Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini) Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > TV & Film
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini)



JAKARTA - Deddy Mizwar, 55, aktor senior dan sutradara gaek Indonesia itu, memang tidak pernah muluk-muluk menghadirkan cerita dalam karyanya. Setiap ceritanya adalah realita, bukan kisah menjual mimpi. Sarat makna dan pesan moral sekaligus enak ditonton. Seperti film keempatnya yang rilis 15 April mendatang, berjudul Alangkah Lucunya (Negeri Ini).

Film tersebut bercerita tentang ironi kehidupan di kota besar. Ada seorang sarjana yang susah mencari pekerjaan. Ada sekelompok anak yang mencari makan dengan mencopet. Ada pula ayah yang senantiasa mengharapkan anaknya mencari nafkah dengan cara halal. Tiga fragmen itu berpadu dalam sebuah cerita.

Peran utama di film tersebut diberikan kepada Reza Rahadian yang menjadi Muluk, seorang sarjana manajemen putra Pak Makbul (Deddy Mizwar). Muluk adalah seorang penganggur. Sudah dua tahun jadi sarjana, dia belum juga mendapat pekerjaan.

Suatu ketika, di pasar Muluk melihat seorang pencopet cilik beraksi. Muluk mengikuti pencopet itu dan membekuknya di suatu tempat. Dari situ Muluk tahu bahwa pencopet tersebut punya komunitas yang dipimpin Bang Jarot (Tio Pakusadewo). Singkat cerita, Muluk akhirnya menerapkan ilmu manajemennya di komunitas copet tersebut.

Muluk bertindak sebagai konsultan copet. Sepuluh persen dari penghasilan para pencopet itu diambilnya sebagai fee. Sisa pendapatannya dikelola Muluk dalam bentuk investasi yang lain, yang lebih halal.

Kisah yang dialami Muluk dengan para begundal cilik itu pun membawanya ke sebuah cerita yang lebih jauh. Muluk lalu menyeret temannya, Syamsul (Asrul Dahlan), seorang sarjana pendidikan yang juga masih nganggur, untuk mengentaskan kondisi illiteracy (buta huruf) yang dialami anak-anak itu. Juga Pipit (Tika Bravani) untuk mengajar agama kepada mereka.

Yang dilakukan Muluk berjalan lancar sampai akhirnya ayahnya tahu pekerjaannya yang sebenarnya. Tak hanya ayah Muluk, ayah Pipit (Slamet Rahardjo) dan calon mertua Muluk (Jaja Miharja) juga tahu dari mana penghasilan yang didapat anak-anaknya berasal. Di sinilah terjadi kegamangan dalam diri Muluk dan Pipit.

Kekuatan film tersebut tak hanya terletak pada aktor kenamaan yang terlibat, tapi juga akting anak-anak yang berperan sebagai pencopet. Di antara 19 pemeran anak-anak itu, sebagian besar diambil dari anak-anak jalanan yang sama sekali belum pernah belajar akting. "Mereka ini anak-anak luar biasa. Ada yang dari penampungan anak-anak jalanan, ada yang dari Blok M, ada juga yang diambil dari teater. Mereka semuanya dilatih dalam workshop selama dua bulan," ungkap Deddy saat press screening film di Planet Hollywood kemarin (12/4).

Deddy juga mengatakan bahwa film itu didukung orang-orang yang sudah mendapat pengakuan di bidangnya. "Film ini didukung oleh sembilan peraih Citra," katanya. Yang dia maksud, antara lain, adalah dirinya, Reza Rahadian (aktor terbaik FFI 2009), Slamet Rahardjo (aktor terbaik FFI 1974 dan 1977), Rina Hassim (aktris pendukung terbaik FFI 1991), penulis skenario Musfar Yasin (penulis skenario terbaik FFI 2005), co-director Aria Kusumadewa (sutradara terbaik FFI 2009), serta director of photography Yudi Datau (sinematografi FFI 2005 dan 2006)


Reza Rahadian


Slamet Rahardjo


Rina Hassim
KalinaMaryadi
Mod

Post: 32.670
 
Reputasi: 325


Recent Blog: My Best Peoples   

 






Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini)





Sejak lulus S1, hampir 2 tahun Muluk belum mendapatkan pekerjaan. Meskipun selalu gagal tetapi Muluk tidak pernah berputus asa

