Mengatasi kamar/kantor yang panas? ga bisa kerja dengan baik jadinya nih! Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Mengatasi kamar/kantor yang panas? ga bisa kerja dengan baik jadinya nih!

Kamar atau kantor rumah saya di Lt.2, kalau siang bolong begini panas banget, jadi sinar matahari kena genteng terus selama berjam2 jadinya panas sampe gosong deh, gentengnya saja sedikit ada yang kelihatan. dinding, ubin, kursi dan peralatan lain aja jadi panas

aku aja jadinya terpaksa biar ga "menderita" harus membasuh badan beberapa jam sekali sampe mandi sekalian, panas banget ini badan

padahal udah pakai AC + kipas angin



tapi di Lt. bawah rumahku adem, karena sinar mataharinya terhalang oleh atap dan Lt.2 itu, jadinya hampir ga terasa panas sama sekali






masalahnya adalah bagaimana agar lebih nyaman, tidak kepanasan, kalau ada alat atau apa kek yang dijual yang bisa ngatasin panas ini

tolong bagaimana ini secara ini rumahku dan ruanganku, ga bisa pindah
kelakuankucinggarong
City Level

Post: 409
 
Reputasi: 17

__________________
Saya mempunyai kemampuan yang sangat aneh, yaitu saya bisa merubah masa depan.....





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Mengatasi kamar/kantor yang panas? ga bisa kerja dengan baik jadinya nih!



Bila kita dihadapkan dengan cuaca yang panas, pasti fikiran kita akan beralih ke AC. Tapi tunggu dulu, ada inovasi terbaru selain kipas dan AC untuk mengatasi ruangan yang pengap dan panas.

Untuk saat ini, AC bisa saja tak lagi menjadi primadona di kelas penyejuk ruangan. Seiring dengan perkembangan teknologi, ada beberapa pabrikan yang menciptakan penyejuk ruangan tanpa AC. Salah satu inovasi tersebut yakni kipas angin tanpa baling-baling.

Produk ini dinamakan Dyson Air Multiplier yang diambil dari nama penciptanya yakni seorang warga negara Inggris, Sir James Dyson. Kakek berusia 62 tahun ini sukses menemukan kipas angin yang lebih ramah lingkungan dan tidak merugikan kesehatan manusia.

Tanpa baling-baling, penyejuk ruangan yang satu ini sukses membuat udara berhembus lebih halus namun berlangsung konstan. Selain itu, lebih hemat listrik dan menghentikan emisi HFCs sehingga dapat membantu menyelamatkan lingkungan.

Selama menggunakan alat ini, Anda akan merasakan tiupan angin sepoi-sepoi. Pastinya alat ini lebih nyaman digunakan daripada kipas angin tradisional yang biasanya mengalirkan angin dengan cepat.

Sekilas alat pendingin ruangan tanpa baling-baling ini diragukan mampu menghadirkan udara sejuk dalam ruangan. Karena selama ini, orang hanya mengenal kipas angin (tentunya yang dilengkapi baling-baling) dan mampu “mengumpulkan” udara lalu mengantarkannya ke arah yang dituju. Hasil ciptaan Dyson ini dapat mengerahkan kekuatan 15 kali lebih besar daripada kipas angin biasa.

Lebih jauh, Dyson menjamin alat temuannya ini mampu menggantikan pendingin ruangan yang tidak sehat dan tidak ekonomis. Untuk itu, Dyson berani mematok harga senilai 199 pound sterling atau sekitar Rp 3 juta terhadap hasil ciptaannya.


Source : http://www.propertykita.com/
gEntLE
Village Level

Post: 36
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Mengatasi kamar/kantor yang panas? ga bisa kerja dengan baik jadinya nih!

Pernahkah Anda berfikir agar rumah Anda selalu mengalami hujan meski sedang terik matahari. Efeknya tentu kita akan merasakan rumah kita akan selalu sejuk bukan ?

Nah, aku berfikir ingin menciptakan sebuah alat yang bisa membuat hujan diatas atap rumah. Caranya ?

Saya akan mengajukan contoh ide yang sangat sederhana.

Alat-alat yang diperlukan :

1. Tangki air berkapasitas 100 liter
2. Pompa akuarium 1 unit
3. Selang bolong-bolong
5. Talang air mengitari pinggiran atap rumah

Teorinya

1. Air dari tangki disemprot dengan pompa akuarium secara spray ke seluruh atap melalui selang bolong-bolong. Posisi tangki berada di bawah talang air untuk menerima buangan air dari atap.

