Pacar dilarang shalat dalam Islam

Administrator

Administrator
Apa yang disebut pewarna kuku (pacar) adalah sesuatu yang disalutkan diatas kuku yang digunakan oleh wanita dan memiliki lapisan permukaan. Benda ini tidak boleh digunakan jika ia akan mengerjakan shalat karena benda ini akan menghambat sampainya air ke kuku. Dan segala sesuatu yang menghambat sampainya air tidak boleh digunakan oleh orang yang berwudhu atau mandi wajib.

Alloh Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman, yang artinya:

“Maka basuhlah wajah-wajah kalian dan tangan-tangan kalian” (QS: Al-Maidah: 6)

Adapun penggunaannya bagi wanita yang tidak mengerjakan shalat seperti wanita haidh maka tidaklah mengapa, kecuali apabila hal ini termasuk dalam kebiasaan-kebiasaan khusus wanita kafir maka ia tidak boleh menggunakannya karena itu berarti menyerupai mereka.

Hampir mirip dengan sejenis ini namun tidak bisa diperlakukan dengan hukum yang sama. Menggunakan khuf (sejenis kaos kaki yang terbuat dari kulit) boleh saja karena tidak semua yang menutupi anggota tubuh seseorang dapat disamakan dengan khuf, karena mengusap khuf dibolehkan oleh syariah disebabkan hal itu memang benar-benar diperlukan secara umum, karena kaki membutuhkan perlindungan dan penutup sebab ia langsung bersentuhan dengan tanah, batu, hawa dingin dan sebagainya. Karena syariah mengkhusukan bolehnya mengusap diatas khuf.
 
Bls: Pacar dilarang shalat dalam Islam

tambahan:
kutek atau cat kuku ada 2 macam, yg pertama pacar sebagai pewarna alami (dari daun pacar) yg warna merahnya meresap kedalam kuku, maka hukumnya boleh.
yg kedua berupa cat atau sejenisnya, yg membuat lapisan diatas kuku sehingga menghalangi air wudhu, hukumnya tidak boleh digunakan ketika berwudhu atau mandi wajib.
wallahu a'lam
 
Bls: Pacar dilarang shalat dalam Islam

iya pas baca judulnya aku juga pikir klo yg dimaksud pacar itu kekasih... hihi...

tapi klo ilmu seputar kutek yg selama ini aku dapet sih seperti yang diutarakan den masykur itu...
 
Bls: Pacar dilarang shalat dalam Islam

Pacar sejenis apa yang dilarang? sebab banyak pacar yang dijual bebas di toko2 apakah itu yang dilarang?
 
Bls: Pacar dilarang shalat dalam Islam

tambahan lagi:
kalo pacar (yg diperbolehkan) biasanya dalam bentuk pasta atau bubuk berwarna kecoklatan, itu biasanya terbuat dari daun pacar yg membuat warna alami kemerah merahan dikuku/kulit/rambut, warna tersebut akan hilang dengan tumbuhnya kuku yg baru.

adapun kutek atau cat kuku (yg tidak diperbolehkan), biasanya yg berbentuk cairan yg dioles, dengan bermacam2 warna dan variasi, akan membuat lapisan diatas kuku dan tidak bisa meresap ke kuku.

menggunakan kutek jenis ini tidak sah wudhunya (ada anggota wajib wudhu yg belum terbasuh), karena wudhunya tidak sah, maka sholatnya tidak sah pula.
 
Back
Top