Indonesia Akt: Andree Taulany 'Stinky'

Kalina

Moderator
berita4537465720090806114542.jpg


NAMA Andre Taulany mulai diperhitungkan sebagai komedian setelah mantan vokalis band Stinky itu bermain dalam acara komedi betawi Ngelenong Nyok tayangan Trans TV. Selain itu, dia pernah mengisi acara komedi seperti Komedi Betawi dan Lenong.Co.Id.

Karir Andre di dunia komedi tidak serta-merta mantap seperti sekarang. Tak lagi menjadi penyanyi, dia membuka jalan baru dengan menjadi pemain sinetron serta pemain film. Beberapa judul pernah dibintangi. Misalnya, Cerita Cinta, serial Hidayah, Kiamat Sudah Dekat, Kun Fayakuun, Ketika, dan Susuk Pocong. Dalam sinetron dan film tersebut, Andre memerankan karakter serius.

Awalnya, dia ikut serta dalam acara komedi karena justru diundang sebagai bintang tamu. Begitu juga ketika di Ngelenong Nyok. ''Di situ, awalnya saya juga jadi bintang tamu. Soalnya, pemain tetapnya kan sudah ada,'' tuturnya.

Pemain tetap yang dimaksud, antara lain, Yulia Rachman, Ferry Maryadi, Deswita Maharani, Bedu, Irfan Hakim, Adul, serta (alm) Big Dicky. Sekali main jadi bintang tamu, ternyata cocok. Trans TV pun akhirnya mengundang Andre lagi untuk menjadi bintang tamu sampai beberapa kali.

Sampai akhirnya, dirinya dijadikan pemain cadangan. Kalau ada pemain inti yang berhalangan hadir, Andre-lah yang menggantikan. ''Lama-kelamaan malah diminta jadi pemain tetap. Udahlah Ndre, kamu jadi pemain tetap aja. Soalnya, pemain yang lain juga cocok. Kita bisa bekerja sama. Ya sudah, akhirnya saya gabung sama Ngelenong Nyok sampai acara itu selesai tayang,'' ceritanya.

Setelah masa tayang Ngelenong Nyok selesai, sekitar Januari 2009, Andre dikontrak acara Opera Van Java (OVJ). Di OVJ pun, dia tidak langsung menjadi pemain inti, tapi jadi bintang tamu dulu seperti sebelumnya.

Karena kesibukannya di dunia seni peran dan komedi, Andre pun melepas karir musiknya. Pada 2008, dia resmi mundur dari Stinky. Pada tahun yang sama, dirinya sempat mengeluarkan album dengan Stinky. Sayang, album tersebut tidak begitu sukses di pasaran. ''Saya tidak langsung memutuskan keluar dari Stinky. Saya memilih vakum dulu sambil mencari langkah ke depan seperti apa,'' ungkapnya.

Tapi, seiring berjalannya waktu, Andre dituntut berkonsentrasi menjalankan pekerjaannya. ''Akhirnya, ya itu, saya memutuskan keluar. Sebab, saya juga tidak mau mengganggu jadwal Stinky,'' tegasnya.

Menurut penuturannya, Stinky masih berencana mengeluarkan album, sedangkan dirinya sudah sibuk dengan bidang lain. Sekarang, Andre merasa nyaman bekerja sebagai komedian. Setelah bermain di OVJ, namanya jadi semakin dikenal dan rezeki semakin lancar.