2. Air yang jatuh ke talang air ditampung oleh tangki yang melalui filterisasi kemudian disedot kembali dan disebarkan ke atap.

Mungkin ini akan mengkonsumsi air setiap hari yang diakibatkan penguapan. Anda cukup hanya menambahkan air ke tangki setiap hari.

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxx

Ada lagi cara yang pernah aku lihat di Jerman dengan gaya back to nature. Ruangan diberi dinding yang terbuat dari daun atap. Daun atap tersebut dialiri air sama dengan teori di atas. Tapi udara akan terasa lebih sejuk lagi dengan cara ini, karena dibalik dinding tersebut juga dihembuskan kipas yang mendorong hawa sejuk ke arah ruangan.

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxx

Atau dengan mengganti genteng rumah Anda dengan genteng metal yang terbuat dari lembaran galvalum yang dilapisi bahan anti panas dan peredam suara, genteng ini sangat ringan dan harganya juga terjangkau


Source : http://kayukondangmurah.indonetwork.co.id

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxx

Tips lainnya yaitu, bagi yang tinggal di rumah sendiri dan merasa kegerahan, ada baiknya mengecek beberapa alasan di bawah ini kenapa bisa terjadi hal tersebut:

1) Terkena sinar matahari secara langsung (tanpa pelindung atap) apalagi pada saat terik tanpa protektif awan dan mendung, yakni pada jam-jam sibuk radiasi panas (13.00-15.00) …

2) Rumah yg tidak memiliki sirkulasi udara yg baik, yakni lubang ventilasi yg minim, jendela banyak bermaterial kaca tapi jarang dibuka dan sering menerima panas matahari scr langsung. Hingga
menimbulkan “efek rumah kaca” atau dlm fisika disebut “efek black-hole”, yakni radiasi (kalor) bisa masuk tapi kalor tidak mampu lagi dibuang keluar … sehingga mengendap dalam rumah dan membuat
perubahan suhu meningkat disana …

3) Desain lapisan pelindung panas (atap) langsung bersisian/berhadapan dg kulit tubuh manusia …. Sebaiknya rumah memiliki “rongga antara” atau “rongga peredam panas” (hot air barrier space-HABS) yakni antara atap (genteng) dan papan plafon.

Panas di dalam rumah sering terjadi ketika HABS ini tidak memiliki lubang keluar-masuk udara yang diharapkan mampu membuang uap kalor yg masuk agar tidak mengendap di sana, sehingga rumah tidak merasakan kelembaban udara luar rumah yg panas luar biasa scr langsung. Atau tidak menciptakan “efek black-hole” baru.

Jangan sampai tidak ada lubang ventilasi untuk membuang kalor (panas) dalam ruangan itu secara teratur dan cepat (seketika) …. Banyak rumah berplafon tinggi, kadang bidang plafonnya sejajar dengan bidang atap (genteng), lalu main tutup saja HABS-nya, tidak disisakan lubang untuk pembuangan panas sehingga menimbulkan “efek rumah kaca”, ruang panas yang tercipta tersebut mirip selimut panas yg memanaskan ruangan didalamnya, seperti cara kerja AC (AIR CONDITIONER), namun fungsinya kebalikan, kalo AC bukan memanaskan, tapi mendinginkan suhu yang diprotektifnya …

Walaupun di sisi dinding telah banyak dibuang rongga, entah itu berupa jendela/pintu (telah dibuka daunnya), lubang ventilasi diperbanyak, namun suhu tidak menurun jg secara “signifikan”, masih terasa panas saja.

Udara panas didalam ruangan antara plafon dan atap yang tidak mampu keluar tersebut, dan menyimpan suhu panas yg semakin meningkat (terutama pada jam sibuk radiasi tadi), bisa kita disebut pula dengan istilah: “hidden hot air” (H2O) … yakni rongga panas yang jarang terduga … Itulah kenapa, telah merubah desain apapun pada dinding rumah dengan membuat banyak ventilasi atau jendela, tapi panas tak kunjung menurun secara signifikan, kasus-kasus ini banyak kita temukan pada rumah-rumah yg bersuhu panas seperti di Jakarta (Utara), Semarang (utara), dan lain lain yg memang kota-kota itu sendiri sudah terkenal dengan udara panasnya, mungkin dekat pantai ya, ditambah lagi pendekatan desain peredam panas yg kurang mengena pada bangunannya … maka makin panas saja …

Source :http://makhrus.jagakarsa.ac.id/


xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx xxxxxxxxxxxxxxxxxx
City Level

Post: 109
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Mengatasi kamar/kantor yang panas? ga bisa kerja dengan baik jadinya nih!

