Suami Isteri dilarang bersentuhan Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Islam
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Suami Isteri dilarang bersentuhan

Dalam komunitas Islam tertentu ada yang meyakini kalau bersentuhan tangan sekalipun dengan suami/isteri sendiri sesudah wudhu akan menyebabkan batalnya wudhu. Sementara komunitas muslim lain menganggap tidak mengapa, karena yang dimaksud bersentuhan tersebut adalah jima' yang diperhalus bahasanya oleh Al Quraan sebagaimana berikut :

أَوْ لاَمَسْتُمُ النِّسَاء فَلَمْ تَجِدُواْ مَاء فَتَيَمَّمُواْ صَعِيدًا طَيِّبًا

Artinya : “atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci)” (QS. An Nisaa : 43)

Makna menyentuh tersebut tidak mungkin diperintahkan untuk mandi junub, melainkan perintah untuk bila melakukan hubungan badan.

Apa pendapat kalian?
agungsuhada
Admin

Post: 4.660
 
Reputasi: 59

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Suami Isteri dilarang bersentuhan

Aq juga pernah terkecoh ma pernyataan sentuhan antara suami-istri dapat membatalkan wudhu.
Sbelum nikah aq sering nonton acara Mamah & A'a di indosiar. Trus, pada suatu episode, ada pnelpon yg bertanya tentang hukum bersentuhan antara suami-istri apakah membatalkan wudhu? Trus, mamah jawab, ya, membatalkan wudhu karena keduanya adalah dapat diikat pernikahan (maksudnya bukan bagian dari mahram/orang-orang yg tidak dapat dinikahi).
Aq percaya aja.... Kan masih lugu2nya.... Masih sedikit pemahaman tentang islam lagi.
Setelah nikah, aq malah diketawain ma suamiku karena percaya ma pendapat yg lemah dalilnya. Trus, dia kasih aq dalil yg lebih kuat. Katanya, dulu aja, Rasulullah pernah mencium istrinya sebelum ke masjid untuk sholat jamaah, trus ga wudhu lagi mpe sholat. Krn wudhunya ga batal kalo hanya sebatas bersentuhan kulit ma kulit. Kalo bersentuhan kelamin, baru batal...
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Suami Isteri dilarang bersentuhan

Wah Mamah Dedeh lemah dong Jeng. Makasih infonya, yang lain punya pendapat yang berbeda?
agungsuhada
Admin

Post: 4.660
 
Reputasi: 59






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Suami Isteri dilarang bersentuhan

setau saia sie emang ga batal ...setau saia ...v^^

mamah dedeh kan juga manusia, bsa aja salah/keliru ...makanya kita dilarang taqlid buta terhadap ulama' ....
ishimaru
Continent Level

Post: 2.800
 
Reputasi: 122

__________________
Terkadang jarak yang jauh membuat kita lebih dekat





Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Suami Isteri dilarang bersentuhan

Kutip:
Oleh ishimaru View Post
setau saia sie emang ga batal ...setau saia ...v^^

mamah dedeh kan juga manusia, bsa aja salah/keliru ...makanya kita dilarang taqlid buta terhadap ulama' ....
Boleh nambahin yah...
Saya yakin mamah Dedeh gak keliru, karena dia dan mayoritas muslim Indonesia mengikuti madzhab Syafi'i yang dalam hal ini berpendapat demikian.
Diluar madzhab syafi'i, yang juga boleh diikuti, ada juga yang berpendapat tidak batal, menafsiri kata 'LAMSU' pada ayat tsb dengan arti bersetubuh.
Masing-masing punya dalil dan dasar, kalau mau tau mana yang lebih kuat, ya dalami metode masing-masing dalam berpendapat hukum.Bukan cuma tau sepotong ayat atau hadits langsung melemahkan pendapat orang.
Bisa aja kan hadits yang tadi tidak cukup kuat menurut Syafi'i, maka kata 'LAMSU' tetap dimaknai secara literal, tidak bermakna majaz.
madAs
City Level

Post: 306
 
Reputasi: 16

__________________
-intelektual jalanan-

hidup itu perjuangan bukan pengorbanan
perjuangan agar tak ada lagi yang dikorbankan
:angel:





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Suami Isteri dilarang bersentuhan

Bank madAs, tlong jelasin dunk kira2 apa dasar dan metodenya shngga hal itu membatalkan wudhu? Setau saia, setiap buku karangan ulama' trmasuk imam syafi'i, d awal bukunya biasanya trtulis, kurang lbh, jka ada dalil yg lbh kuat dari pndpatku, tnggalkanlah pndpatku, dan ambillah pndpat itu ...

Maklum, saia mash awam dlm hal2 yg dmikian ...v^^
ishimaru
Continent Level

Post: 2.800
 
Reputasi: 122






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Suami Isteri dilarang bersentuhan

Kalau saya lebih meyakini bersentuhan yang diharuskan wudhu adalah berhubungan badan.
audiodido
City Level

Post: 284
 
Reputasi: 0

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Suami Isteri dilarang bersentuhan

untuk jawaban yang lebih lengkap, mungkin referensi link ini bisa membantu

http://ahlussunnah.info/2010/01/10/a...atalkan-wudhu/
Redbastard
World Level

Post: 16.821
 
Reputasi: 219

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Suami Isteri dilarang bersentuhan

Top puncak tertinggi
agungsuhada
Admin

Post: 4.660
 
Reputasi: 59






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Suami Isteri dilarang bersentuhan

Kutip:
Oleh ishimaru View Post
Bank madAs, tlong jelasin dunk kira2 apa dasar dan metodenya shngga hal itu membatalkan wudhu? Setau saia, setiap buku karangan ulama' trmasuk imam syafi'i, d awal bukunya biasanya trtulis, kurang lbh, jka ada dalil yg lbh kuat dari pndpatku, tnggalkanlah pndpatku, dan ambillah pndpat itu ...

Maklum, saia mash awam dlm hal2 yg dmikian ...v^^
Emang bener itu bang, tapi kita bisa tau kuat tidaknya pendapat mereka kalau kita tau dasar metode pendapat hukum mereka.Misalnya untuk kualifikasi hadits yang mereka terima, masing2 ada perbedaan.
Diatas juga ada penjelasan bagus yang dikutip Redbastard, cuma dalam bermadzhab juga ada aturannya.
madAs
City Level

Post: 306
 
Reputasi: 16

__________________
-intelektual jalanan-

hidup itu perjuangan bukan pengorbanan
perjuangan agar tak ada lagi yang dikorbankan
:angel:
Reply
 


Pergunakan juga aplikasi
Alquran Online
dan Terjemahan nya, sebagai bahan kajian atau sumber
Keyboard Virtual HurufArab/Arabic untuk menulis huruf arab/arabic

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Bedanya Buku Harian Isteri dan Suami her_is_mine Humor 4
Seputar Hubungan Suami Isteri (Oral Sex & Onani) T-Rex Islam 2


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.