Arti Sebuah Nama Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Islam
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Arti Sebuah Nama

APALAH ARTI SEBUAH NAMA…?

Inilah pernyataan singkat William Shakespeare, ““What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.”
(Apalah arti sebuah nama? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi)

Benarkah nama tidak penting?

Allah berfirman dalah al-qur’an: “Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama semua benda, kemudian mengemukakannya kepada mereka yang diberikan kendali, lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar!" (al-Baqarah [2]: 31)

Andaikata nama tak berarti apa-apa, seperti anggapan Shakespeare, mungkin Allah tidak akan mengajarkan nama-nama kepada Adam. Bahkan, mungkin akan ada banyak nama yang tak peduli pada esensi. Shakespeare memang tidak keliru. Ia membuat perumpamaan sangat cerdas dengan menyatakan sekuntum mawar akan tetap berbau harum meskipun memakai nama lain. Shakespeare memang tidak sedang mempersoalkan arti sebuah nama. Ia sedang mengajak pembacanya merenungkan esensi, keaslian, atau hakikat sebuah materi, apapun namanya.

Shakespeare mungkin akan terkejut bila hidup di masa sekarang. Dia akan geleng-geleng menyaksikan banyaknya nama yang diplesetkan, nama yang dipersonifikasikan dengan sesuatu atau dipoles habis-habisan untuk bercitra sesuai dengan kemauan pemilik nama.

Coba bayangkan, seandainya sebuah kaleng biskuit coklat diberi tempelan nama “kotoran ayam” sebagai mereknya, Tentu biskuit coklat itu akan ditolak ramai-ramai oleh calon pembeli. Akan banyak protes kepada pabrik pembuatnya.

Soal nama yang membawa masalah juga pernah dialami oleh orang-orang China di Indonesia pada masa Orde Baru. Mereka diwajibkan mengganti nama Thionghoa dengan nama Indonesia. Maka jadilah orang dengan nama Liem menjadi Salim, Yun menjadi Yunus, dan lain-lain. Beruntung bagi atlet bulutangkis Liem Swie King yang tetap tenar dengan nama Tionghoa-nya, meski secara politik dan budaya tetap saja mengalami diskriminasi.

Tampaknya, nama juga bisa mendatangkan masalah bagi umat manusia. Contohnya adalah dalam Surah 53:

Maka apakah patut kamu menganggap Al Lata dan Al Uzza? (53:19)
Dan Manah yang ketiga, yang paling terkemudian? (53:20)

Itu tidak lain hanyalah nama-nama (asma’a) yang kamu dan bapak-bapak kamu mengada-adakannya; Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun mengenainya. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka, dan sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka. (53:23)

"Kamu tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya nama-nama yang kamu dan nenek moyangmu membuat-buatnya. Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun tentang nama-nama itu. Keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (12:40)

Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika tidak ada nama. Mungkin manusia akan bisu. Kita tidak bisa menunjuk ke suatu benda tertentu dengan identitas yang jelas. Mungkin kita tidak akan bias membedakan mana nasi, mana kursi, mana dinding, mana tebing, mana rumah, mana tanah, mana kusing mana kancing, mana racun, mana timun, dst. Bisa dipastikan, dunia akan kacau. Bisa jadi, tidak akan ada kehidupan di dunia ini.

Ar-Rahman (Maha Pengasih) adalah nama-Nya.
Ar-Rahim (Maha Penyayang) adalah nama-Nya.
Al-Khaliq (Maha Pencipta) adalah nama-Nya.
Al-Wasi’ (Maha Luas dan Meluaskan) adalah nama-Nya.
Al-Hakim (Maha Adil dan Bijaksana) adalah nama-Nya.
Al-Alim (Maha Mengetahui) adalah nama-Nya.
Ar-Razzaq (Maha Pemberi rizki) adalah nama-Nya.
Dan nama-nama-Nya yang lain yang berjumlah 99.
Bukankah sebutan-sebutan tersebut adalah nama-nama Allah yang indah? Dialah yang memiliki nama-nama yang indah (asmaul husna).


Sumber: http://myislamicstudies.blogspot.com/, arti nama
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Arti Sebuah Nama

Betul bangets tuh Ka`......
nma adlh idntitas dr ss`oyg....bhkn bs mnunjukakn siapa dri_x....!!!!!
amadaradkillz
Village Level

Post: 25
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Arti Sebuah Nama

Apakah kalian percaya kalau nama juga memberi pengaruh dalam hidupmu?
agungsuhada
Admin

Post: 5.006
 
Reputasi: 62






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Arti Sebuah Nama

@ abah Archi

Aq percaya, nama kan doa. Setiap orang memanggil nama kita tanpa sadar orang itu telah mendoakan kita. Makanya kalo punya anak, kasih nama yang bagus dong, biar orang-orang doakan yang bagus juga.
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Arti Sebuah Nama

Lantas gimana tuh pertanggungjawabannya terhadap nama bagus ternyata orangnya preman. Di tempat aku namanya Ahmad jadi tukang sabung Ayam.

Emang bagusnya tuh nama Ahmad diplesetin jadi Amat, trus dari nama rupanya membawa berkah juga, katanya. Sabung ayamnya selalu menang kalo ada orang yang menyebut namanya Ahmad, dan dia selalu mengucap basmalah setiap mau tarungin Jagonya yang bernama Amat Ringgo.


dunia makin tua dan pikun ya?
saintsaiya
City Level

Post: 206
 
Reputasi: 0

__________________
Kasih Gue Bintang Dong :frown:





Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Arti Sebuah Nama

emang hari kiamat dah dekat koq, jadi jangan kaget.
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Arti Sebuah Nama

kalo rx34ak artinya apa neng...?
rx34ak
Continent Level

Post: 4.144
 
Reputasi: 9

__________________
Orang Aneh






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Arti Sebuah Nama

Kutip:
Oleh DD202KZ View Post
@ abah Archi

Aq percaya, nama kan doa. Setiap orang memanggil nama kita tanpa sadar orang itu telah mendoakan kita. Makanya kalo punya anak, kasih nama yang bagus dong, biar orang-orang doakan yang bagus juga.
yup setuju non rikish...
tambahan dikit, kalau punya anak dididik dengan baik juga... tidak sekedar memberi nama bagus tapi orang tua berlepas tangan untuk mendidiknya dengan baik....agar nama yang sudah baik itu tidak sekedar cuma nama yang baik aja, tapi sesuai juga dengan perilaku kesehariannya...
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 244

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Arti Sebuah Nama

Iya....Harus dididik dgn baik juga. Jgn smpe kejadiannya kayak temannya saintsaiya, punya nama bagus tapi ternyata tukang sabung ayam.

DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Apalah Arti Sebuah Nama andree_erlangga Humor 7
nama kota mempunyai sebuah arti... anak_dumai Umum & Tidak Masuk Kategori Lain 15
Arti Sebuah Nama Buchori Penulis, Buku, Sastra & Bahasa 7
arti sebuah natal mojave Kristen Protestan 5


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.