Pertemuan dengan pencopet bernama Komet tak disangka membuka peluang pekerjaan bagi Muluk. Komet membawa Muluk ke markasnya, lalu memperkenalkan kepada bosnya bernama Jarot. Muluk kaget karena di markas itu berkumpul anak-anak seusia Komet yang pekerjannya adalah mencopet

Akal Muluk berputar dan melihat peluang yang ia tawarkan kepada Jarot. Ia meyakinkan Jarot bahwa ia dapat mengelola keuangan mereka, dan meminta imbalan 10% dari hasil mencopet, termasuk biaya mendidik mereka

“Usaha yang dikelola Muluk berbuah, namun di hati kecilnya tergerak niat untuk mengarahkan para pencopet agar mau merubah profesi mereka. DIbantu dua rekannya yang juga sarjana, Muluk membagi tugas mereka untuk mengajar agama, budi pekerti dan kewarganegaraan

Berhasilkah mereka mendidik anaka-anak tersebut?

APa yang terjadi jika orang tua Muluk mengetahui bahwa gaji anaknya dari hasil mencopet?

Jenis Film :
Comedy Satire
Produser :
Zairin Zain
Produksi :
Citra Sinema
Homepage :
http://www.alangkahlucunyafilm.com
Durasi :
0


Pemain :
Reza Rahadian
Deddy Mizwar
Slamet Rahardjo
Jaja Mihardja
Tio Pakusadewo
Asrul Dahlan
Ratu Tika Bravani
Rina Hasyim
Sakurta Ginting
Sonia
Sutradara :
Deddy Mizwar
Penulis :
Musfar Yasin

Kutip:
ceritanya biasa aja..
tetapi, pesan moral yang terkandung dalam cerita itulah yang LUAR BIASA
KalinaMaryadi
Mod

Post: 32.670
 
Reputasi: 325


Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Deddy Mizwar : Menyentil Diri Sendiri



Bukan Deddy Mizwar jika tidak membuat atau main di film berkualitas yang sarat makna. Kali ini lewat film garapannya Alangkah Lucunya (negeri ini) Deddy kembali menampilkan tontonan yang akan menggugah hati Anda. Alangkah Lucunya (negeri ini) adalah film yang menceritakan tentang Muluk (Reza Rahadian) beserta teman-temannya yang mengelola uang dari para pencopet agar uang tersebut bisa merubah profesi para pencopet tersebut dengan profesi yang lain.

Diakui oleh Deddy jika gagasan film ini sebenarnya sudah ada dari sembilan tahun yang lalu. Gagasan awal berkelebat di kepala Musfar Yasin sebagai penulis, namun baru empat tahun terakhir ini diperbincangkan lebih sering dan sekitar enam belas bulan terakhir dibahas intensif. “Dulu sebelumnya film ini sudah diriset untuk film anak-anak yang nantinya dibuat dalam bentuk serial atau mini seri dengan 2 pilihan judul, Apa Kabar Bangsa-mu dan Copet. Karena kita tidak diuber-uber harus tayang kapan, kita olah lebih matang lagi dengan memuat masalah anak-anak dan sosial di sekitar kita,” kata Deddy saat ditemui di Resto Planet Hollywood, Jakarta (12/04) dalam acara press conference film Alangkah Lucunya (negeri ini).

Film yang menandai dua belas tahun kerjasama duo Deddy Mizwar-Mizwar Yasin sebagai sutradara-penulis skenario ini turut dibintangi para pemain seperti Reza Rahadian, Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo, Jaja Mihardja, Tio Pakusadewo, Asrul Dahlan, Ratu Tika Bravani, Rina Hasyim, Sakurta Ginting, dan Sonia. Namun tidak hanya para pemain yang sudah berkecimpung di dunia film saja yang turut berakting, film produksi Citra Sinema ini juga turut menampilkan para anak jalanan yang sesungguhnya untuk menunjukkan bakat aktingnya.

“Tujuh puluh persen anak jalanan yang main adalah anak jalanan yang sesungguhnya. Mereka ditampung di tempat penampungan-penampungan yang dikelola yayasan swasta. Mereka punya potensi, makanya kita coba mereka di film ini, ternyata mereka luar biasa. Itu semua karena mereka dikasih kesempatan, maka mereka bisa menunjukkan kemampuannya,” ujar Deddy menjelaskan keterlibatan anak jalanan tersebut.

