IPA SD kelas VI ??? Pubertas ????

Godzila

New member

Anak SD sekecil itu harus memahami ciri2 Pubertassss ????
Lihat buku pelajaran terbitan Yudhistira, Dunia IPA untuk kelas 6A yang disusun oleh Drs. H. Panut dkk.

pada halaman 26 membahas tentang Ciri2 masa Pubertas.

Oke deh, kita bahas aja soalnya disini.....

Kita akan mengetahui ciri2 perubahan fisik (primer dan sekunder) pada lelaki.
ditandai dengan diproduksinya jutaan sperma yang tersimpan di kantung testis. Jika cairan sperma pada kantung testis sudah penuh biasanya sperma akan keluar dengan sendirinya. Bagi kaum cowok biasanya akan mengalami mimpi yang disertai keluarnya sperma atau yang lebih dikenal dengan istilah mimpi basah.

Nah, ciri itu semua yang primer kita sudah tau. Sekarang aku pingin tau juga nih apa yang dimaksud ciri2 pubertas yang sekunder pada kaum lelaki ?

Seingat saya diantaranya adalah dengan tumbuhnya jakun yang membesar. Kawan2 intelek ada yang bisa melengkapi engga ? Hayyoooo ......
 
Bls: IPA SD kelas VI ??? Pubertas ????

Yang aku tau adalah ditandai dengan tumbuhnya bulu-bulu halus seperti kumis dan bulu lainnya.
 
Bls: IPA SD kelas VI ??? Pubertas ????

Untuk pria, ciri-ciri pubertas pria adlah tumbuhnya rambut dibagian" selain kepala bagian atas, contohnya jenggot, kumis, rambut ketiak, rambut kaki, rambut dada, rambut perut, dan bahkan rambut-rambut lainnya yang gak sopan kalo disebutin semua. Selain itu, dada pria akan semakin membidang kalau nggak salah ingat. Suara akan turun merendah.

Yang aku tau adalah ditandai dengan tumbuhnya bulu-bulu halus seperti kumis dan bulu lainnya.
Mamalia tidak mengenal bulu. Untuk mamalia, disebut dengan rambut.


Mimpi basah masuk dalam kategori ilmu biologi???
Yup, masuk, nanti akan dijelaskan sistematikanya ketika SMP (kelas 2) dan SMA hal ini juga berlaku untuk pubertas perempuan akan diajarkan saat itu. (kalau kuliah mungkinlebih dalamlagi, q nggak ngambil biologi)


Dada semakin menonjol bagi cewek
hihihiiiiii....
Sebenarnya itu salah satu ciri sekunder bagi wanita. Ciri-ciri lain adalah pinggul membesar, tumbuh rambut-rambut di badan (gak jauh beda dengan lelaki pada dasarnya), dan lain-lain.
 
Back
Top