua. juga ada pilihan utama mana yg mau kok pakai)

- n1 -
dpt pinjem andromax Q. cuma 350,- di t4ku ada 4G.(Gaya Gunain Gadget Gelesan)
 
tergantung dari:
- signal yg didapat.
(punya kemampuan memproses signal gprs,edge,3G,4G yg GSM. kalo lokasi cuma ada GPRS ya devicenya perlu di .. titipne aq dulu!)
- seting di device.
(ada pengaturan enable-disablenya suka2 yg punya. kok seting mode pesawat-terbang ga jalan semua. juga ada pilihan utama mana yg mau kok pakai)

- n1 -
dpt pinjem andromax Q. cuma 350,- di t4ku ada 4G.(Gaya Gunain Gadget Gelesan)

nah, bahkan sekarang Intel Gandeng Tangan Foxconn Bangun Standarisasi 5G loh
Seberapa cepat yah kita internetan nanti non hehe
 
wahat? 5G? macam apa pula ini...
di pedesaan/t4ku:
lewat hp advan di portable hotspot.
tri 3G nyundul 6,2mbps
as (3,5G? dpt signal H) 12mbps
im3 oredo (ini juga dpt H) 8mbps
pake mifi hwahwe es-330 malah dibawah. mungkin 3G. blum 3,5G
smartfren 4G extended pol 6,2mbps pake mifi m2y, meski dibawah yg lain buat stream paling stabil.
 
wahat? 5G? macam apa pula ini...
di pedesaan/t4ku:
lewat hp advan di portable hotspot.
tri 3G nyundul 6,2mbps
as (3,5G? dpt signal H) 12mbps
im3 oredo (ini juga dpt H) 8mbps
pake mifi hwahwe es-330 malah dibawah. mungkin 3G. blum 3,5G
smartfren 4G extended pol 6,2mbps pake mifi m2y, meski dibawah yg lain buat stream paling stabil.

Nahh itu non, makanya saya udah gasabar menunggu kedatangan si 5G yang diusung intel ini
kira kira berapa lama lagi ya ? kalau masih lama saya keburu kolot dan jadi pecinta akik hehe :D:D:D
penasaran dengan kecepatannya seperti apa
 
yg jadi masalah sarana transfernya berbahan apa lagi? 3,5/4G harus pakai fiber peer2peer, kalo pakai satelit sudah gak mencukupi bandwidthnya. bts2bts towernya bakal mirip pohon, 1 tower jangkauan radius kira 10 km kalo gak dilewatkan satelit.
tapi ya ngarep sajalah... mudah2an bisa nyata.
yg bikin heran speed pada gede2 tapi kalo buka page web koneknya munyer terus.
ii dibuka pakai indosat(HSPA) koneknya luamaaa... bukan loading pagenya! lumayan tsel agak cepet. susah pakai tri, banyak ditolak/blacklist website gara2 ip dipakai seluruh user 3.
 
Back
Top