Manunggaling Kawulo Gusti
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #51   Report Post  

Bls: Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti

hmm. . .sebenarnya yang bang depson ributkan itu apa toh? kan maksud tulisan saia, saia gak berani menyebutkan ia ada dimana2 dan saia juga gag berani menyebutkan kalau tempatnya hanya di arsy.

saia justru ingin mengatakan, kita itu siapa sih? apa kita mau mengatur kedudukan Allah rabb semesta alam gitu2 aja?

saia nda merendahkan. . .justru saia mengatakan jika kita mengatakan dzat itu ada dimana2 atau didalam hati kita, bisa menimbulkan kesalahan. kesalahan itu bisa berupa, pengakuan bahwa dirinya sendiri utusan Allah yang kesekian (padahal nabi Muhammad adalah nabi penutup, akhir zaman). bisa jadi bukan? udah banyak contohnya seperti jaman sekarang, seperti lia eden dkk yang mengaku dzat Allah telah merasuki dirinya. untuk itu, alangkah lebih baiknya kalau dihindari mengatakan seperti itu. yang nantinya membuat orang beriman memotivasi dirinya sendiri untuk lebih jauh . . . saia sendiri, lebih nyaman kalau
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38

       





Reply With Quote     #52   Report Post  

Bls: Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti

mengatakan, itu urusanNya yang bukan urusan kita. sama seperti pendapat bang depson di post sebelumnya. gag akan ada akhirnya membicarakan Allah itu sendiri, sementara ilmu kita terbatas. mangkanya itu lebih baik menghindari mengatakan keduanya. . .

karena kalau misalnya manusia berbicara dengan manusia, bisa jadi yang satu ngomong A yang lainnya ngomong B.

terus menurut gw, lebih baik orang2 menggunakan bahasa yang tidak sarat makna ketimbang "ada dimana2/dalam hati". lebih baik kita memberikan informasi dengan bahasa rendah yang orang tidak mengerti agamapun mengerti. . .gitu.
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38






Reply With Quote     #53   Report Post  

Bls: Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti

Kutip:
Oleh bjhe View Post
hmm. . .sebenarnya yang bang depson ributkan itu apa toh? kan maksud tulisan saia, saia gak berani menyebutkan ia ada dimana2 dan saia juga gag berani menyebutkan kalau tempatnya hanya di arsy.

saia justru ingin mengatakan, kita itu siapa sih? apa kita mau mengatur kedudukan Allah rabb semesta alam gitu2 aja?

saia nda merendahkan. . .justru saia mengatakan jika kita mengatakan dzat itu ada dimana2 atau didalam hati kita, bisa menimbulkan kesalahan. kesalahan itu bisa berupa, pengakuan bahwa dirinya sendiri utusan Allah yang kesekian (padahal nabi Muhammad adalah nabi penutup, akhir zaman). bisa jadi bukan? udah banyak contohnya seperti jaman sekarang, seperti lia eden dkk yang mengaku dzat Allah telah merasuki dirinya. untuk itu, alangkah lebih baiknya kalau dihindari mengatakan seperti itu. yang nantinya membuat orang beriman memotivasi dirinya sendiri untuk lebih jauh . . . saia sendiri, lebih nyaman kalau
maksud saya itu akibat pembahasan ini akhirnya kembali lagi seorang salafi nampilin tuh tulisan dan penbahsan tentang dimana ALLAH SWT versi dia setelah tread ini.
makanya saya cuma mengingatkan cukup deh bahas kayak gini,mending ibadah bener dulu,bagi yang belum lengkap syariatnya ,buat yang merasa udah lengkap ya jaga sifat kemanusiaan itu,muhammad SAW aja mampu kenapa anda tidak mau dan merasa mampu gitu,tekan ego masing-masing gitu
devson
devson devson is offline
National Level

Post: 621
 
Reputasi: 1

__________________
PENGUASA PEKOPON

I AM GUNDAM
Kerokerokero kerokero





Reply With Quote     #54   Report Post  

Bls: Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti

thread kalo sudah kemasukan MR.Devson,dadi rame....
saking ramenya jadi males bacanya..
maunya apa sih om devson ini
my_Faith
my_Faith my_Faith is offline
Village Level

Post: 41
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #55   Report Post  

Bls: Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti

maunya ya, sama seperti semua orang yang mendaftar di suatu forum. memberikan gambaran cara pikirnya, membagi ilmu yang ia miliki
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38






Reply With Quote     #56   Report Post  

Bls: Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti

hehe, dengan bantuan bang devson dan ts pun sudah cukup menjelaskan betapa sangat sulit ketika berbicara tentang hal abstrak. apalagi kalau misalnya kita berbicara ke orang yang baru mengerti tentang agama.

kalo menurut kata2 gw, sah2 saja kalau kita menghindari ilmu2 atau paham2 seperti manunggaling kawula gusti. butuh kesadaran rohani yang bukan "ecek-ecek". daripada nantinya, membawa kepada hal yang batil (mengaku telah dirasuki dzat tuhan, mengaku utusan tuhan; yang sangat bertentangan dengan sifat Allah yang tidak terbagi, beranak dan diperanakkan.)

sama kok paham bang devson sma TS kalau diliat dari kacamata gw
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38






Reply With Quote     #57   Report Post  

Bls: Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti

Kutip:
Oleh bjhe View Post
hehe, dengan bantuan bang devson dan ts pun sudah cukup menjelaskan betapa sangat sulit ketika berbicara tentang hal abstrak. apalagi kalau misalnya kita berbicara ke orang yang baru mengerti tentang agama.

