Antara atom dengan penciptaan langit dan bumi

Administrator

Administrator
AtomLabeledLarge.JPG

"Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang berada di antara mereka dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas singgasananya" (QS. As-Sajadah : 4)

Kata enam masa dalam al-qur'an ditafsirkan oleh para ahli sebagai enam tahapan. Tahapan-Tahapan yang dimaksud adalah :
1. tahap Pertama
Yaitu saat penciptaan sampai suhu kosmos turun menjadi seratus juta-juta- juta-juta-juta derajat. Dalam tahap ini seluruh kosmos yang terdiri dari ruang, materi, dan radiasi telah ditentukan interaksinya, sifat serta kelakuannya. Pada waktu itu segala macam interaksi antara materi dan radiasi dapat ditunjukan sama kuatnya, yang menurut intizhar Abdus Salam menampakkan diri sebagai simetri dengan menunjuk pada bagian akhir ayat 3 surah Al-Mulk.
Dalam tahap ini kandungan energi dan materi dalam alam semesta ditentukan jumlahnya.

2. Tahap Kedua
Sejak berakhirnya tahap pertama sampai suhu kosmos turun hingga mencapai 100.000 juta derajat. Kerapatan materi dalam alam semesta adalah empat juta ton tiap liter.
Dalam tahap ini bahan penyusun nuklir, yaitu penyusun inti-inti atom telah tertentu jumlahnya.

3. Tahap Ketiga
Sejak berakhirnya tahap kedua sampai suhu kosmos tinggal seribu juta derajat dan kerapatan materinya tinggal dua puluh kologram tiap liter.
Dalam tahap ini muatan kelistrikan di alam semesta telah ditetapkan..

4. Tahap Keempat
Sejak berakhirnya tahap ketigasampai suhu kosmos berada di bawah seratus juta derajat. Kerapatan materinya tinggal sepersepuluh kilogram tiap liter.
Dalam tahap ini telah dimulai penyusunan inti-inti atom . Kecuali itu, pada waktu itu ada kemungkinan terjadinya pengelompokan-pengelompokan materi, sebagai akibat dari adanya ketidak seragaman lokal, yang nantinya akan berevolusi menjadi galaksi-galaksi.

5. Tahap Kelima
Sejak berakhirnya tahap keempat sampai mulainya terbentuk atom-atom sehingga elektron bebas dalam kosmos menjadi sangat berkurang jumlahnya.
Dalam tahap ini cahaya mengisi seluruh ruang kosmos.

6. Tahap Keenam
Ketika kabut materi yang terdiri dari atom-atom mulai mengumpul dan membentuk bintang-bintang dan galaksi-galaksi. Diantara bintang-bintang ini terdapat matahari yang dikitari oleh bumi dan planet-planet.


Jadi rupanya teori atom engga jauh bersandar dari Al-Quraan ya
 
Bls: Antara atom dengan penciptaan langit dan bumi

alquran memang menjelaskan apa yg telah dan belum terjadi..
so, klo mau sukses pelajari alquran..
 
Bls: Antara atom dengan penciptaan langit dan bumi

Betul sekali den. Mungkin Aden bisa nambahin informasi yang terkait antara ilmu pengetahuan alam dengan Al-Quraan.:finger:
 
Bls: Antara atom dengan penciptaan langit dan bumi

Oh, jadi enam masa itu berkaitan dengan tahap pembentukan alam semesta yang diungkap para ilmuwan? Asalmulanya Al Quraan turun dulu apa ilmuwan ngomong duluan?
 
Bls: Antara atom dengan penciptaan langit dan bumi

Ada artikelnya tentang pendapat ilmuwan engga, and pada abad keberapa pendapat tersebut ?
 
Back
Top