Mobil tanpa BBM teranyar

Administrator

Administrator
TOKYO – Empat energi yang selama ini digunakan untuk kendaraan bermotor adalah gas, bensin, elektrik, dan panas matahari. Bensin dan gas yang paling banyak dipakai saat ini.

Namun dalam waktu dekat, penggunaan tenaga elektrik akan semakin berkembang. Setidaknya kendala pengisian baterai sudah teratasi dengan baik, yang semula perlu waktu satu hari kini cukup 3 menit sudah terisi setengahnya. JFE Engineering Corp. Jepang telah mengembangkan sistem chargerbaterai dalam waktu cepat. “Sangat cepat sekali,mirip waktu yang dibutuhkan untuk pengisian bensin pada mobil,” ujar sumber harian Seputar Indonesia di Tokyo, kemarin.

Sistem tersebut akan mulai diperkenalkan kepada umum akhir tahun ini. Kecepatan sistem tersebut lima kali lebih cepat dibanding yang ada. Salah satu penghambat berkembangnya mobil listrik selama ini adalah kesulitan pengisian (charging) termasuk waktu yang lama serta membutuhkan energi listrik besar.Namun dengan sistem baru,waktu pengisian sangat cepat, biaya instalasi lebih murah 40%,dan hemat energi listrik.

JFE Holdings Inc berusaha menjual sebanyak mungkin sistem baru tersebut dan menargetkan penjualan minimal 15 miliar yen pada 2015.Sistem baru ini memiliki alat yang ukurannya sama seperti stasiun pompa bensin. Biaya penggunaan listrik di stasiun pengisian lebih irit sepertiga dibanding saat ini. Biaya pemasangan sistem ini sedikitnya 6 juta yen atau 40% lebih murah daripada menggunakan sistem yang ada sekarang.

Dengan berbagai kelengkapan yang ada, total biaya pembangunan instalasi sistem baru ini menjadi 10 juta yen per unit lokasi pengisian. Jika menggunakan sistem pengisian baterai yang baru, setiap stasiun pengisian akan menghemat biaya penggunaan listrik per tahun sekitar 900.000 yen.

Sistem itu menggunakan baterai litium ion yang disimpan setiap hari di stasiun pengisian. Untuk mencapai tingkat pengisian baterai secara penuh membutuhkan waktu tak sampai 10 menit. Dengan penemuan teknologi ini, isu hemat energi serta energi yang bersih tanpa polusi tampaknya akan semakin populer, setidaknya di Jepang,dalam waktu dekat.


Sumber : sindo
 
Bls: Mobil tanpa BBM teranyar

Wah mantep nie ...moga aja d masa dpan nanti bhan bkarnya co2 dan menghasilkan zat sisa o2 ...v^^
 
Mobil tanpa BBM sangat menarik tentunya. Karena dengan ini bisa mendapatkan kenyamanan berkendara. Selanjutnya bisa mendapatkan kendaraan yang sip.
 
Back
Top