Mengenal Benda2 Angkasa

Administrator

Administrator
Yuk kita coba kenali alam raya kita....

Tata surya adalah sekumpulan benda-benda angkasa yang mengelilingi matahari,dan merupakan bagian dari galaksi bimasakti. – Galaksi adalah sekumpulan bintang-bintang,gas,&debu raksasa yang saling mengikat karena adanya gravitasi.

A . Macam-macam galaksi:

a. bimasakti, b. andromeda, c. magelland, d. galaksi, e. NGC 4565

B.macam-macam benda langit:

1. PLANET :benda langit yang memantulkan cahaya dari sinar matahari. Contoh: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Namun disebutkan bahwa Pluto tidak termasuk dalam daftar planet-planet di tata surya,karena tidak memenuhi 3 syarat , yaitu mengorbit matahari,berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat,dan memiliki jalur orbit yang jelas & bersih. Orbit : lintasan perputaran planet mengelilingi matahari. Perihelium : titik terdekat planet ke matahari. Aphelium : titik terjauh planet ke matahari.

2. KOMET(bintang berekor) :benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar sangat lonjong.

Bagian-bagian komet: 1.inti : senyawa karbon yang sangat padat,2.koma : daerah kabut(daerah mirip tabir)disekelilingi inti,3.lapisan hydrogen, 4.ekor.

Contoh komet:

1. kahouek mubcul 75000 tahunsekali

2. halley muncul 76 tahun sekali

3. biela muncul 7 tahun sekali

4. ecnke muncul 3,5 tahun sekali

3. a.Meteoroid :benda langit berupa gas yang berputar-putar mengelilingi bumi.

b.Meteor: meteoroid yang memasuki atmosfer bumi & terbakar.

c.Meteorit:sisa meteor yang sampai ke bumi,yang berupa batuan. Meteorit terbesar ada di Arizona,AS,diameter 1300m dengan kedalaman

175m.




Sumber : arkandas.wordpress.com
 
Bls: Mengenal Benda2 Angkasa

Galaksi kita sungguh sangat luas. Akan tetapi di luar galaksi kita ternyata masih ada lagi alam semesta yang lebih luas sehingga akan sukar bagi kita membayangkan keluasannya.

Di ruang angkasa kita ini terserak berjuta-juta galaksi lain, separuh serupa dengan sistem Bima Sakti dan yang lainnya sungguh berlainan.

Sebagaimana Matahari adalah adalah hanya satu di antara jutaan bintang biasa. Galaksi kita hanya satu dari antara ahli famili alam semesta yang terdiri daripada jutaan galaksi lainnya.
 
Bls: Mengenal Benda2 Angkasa

Selain Galaksi Bimasakti kita juga mengenal yang populer dan digunakan sebagai nama sebuah Bank, yaitu Andromeda. Selain itu ada juga magelland, dan NGC 4565. Selain itu penelitian para astronom terus berkembang dan tidak tertutup kemungkinan masih ada lagi galaksi lainnya.

Data dari peneropongan puluhan teleskop raksasa di dunia telah mengungkap proses yang terjadi di jagat raya. Diketahui Galaksi Bimasakti dan Andromeda atau M31 bergerak mendekat. Dalam dua miliar tahun, dua galaksi itu akan mulai bertabrakan. Saat itu diprediksi akan mengakibatkan kiamat bagi bumi yang berada di Galaksi Bimasakti.
 
Back
Top