Bersama Parto, Sule, dan Azis Gagap, Andre memang sudah nyantol. Satu sama lain bisa melengkapi saat melawak. ''Saya sudah merasa nyaman banget di sini. Tapi, saya juga takut kalau mengalami titik jenuh. Kalau sudah begitu, kreativitas bisa menurun dan akhirnya yang nonton juga jadi males. Karena itu, kami di OVJ sama-sama bekerja keras biar idenya segar terus,'' tuturnya.

gue masih inget.. dulu waktu SD ngefans banget ama lagunya yang "Mungkinkahh kita kan slalu bersama.. walau terbentang jarak antara kita..." heheheh di mana-mana gue nyanyiin lagu itu. di sekolah, di becak, di mobil, di rumah. :D
 
Bls: Andree Taulany: Mulai sebagai Bintang Tamu dan Pemain Cadangan

Pria Humoris yang Mengaku Romantis
DI kalangan teman-temannya, Andre Taulany dikenal sebagai sosok yang humoris. Tapi, dengan keluarga, dia mengaku sebagai orang yang romantis. ''Kalau sama keluarga, saya itu sayang banget. Saya tidak sungkan untuk menunjukkan sikap romantis. Terutama sama istri,'' katanya. Bagi Andre, sikap romantis bisa menjaga perasaan cinta agar tetap membara.

Di rumah, dia selalu membiasakan diri mencium kening istrinya saat akan berangkat kerja. Begitu juga ketika pulang ke rumah. ''Meski saya pulang malam dan istri saya sudah tidur, saya tetap cium keningnya,'' lanjutnya.

Dengan dua buah hatinya, Andre juga sebisanya meluangkan waktu untuk bersama. Sesibuk apa pun dirinya, kalau ada kesempatan untuk bersama dua buah hatinya, pasti tidak akan dilewatkkan. Apalagi, pada dasarnya Andre merupakan orang yang suka anak kecil. Malah kalau bisa diwujudkan, dia ingin memiliki keluarga besar dan banyak anak. Bagi dia, keluarga adalah segalanya. Keluarga pula yang memberikan motivasi agar dirinya bekerja keras.

Sejauh ini, dengan apa yang diterimanya, Andre sudah sangat bersyukur. Keluarga yang mendukung serta karir yang bagus. Meski memiliki kesempatan untuk membangun karir musiknya lagi, Andre belum menyambutnya. ''Sudah ada beberapa produser yang menawarkan untuk nyanyi lagi. Tinggal nunggu saya saja, kapan siapnya. Tapi, saya masih menikmati ini dulu. Waktunya juga belum bisa,'' tuturnya.
 
Bls: Andree Taulany: Mulai sebagai Bintang Tamu dan Pemain Cadangan

128988large.jpg


Bergaul dengan Komedian Hebat Akhirnya Terbawa Alur
Andre Taulany, dari Penyanyi Jadi Pengocok Perut

ANDRE Taulany merasakan transformasi karir di dunia hiburan yang lumayan drastis. Saat kali pertama muncul pada 1990-an dia dikenal sebagai pria berwajah mellow vokalis band romantis Stinky. Kini nama Andre justru identik dengan dunia lawak.

Setelah cukup lama ditunggu, akhirnya pria kelahiran Jakarta, 17 September 1974 ini muncul juga di Studio Guet, Kamis pekan lalu (8/4). Andre datang ke lokasi syuting acara komedi Opera Van Java (OVJ) yang tayang di Trans7 dengan santai. Hanya mengenakan kaus dan celana kain pendek serta sandal. Berada di lokasi syuting acara yang telah menaikkan namanya, seperti berada di rumah sendiri. ''Di sini memang seperti keluarga sendiri sama yang lain. Jadi santai saja,'' katanya lantas tersenyum.

Andre memang terlihat sangat nyaman di tempat tersebut. Ketika dimintai wawancara, dia langsung mengiyakan. Wawancara lalu dilakukan di ruang kostum dan brifing para pemain OVJ. Andre tak sungkan meski di ruang tersebut banyak kru dan pemain yang bersiap untuk syuting. Malah saat wawancara berlangsung, Andre sempat diledek oleh partner melawaknya, Sule. ''Bohong, Mbak. Bohong. Andre itu tukang bohong. Jangan percaya,'' tutur Sule. Diledek demikian Andre hanya berkomentar pendek. ''Tuh kan, lihat sendiri kan. Memang begini keadaannya,'' katanya.

