Manunggaling Kawulo Gusti Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Islam
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Manunggaling Kawulo Gusti




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

Aq nemu bnyak bgt artikel yg nulis ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti, sebagian ini :
Code:
MANUNGGALING KAWULA LAN GUSTI Oleh: Kiai Ganjel Masuk surga itu baik, tapi bukan yang terbaik. Masuk Surga adalah sama saja menginginkan harta Tuhan. Yang terbaik adalah Manunggaling Kawula Lan Gusti, itulah cita-cita Jawa. Kemanunggalan adalah Pusat segala-galanya, karena sudah Manunggal dengan Allah yang merupakan segala-galanya. Dalam tahap kemanunggalan dengan Allah, peranan utama pada manusia dalam hal ini pengorbanan untuk Allah adalah Kemerdekaan Kita Manunggal bukan berarti hilang atau lenyap - karena Roh adalah pribadi yang bebas, cerminnya dapat dilihat dari Kemauan dengan pantulan Perasaan. - Roh itu diciptakan abadi Manunggal dalam beberapa hal: 1. Manunggal Karsa adalah kemauan / kehendak 2. Manunggal Karya adalah kerja / proses / aktivitas 3. Manunggal Rasa adalah Perasaan Dalam hal yang lebih sederhana adalah kemanunggalan dapat dicapai jika kita Melaksanakan sesuai dengan panggilan kita. Tujuan Kemanunggalan adalah Agar kita mencapai atau menjadi jati diri yang Sejati / yang sebenarnya. Cara untuk cepat Manunggal dengan Allah 1. Sendiko: selalu meng”Iya”kan dan setia. Tidak diikuti dengan kata “TAPI” 2. Nyuwun dawuh : Mohon perintah Kedua sikap ini bisa kita capai kalau kita Pasrah / Sumeleh pada Allah. Sikap yang terbaik menurut cara pandang Kristen, didalam Injil Markus 12:10 ; “Kasihlah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, jiwa ragamu, akal budimu, kekuatanmu”. Itulah Sumeleh yang benar. Rumusan dari Kemanunggalan itu adalah Jawa itu sendiri yaitu yang berkesatuan ukuran dan keserasihan. Dengan mengerti dan melaksanakan Jawa itu sendiri, maka akan terjadi kemanunggalan. Didalam Gantharwa, Kemanunggalan adalah jika kita menjadi Gantharwa yang sebenarnya adalah Siap menolong orang lain yang bercita-cita untuk manunggal dengan Allah. Secara Injil, kemanunggalan adalah : “Mencintai Allah dengan melaksanakan perintah-perintahNYA, maka Allah akan datang dan tinggal didalam kita. sumber : http://gantharwa.wordpress.com/2007/02/02/manunggaling-kawula-lan-gusti/
Nah Gimana klo menurut kalian tentang hal ini?
o_calypso_o
Village Level

Post: 60
 
Reputasi: 0

__________________
^topeng^


 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

Pemahaman Manunggal ini memang sangat dalam, jujur saja untuk mengetahui, mengerti dan paham masih tidak mudah, apalagi dalam menjalankan kehidupan sehari2. Salah sedikit saja, konsep ini bisa menjadi serangan pihak agama, seperti dalam kisah Syech Siti Jenar.
Padahal jelas bahwa menyatu ini [=integral] merupakan dasar kepercayaan/agama.
Dalam melaksanakan segala langkahnya dengan segala keterbatasan manusia, tentunya sangat tidak mudah full melakukan sesuai kehendak Penciptanya, tapi sejalan waktu akan disempurnakan, makanya dalam sepengetahuan saya,
Dalam suatu perbuatan pun selayaknya kita melakukan bukan karena pamrih/imbalan [perihal masuk surga], begitupun dengan konsep kebajikan tertinggi adalah "yang tidak berwujud"/tidak dipamerkan kepada khalayak umum .
lgpula soal masuk surga, itu murni kepada Allah yang menentukan.
dalam konteks penyatuan, tiada pembedaan. Dalam alam semesta tiada batas jelas antara langit dan bumi, dalam spektrum cahayapun tetap berupa gradasi lembut, dalam satu keluarga utuh pun ayah ibu anak tetap merupakan kesatuan, gangguan pada satu bagian tubuh dalam kita akan berefek pada kesehatan jiwa juga. Perubahan kecil di mikrokosmos mempunyai andil dalam perubahan besar dalam makrokosmos.
Sehingga tiada yang atheis [tidak berTuhan] karena Allah ada dalam semua ciptaan ini dikarenakan semua ciptaan berada dalam kuasa Allah. Jika mengerti konsep manunggal ini tentunya pemahaman perdebatan antara umat tidak diperlukan,
Jika semua nya menyatu dalam Allah, tentunya tiada perbedaan strata. Manunggaling Kawula Lan Gusti...
ascended-master
Village Level