Dalam film yang didukung dengan sembilan peraih Piala Citra tersebut, banyak yang mengatakan jika Alangkah Lucunya (negeri ini) banyak menyentil pemerintah, namun Deddy menepis itu semua. Ia punya maksud dan tujuan tertentu dalam penggambaran filmnya tersebut. “Tidak ada yang menyentil pemerintah atau siapa pun, justru saya menyentil diri saya, karena pada saat kita bisa menertawakan diri sendiri itulah yang disebut nilai kearifan dan itu yang disebut kembali pada fitrah. Mudah-mudahan semua penonton juga bisa kembali pada fitrahnya,” jelas pria pemeran Naga Bonar itu.
KalinaMaryadi
Mod

Post: 32.670
 
Reputasi: 325


Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Reza Rahadian : Jadi Konsultan Copet



Reza Rahadian kembali bermain film setelah terlibat di film Hari Untuk Amanda (2010). Aktor yang memulai karirnya sebagai model majalah ini terlibat di film Alangkah Lucunya (negeri ini) arahan sutradara Deddy Mizwar. Di film yang juga dibintangi oleh pemain pendatang baru Tika Bravani ini Reza berperan sebagai konsultan para pencopet.

“Di film ini saya berperan sebagai Muluk, seorang sarjana manajemen yang sudah dua tahun menganggur, sampai akhirnya saya dipertemukan dengan seorang copet cilik yang akhirnya membentuk manajemen copet dalam arti yang bukan sebenarnya. Tujuannya merubah pekerjaan mereka agar tidak mencopet lagi,” tutur Reza saat ditemui setelah press conference film Alangkah Lucunya (negeri ini) di Planet Hollywood (11/4).

Di film terbarunya ini pun Reza mengaku sangat bangga bisa bermain dengan para seniornya yang sudah lama malang melintang di dunia layar lebar tanah air. “Saya sangat bersyukur bisa terlibat di film ini, terutama dengan bang haji Deddy Mizwar, jadi saya sangat bangga sekali bisa bermain di film ini,” ujarnya lagi. Seperti diketahui di film ini Reza tidak hanya beradu akting dengan Deddy Mizwar, aktor kawakan Slamet Rahardjo dan Tio Pakusadewo juga turut meramaikan film yang digarap oleh Deddy Mizwar dan Aria Kusumadewa.

Ketertarikan Reza ternyata bukan hanya dari para pemain di film ini, menurutnya cerita di film sangat menarik. Selain potret kehidupan bangsa yang diangkat ke layar lebar, film-film dengan tema humanisme yang memiliki pesan moral yang tinggi juga sangat disukai cowo yang kini berusia 23 tahun. Namun ia tetap tidak menolak apabila bermain di film dengan tema lain.

Reza juga memuji para pemain copet cilik yang memang sebagian besar diambil dari anak jalanan. Menurutnya kehidupan anak jalanan sangat miris dan membuatnya terharu. “Jujur, karena saya bersama cukup lama, hampir dua bulan, dari proses reading sampai saya jalan bareng, makan bareng, jadi saya tahu cerita-cerita mereka yang bikin saya terharu, dan semua itu mereka jalani dengan tabah, kalau saya yang ngejalanin mungkin nggak kuat kali ya,” tutur tutur peraih piala Citra di film Perempuan Berkalung Sorban ini.
KalinaMaryadi
Mod

Post: 32.670
 
Reputasi: 325


Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Wah kayaknya recomended nich ...
ishimaru
Continent Level

Post: 2.800
 
Reputasi: 122






Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Recomended bangettt
KalinaMaryadi
Mod

Post: 32.670
 
Reputasi: 325

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

hmm ceritanya rada 'berat' ya? idealis banget
whatea
National Level

Post: 1.455
 
Reputasi: 46






Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Hu uh.
Pokoknya, mantap deh..
KalinaMaryadi
Mod

Post: 32.670
 
Reputasi: 325

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

kayaknya piala citra dah di depan mata nih! he he
whatea
National Level

Post: 1.455
 
Reputasi: 46






Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Film Indonesia: Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Haha Amin amin amin
KalinaMaryadi
Mod

Post: 32.670
 
Reputasi: 325

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
CD & VCD Motivasi Indonesia maupun luar negeri cdmotivasi VCD, DVD, Film, Musik & Buku 1
Hukum Daging Import Dari Negeri-negeri Ahli Kitab nurcahyo Islam 2


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.