Mungkin dari warna atap bisa menentukan juga.

Warna apakah atap rumah anda?

Warna atap rumah ada yang tradisional berwarna merah bata, biru, hitam, hijau tua, dan lain-lain. Sangat jarang kita melihat atap berwarna putih. Untuk bangunan dengan dak pun biasa mengikuti warna semen yaitu abu-abu.

Ternyata untuk kita yang tinggal di daerah tropis dan panas, atap putih dapat mengurangi pemakaian AC sebesar 20%. Negara bagian California di Amerika Serikat malah mengharuskan semua bangunan baru, sejak tahun 2005, beratap berwarna putih, untuk permukaan atap yang rata maupun terap.

Permukaan atap menutupi rata-rata 25% dari seluruh permukaan kota. Sedangkan jalanan menutupi sekitar 35% dari seluruh permukaan kota. Menurut penelitian dari Hashem Akbari, seorang peneliti dari Heat Island Group, bila 100 kota didunia mengganti atap dengan warna putih, dan juga jalanan dengan bahan yang lebih memantulkan cahaya, seperti jalan beton dibandingkan jalan aspal, maka efek pendinginan global yang dihasilkan akan sangat besar.

Pengalaman saya sendiri adalah mencat atap rumah saya yang berbahan asbes dengan bahan Insultec yang lisensinya telah diproduksi di Indonesia oleh PT. Multi Sindo. Cat Insultec berwarna dasar putih (walaupun bisa memesan dengan warna apa saja) yang merupakan warna paling efektif untuk memantulkan sinar matahari kembali. Cat insultec yang berbahan dasar air memiliki kemampuan untuk memantulkan ultraviolet hingga 85% dan mengurangi panas atap hingga 47%. Atap yang lebih dingin ini akan otomatis membuat bagian dalam ruangan lebih dingin.

Rumah saya terletak di Jakarta Utara dengan udara yang sangat panas sehingga suhu dalam ruangan tanpa AC dapat mencapai 34 derajat celcius. Dengan insultec, suhu ruangan bisa turun hingga 4 derajat celcius. Ini saja sudah sangat terasa, karena bila dulu saya naik ke lantai atas terasa panas dan sesak, sekarang walaupun tidak dingin, tidak panas seperti dahulu. Plafon pun sekarang terasa lebih dingin sehingga otomatis ruangan di bawahnya juga adem. Pengerjaan dengan cat juga sangat mudah karena tidak perlu merubah atap ataupun mengganti apapun, hanya tinggal di cat, tunggu 3-4 jam, setelah kering langsung terasa.

Menggunakan insultec hanya contoh saja karena menurut Hasheem, cat putih tanpa disebutkan merek akan menghasilkan efek yang serupa dan tetap menolong global warming.

Ayo coba rame-rame. Semakin banyak maka semakin efektif juga atap putih untuk dunia yang hijau.

Source : http://akuinginhijau.org/
Anangku
Village Level

Post: 83
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Mengatasi kamar/kantor yang panas? ga bisa kerja dengan baik jadinya nih!

Berikut salah satu cara bagaimana mengurangi panas yang diakibatkan cuaca yang terik.

Orang bisa sakit karena makanan, tetapi juga bisa sembuh atau sehat berkat makanan. Makanan penyembuh itu tentu yang tepat untuk penyakit. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang bermanfaat untuk kondisi kesehatan tertentu:

1. Bubur sumsum dan susu.

Bubur sumsum, dikenal pula dengan sebutan bubur beras, mampu menetralkan asam lambung, sehingga bisa meredakan nyeri lambung. Apabila tidak menderita intoleransi laktosa, kita bisa memasak makanan kaya karbohidrat ini dengan susu.