Post: 21
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

Knp postingan ente diedit bru? Untung kmaren dah baca
nizhami
Continent Level

Post: 6.410
 
Reputasi: 151

__________________
INDBONEKSIA





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

Kutip:
Tujuan Kemanunggalan adalah
Agar kita mencapai atau menjadi jati diri yang Sejati / yang sebenarnya.
kalau jati diri yang sebenarnya adalah suka hura2... suka free seks, suka hal2 yang negatif.. apa itu yang harus di ikuti..??

Kutip:
Dalam suatu perbuatan pun selayaknya kita melakukan bukan karena pamrih/imbalan [perihal masuk surga], begitupun dengan konsep kebajikan tertinggi adalah "yang tidak berwujud"/tidak dipamerkan kepada khalayak umum .
kalo kita mengharapkan surga kan wajar..
Bayu_erfastianto
Continent Level

Post: 7.888
 
Reputasi: 25

__________________
D'AutiSm





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

saya trs terang bingung dengan konsepsi manunggaling kawulo gusti, termasuk dalam muatan isinya.

dalam berbagai sumber yg telah saya baca, ada sebuah point tentang peleburan diri menjadi satu dengan Allah (Tuhan), nah ini maksudnya apa. trs trang saya bingung

mengenai syeh siti jenar, saya tak bisa berkata banyak, krn saya yakin beliau adalah org yg dalam akan ilmu agamanya. tetapi dalam hal ini beliau dianggab salah karena pada saat itu masyarakat kita belumlah siap dalam mengkonsumsi ajaran beliau, sehingga para wali/sunan memutuskan untuk menganggab sesat ajaran itu. bahkan ajaran itu masih ter-stigma-kan sesat sampai saat ini
lisaristina
Continent Level

Post: 3.772
 
Reputasi: 111






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

ada beberapa point yg pernah saya baca, berikut saya kutib :

konsep bahwa kita adalah manunggal dengan Allah salah satunya adalah
Allah meniupkan ruh kedalam manusia (ayat)

dikatakan bahwa Allah tidak menciptakan ruh kemudian memasukkannya ke dalam manusia, tetapi Allah meniupkan ruh tersebut. artinya dalam diri kita ada bagian dari Allah itu sendiri.

sama halnya ketika meniup sebuah balon, saat balon itu mengembang, maka dalam balon itu terdapat bagian dari diri kita, yaitu nafas kita ada didalamnya.

asli saya bingung, bukan kpd pengertian diatas, tetapi kebenaran akan konsepsi manunggaling kawulo gusti itu sendiri. bukan kah hal diatas itu benar

maaf kalo saya salah, saya hanya coba mengutib beberapa ajaran saja. tidak bermaksud apa2 selain ingin belajar. terima kasih
lisaristina
Continent Level

Post: 3.772
 
Reputasi: 111






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

Kutip:
Oleh o_calypso_o View Post
Masuk surga itu baik, tapi bukan yang terbaik.
Masuk Surga adalah sama saja menginginkan harta Tuhan.
Aku juga belum begitu ngerti tuh....
Cuma terkait masalah surga, aku pernah dengar dari seorang ustadz, segala sesuatu yang kita buat jangan karena mengharapkan surga, atau karena takut neraka, tetapi menjalankan perintah dan menjauhi larangan karena Allah semata, karena kecintaan kepada Allah, bukan karena hal lain. Segala sesuatu dilakukan karena Allah, sebagai contoh berbuat baik kepada sesama karena Allah, mencintai makhluk karena Allah, meninggalkan mencuri karena Allah, dsb.
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.560
 
