Apa beda obat dan makanan kesehatan

andy_baex

New member
Apa beda obat dan makanan kesehatan?



Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar merupakan hal yang sulit pada era modern ini, apalagi bila harus mengikuti definisi sehat menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) yang diartikan sebagai suatu keadaan dimana tercapai kesejahteraan jasmani, rohani dan sosial secara utuh.

Menurut pakar gizi dan makanan, prinsip-prinsip menjaga kesehatan meliputi:

*

Memperoleh gizi dan makanan yang cukup & seimbang.
*

Berolahraga dan istirahat secukupnya.
*

Berpikir positif dan senantiasa riang gembira.
*

Lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan tenteram.

Tubuh mampu mencegah berbagai penyakit melalui mekanisme pertahanan tubuh. Mencegah penyakit dengan cara meningkatkan sistem pertahanan tubuh merupakan salah satu cara untuk menolong diri sendiri. Makanan yang cukup gizi, baik dan seimbang serta alami merupakan salah satu pilihan yang dapat diandalkan dalam menjaga kesehatan tubuh. Makanan yang seimbang itu adalah nasi, sayur mayur, daging, ikan, telur, buah buahan, susu, air dan berbagai tanaman.

Masalahnya adalah semua makanan tersebut berlainan dan perlu pengolahan yang berbeda sehingga gizinya juga bermacam-macam tetapi nilainya kecil dan mudah hilang jika dimasak atau diproses dan disimpan lama.

Selain hal tiu karena kesibukan kerja, banyak orang tidak mempunyai waktu untuk menyediakan makanan yang bernilai gizi seimbang untuk keluarganya. Masalah lainnya adalah pencemaran udara, kurang tidur, stres, merokok dan lain-lain sehingga menghilangkan gizi makanan yang diserap oleh tubuh.

Maka jelas terlihat, bahwa keinginan untuk memperoleh makanan yang seimbang sangat sukar sehingga usaha untuk memperoleh gizi yang mencukupi mejadi sulit pula.

Untuk mengatasi hal ini, para ahli telah menghasilkan makanan kesehatan sebagai makanan tambahan yang bermanfaat bagi tubuh. Makanan kesehatan merupakan salah satu suplemen untuk memenuhi kondisi keperluan sehari-hari.

Kelebihan makanan kesehatan:

*

Murah. Gizi dalam makanan harian dengan jumlah yang sama sepuluh kali lebih mahal.
*

Mudah. Tidak perlu dimasak dan mudah dibawa.
*

Cara konsumsi mulai berbentuk tablet, kapsul, serbuk atau cair berikut aturan konsumsinya tercetak pada label pembungkusnya.

Perbedaan antara obat dan makanan kesehatan
OBAT MAKANAN KESEHATAN
Terbuat dari bahan kimia Dibuat dari bahan alamiah
Kecil / besar ada efek samping Tanpa efek samping
Reaksi cepat Reaksi lambat, perlu kesinambungan
Jumlah ditetapkan, tidak boleh melebihinya Jumlah tertentu, boleh konsumsi berlebihan
Tidak dapat dikonsumsi dengan obat lain Dapat dikonsumsi bersama makanan� lain
Jika sering dikonsumsi, unsur obat akan terkumpul & kemungkinan besar akan berubah menjadi racun Lebih sering mengkonsumsi maka badan menjadi lebih sehat
Sifat penyembuhan sementara Seifat penyembuhan bertahap fleksibel
Untuk penyakit tertentu Untuk macam-macam penyakit
 
Back
Top