kalo menurut kata2 gw, sah2 saja kalau kita menghindari ilmu2 atau paham2 seperti manunggaling kawula gusti. butuh kesadaran rohani yang bukan "ecek-ecek". daripada nantinya, membawa kepada hal yang batil (mengaku telah dirasuki dzat tuhan, mengaku utusan tuhan; yang sangat bertentangan dengan sifat Allah yang tidak terbagi, beranak dan diperanakkan.)

sama kok paham bang devson sma TS kalau diliat dari kacamata gw
bukan menghindar tapi belajar pada tempatnya,
jika mau belajar tasawuf ilmu kesufian ya carilah guru yang telah sempurna syariatnya, begitu juga kalo cari murid tapi bukan di dunia maya,ntar tanggung jawabnya susah.(ini makna sederhana dari ghaib artinya bukan komsumsi umum)


begitu juga yang menentang carilah dulu pondasi yang benar,artinya berguru jangan cuma cari positingan sana sini ato buku sana sini(walau udah mutawatir,jelas sanafnya jelas turunannya),tapi tanpa guru yang benar,ahli mufasir yang jelas,ntar anda yang tersesatkan,sehingga tidak mudah memfatwa tanpa punya ilmu.

maunya saya,jadikan syariat itu pondasi yang kokoh dulu,kokhkan dulu rukun islam(sehingga tau makna berserah diri itu apa),dan kuatkan rukun iman(sehingga tau mengapa berserah diri),itu upaya mencari ridho ALLAH SWT.

dan kenapa nih sub agama di perjelas untuk hal-hal yang jelas,bukankah itu siar yang paling baik.

stop fatwa-fatwa dulu

jadi tidak asal bilang saya sudah berserah diri,tanpa tau bahwa akan di beri cobaan dan ujian
devson
devson devson is offline
National Level

Post: 621
 
Reputasi: 1

__________________
PENGUASA PEKOPON

I AM GUNDAM
Kerokerokero kerokero





Reply With Quote     #58   Report Post  

Bls: Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti

iya setuju. sesuai yang gw bilang juga, ilmu ini butuh kesadaran rohani tinggi bang. bahasa tingkat tinggi yang bermakna seperti 2 contoh diatas, bisa menyesatkan khususnya bagi yang belum mengerti maknanya.

dilain sisi, tidak ada salahnya punya pendapat2 seperti paham yang diajukan ts. setidaknya bersikap preventif kepada hal yang bisa saja menjadi berlebihan dalam menjalaninya; seperti lia eden.
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38






Reply With Quote     #59   Report Post  

Bls: Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti

belajar aqidah emang harus hati2....
cari guru yang aqidahnya bersih dan lurus
bersumber dari alquran
didampingi panduan dari hadits shohih dan pendapat para sahabat dan ulama yang shalih (salafussholih)
jangan memperturutkan hawa nafsu dan ego

silahkan baca artikel ini buat yg belum baca :
Penguasaan bahasa Al-Quran Sebagai Penangkal ‘Gombalisasi’ Umat Islam
masykur
masykur masykur is offline
Mod

Post: 2.114
 
Reputasi: 176






Reply With Quote     #60   Report Post  

Bls: Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti

Kutip:
Oleh devson View Post
sepengetahuan saya emang nabi muhammad tidak mengajarkan kepada semua sahabat,jadi kalo nyari di hadist jelas tidak ada,tapi kalo anda beriqra pada ayat-ayat alQuran niscaya jalan lurus itu ada buat anda.

dan berdasarkan yang saya tau(g usah di tanya tau dari mana) ilmu ini cuma di ajarkan kepada 1 sahabat saja,silahkan cari sendiri.

silahkan mengIqrakan Al quran,semoga Allah merahmati dan meridhoi usaha anda.
saya sudah meng"iqra" al quran, dan Alquran memberi tahu saya bahwa "manunggaling kawula lan gusti" itu TIDAK ADA

Allah berfirman: "Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Quran) dan Rasul-Nya (Sunnahnya)." (QS 4:59).

"Dan mereka (orang- orang musyrikin) menjadikan sebagian hamba-hamba Allah sebagai bagian dari- Nya. Sesungguhnya manusia itu benar-benar pengingkar yang nyata." (Az Zukhruf: 15)

"Dia Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri yang berpasang-pasangan dan dari jenis binatang ternak yang berpasang- pasangan (pula), Dia jadikan kamu berkembangbiak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan dia, dan Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat (Asy Syura: 11)

jika benar ajaran "manunggaling kawulo lan gusti" itu ada, maka pasti akan banyak sekali hadits2 yang menceritakan fadilah2nya, dan penjelasannya yang lebih detail, bahkan khulafaurrosidin, alasru mubassirina biljannah, ummahatulmuslimin dan sahabat2 pilihan lainnya yang tentu saja lebih paham, lebih hafal, lebih tahu, lebih dekat dengan nabi, lebih sholih, tidak ada satu pun yang menganut paham ini.....(jika katanya hanya orang2 tertentu saja yg bisa memahaminya)

saya akui saya memang kurang membaca alquran lebih banyak dari kalian,
mungkin diforum ini ada yang bacaan alqurannya lebih banyak, lebih banyak hafalannya, lebih banyak paham alqurannya, lebih bagus tilawahnya, lebih mumpuni ilmu tafsirnya.....
silahkan koreksi dan ajari saya.....
masykur
masykur masykur is offline
Mod

Post: 2.114
 
Reputasi: 176

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Pendapatmu ttg Manunggaling Kawula Lan Gusti o_calypso_o Islam 46
Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti RidhoAlloh Islam 19
Tasawuf Dan Aqidah Manunggaling Kawula Gusti andy_baex Islam 3


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.