Reputasi: 240






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

jadi kita tidak boleh mengharapkan surga..??

kalo mengharapkan surga karena Allah gmn.. karena rindu ingin berjumpa dengan Allah...
bukankah segala sesuatunya untuk mendapatkan surga.. ato neraka.. dimana cara untuk mendapatkannya adalah dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya.. kalo ga ya pilihannya ada di neraka..
kita boleh meminta sebanyak2nya kan..??

bukankah kita ini makhluk ciptaan.. yang suatu saat akan kembali kepada penciptanya... apa kita bagian dari pencipta..?? ato kita hasil ciptaan..?? kalo kita bagian dari pencipta, mengapa kita tidak bisa menciptakan ruh.. bukankah kita hanya makhluk ciptaan...??
Bayu_erfastianto
Continent Level

Post: 7.888
 
Reputasi: 25

__________________
D'AutiSm





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

Kalau nurut pendapat aku nih, berharap surga itu boleh, cuma jangan sampai tujuan utama kita menjalankan perintah dan menjauhi larangan karena surga atau takut neraka semata, sehingga mengenyampingkan Allah, mengenyampingkan hakikat sebenarnya manusia diciptakan, yaitu untuk beribadah kepada Allah, bukan untuk mendapatkan surga atau neraka. Surga atau neraka, adalah konsekuensi dari segala perbuatan kita.

Contoh sederhana aja nie,
aku sholat ah biar masuk surga.
Atau aku sholat ah karena Allah menyuruh begitu dan aku mau melakukannya karena aku mencintai Allah.
Lebih baik yang mana yah? Kalau contoh yang pertama, tujuan pertama surga dulu baru Allah.
Kalau yang kedua, tujuan pertama Allah, baru surga. Mengharap surga boleh, hanya saja sudah beranikah kita berharap surga dengan segala perbuatan yang sudah kita lakukan selama ini?

Penjelasan sederhana kayak gitu sih....
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.560
 
Reputasi: 240






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
Kalau nurut pendapat aku nih, berharap surga itu boleh, cuma jangan sampai tujuan utama kita menjalankan perintah dan menjauhi larangan karena surga atau takut neraka semata, sehingga mengenyampingkan Allah, mengenyampingkan hakikat sebenarnya manusia diciptakan, yaitu untuk beribadah kepada Allah, bukan untuk mendapatkan surga atau neraka. Surga atau neraka, adalah konsekuensi dari segala perbuatan kita.

Contoh sederhana aja nie,
aku sholat ah biar masuk surga.
Atau aku sholat ah karena Allah menyuruh begitu dan aku mau melakukannya karena aku mencintai Allah.
Lebih baik yang mana yah? Kalau contoh yang pertama, tujuan pertama surga dulu baru Allah.
Kalau yang kedua, tujuan pertama Allah, baru surga. Mengharap surga boleh, hanya saja sudah beranikah kita berharap surga dengan segala perbuatan yang sudah kita lakukan selama ini?

Penjelasan sederhana kayak gitu sih....
sip tan...
Bayu_erfastianto
Continent Level

Post: 7.888
 
Reputasi: 25

__________________
D'AutiSm
Reply
 



Pergunakan juga aplikasi
Alquran Online
dan Terjemahan nya, sebagai bahan kajian atau sumber
Keyboard Virtual HurufArab/Arabic untuk menulis huruf arab/arabic

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti o_calypso_o Islam 46
Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti RidhoAlloh Islam 19
Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti andy_baex Islam 3
Pahlawan Nasional : I Gusti Ngurah Rai langit_byru Sejarah & Budaya 1
Pahlawan Nasional : I Gusti Ketut Jelantik langit_byru Sejarah & Budaya 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.