Di tempat itu kita bisa melihat betapa asyiknya Andre dengan profesi komedian. Padahal, kalau melihat sekitar sepuluh tahun ke belakang Andre masih menjalani karir sebagai penyanyi.

Apa sebenarnya yang membuat bapak dua anak ini pindah jalur? ''Kalau ditanya seperti itu, saya hanya bisa jawab bahwa tidak ada titik balik tertentu yang membuat saya pindah profesi dari penyanyi jadi komedian. Yang jelas, ketika memproklamasikan diri menjadi sesuatu, saya akan bekerja total mengabdikan diri di bidang itu,'' jawabnya serius.

Dan, yang dipilih putra pasangan Robby Haumahu dan Rasidah Hanum Hasibuan itu adalah dunia hiburan. Itu berarti Andre harus siap menjadi apa pun sesuai dengan karakter yang diinginkan produser. Walaupun ketika sudah menjadi pelawak dia diminta memainkan peran serius, Andre merasa tetap wajib mampu mewujudkannya. ''Harus totallah memberikan segala kemampuan. Ibaratnya, di mana saya berdiri di situ saya akan berbuat semaksimal mungkin,'' lanjutnya.

Dilihat dari latar belakangnya yang seorang penyanyi, mungkin ada yang meragukan kemampuannya melawak. Ini mengingat tugas membuat orang lain tertawa itu tidaklah mudah. Tahap seperti itu juga dilalui bintang film dan sinetron Kiamat Sudah Dekat tersebut. ''Pada saat saya masuk jalur komedi, pasti awalnya seperti itu. Ngelawak, tapi jadinya malah garing. Tapi buat saya, apa pun itu kalau niat mendalaminya dengan serius, pasti bisa dilakukan,'' jawabnya mantap.

Andre semula memang bukan komedian. Tapi, karena bergaul dengan komedian yang hebat-hebat, dengan sendirinya dia terbawa alur. ''Ngisi acara komedi kan tidak hanya di OVJ. Saya pernah ngisi acara komedi yang lain. Dari situ saya bisa menyerap ilmu komedian yang lebih dulu terjun,'' ucapnya.

Dia berpendapat, ketika berada di suatu lingkungan tertentu, dengan sendirinya akan terpengaruh. Pelan-pelan, suami Reinwartia Trygina (Erin) itu mulai mendalami cara berkomedi. Oh, berkomedi itu seperti itu ya, pikirnya. Sampai akhirnya dia paham. ''Bukan berarti saya bilang diri saya sudah pintar dan jago, tidak. Bagaimanapun, saya belum komedian banget. Masih nol dan harus banyak belajar. Tapi, peningkatan yang sudah saya dapatkan, pengakuan dari masyarakat, itu sudah membuat saya senang. Paling tidak pembelajaran saya ada hasilnya,'' paparnya.

Tapi, Andre mengakui sosoknya pribadi memang humoris. Jadi, tak terlalu melenceng kalau sekarang jadi pengocok perut. Dari zaman kecil hingga saat jadi anak sekolah, Andre dikenal teman-temannya sebagai sosok yang suka ngocol. Malah keahliannya melucu menjadi daya pikat para wanita. ''Cewek-cewek saya dulu itu suka sama saya karena saya pinter ngelucu,'' katanya lantas tersenyum.

Sebelum menikah dengan Erin pada 17 Desember 2005, Andre pernah dekat dengan beberapa perempuan cantik. Di antaranya Linda Rachman dan Indah Ludiana. Keduanya model dan bintang sinetron. Tapi, akhirnya Erin-lah yang menjadi pelabuhan terakhirnya. Meski terpaut usia lebih tua 11 tahun dari Erin, rumah tangga mereka hingga saat ini adem ayem. Apalagi, mereka sudah dikaruniai dua anak, yaitu Ardio Reihansyah Taulany dan Arkenzy Salmansyah Taulany.
 
Back
Top