Secara tunggal sejak lama susu dikenal sebagai pereda nyeri lambung. Menurut Ara H. Dermarderosian PhD., profesor farmakognosi di Philadelphia College of Pharmacy and Science, susu cukup membantu asalkan tidak diminum langsung dalam jumlah banyak.

2. Yogurt.

Minuman berbahan dasar susu dan mengandung Lactobacillus acidophilus ini berguna untuk membangkitkan bakteri “baik” dalam lambung. Bakteri “baik” tsb. biasanya ikut mati ketika kita menjalani pengobatan dengan antibiotika. Padahal, mereka berguna di dalam saluran pencernaan, misalnya menghancurkan sisa-sisa makanan sehingga mudah dikeluarkan.

Secara ilmiah memang belum ditemukan mekanisme kerja yogurt di saluran pencernaan. Tetapi, berdasarkan pengalaman dokter di Amerika, yogurt bisa meningkatkan kondisi pasien.

3. Jahe.

“Beberapa penelitian membuktikan jahe cukup efektif melawan mual-mual,” ujar Varo E. Tyler PhD., profesor farmakognosi di Purdue University. Karenanya, untuk mengatasi mabuk perjalanan kita bisa mengunyahnya. Sayang, rasanya sangat pedas dan kurang praktis. Wanita hamil juga tidak dianjurkan mengkonsumsinya. Sebagai gantinya kita bisa mengunyah permen jahe.

4. Kopi.

Bila mengalami migrain, kita bisa mengobatinya dengan minum secangkir kopi. Menurut dr. Seymour Diamond, Direktur Diamond Headache Clinic, di Chicago, penyakit ini biasanya disebabkan pelebaran pembuluh darah. Sementara, kafein di dalam kopi akan mengerutkan pembuluh darah. Supaya manjur, tambahnya, dianjurkan minum kopi disertai obat analgesik ringan atau obat sakit kepala. Kalau tidak ada kopi, minuman berkafein atau teh kental bisa dijadikan penggantinya.

5. Air jeruk dan pisang.

Minuman campuran air jeruk dan pisang ternyata ampuh sebagai obat diare. Air jeruk bisa menggantikan air, vitamin, mineral, dan kalori yang hilang karena diare. Sementara, pisang menggantikan potasium yang “diperas” ketika diare. Pisang juga mengandung pektin, sejenis serat yang bisa menyerap air di dalam saluran pencernaan.

Pisang juga manjur untuk mengatasi perut keroncongan di malam hari, yang membuat kita sulit tidur. Buah ini mengenyangkan, mudah dicerna, tetapi tidak menggemukkan.

6. Air.

Menurut dr. George L. Blackburn PhD., kepala laboratorium gizi/metabolisme di New England Deaconess Hospital, Boston, air adalah salah satu obat stres paling manjur. Bila gugup ketika hendak tampil di depan umum, segelas penuh air bisa mengatasinya. Air juga mencegah dehidrasi, mengatasi mulut kering lantaran cemas, telapak tangan berkeringat, atau berdebar.

7. Susu

Minum susu merupakan cara paling tepat untuk mengatasi kepedasan karena cabe. Susu full cream lebih efektif dibandingkan dengan susu tanpa lemak, karena lemak di dalam susu full cream menyerap capsaicin, senyawa dalam cabe yang menyebabkan pedas. Sebaliknya minum air bukanlah cara penghilangkan pedas, karena capsaicin akan menyebar oleh air di dalam mulut.

8. Makanan pedas.

Untuk mengatasi udara panas, kita bisa mengkonsumsi makanan pedas. Menurut Dr. DerMarderosian, makanan pedas membuat pembuluh darah melar. Tubuh pun keringatan. Berkeringat ini merupakan mekanisme tubuh untuk menurunkan suhu tubuh.

Sumber: http://www.indomedia.com/intisari/2001/Mei/udara.htm
mukegile
City Level

Post: 204
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Mengatasi kamar/kantor yang panas? ga bisa kerja dengan baik jadinya nih!

wah udah komplit tuh tipsnya..
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 243

__________________
Nyi Belang


Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Makanan Yang Bisa \'Panas\' Sendiri hktoyshop Memasak & Makanan 4
Apa yang bisa bikin kamu panas AniezCell Umum & Tidak Masuk Kategori Lain 40
W0W!!! Istana dengan 1788 kamar 257 kamar mandi dan 110 garasi subhanluffy Politik, Ekonomi & Hukum 18


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.