Mata Rantai Makanan

Administrator

Administrator
Abah mengutip ilmu nih untuk kita bahas bersama.

1. Rantai Pemangsa
Rantai pemangsa landasan utamanya adalah tumbuhan hijau sebagai produsen. Rantai pemangsa dimulai dari hewan yang bersifat herbivora sebagai konsumen I, dilanjutkan dengan hewan karnivora yang memangsa herbivora sebagai konsumen ke-2 dan berakhir pada hewan pemangsa karnivora maupun herbivora sebagai konsumen ke-3.

2. Rantai Parasit
Rantai parasit dimulai dari organisme besar hingga organisme yang hidup sebagai parasit. Contoh organisme parasit antara lain cacing, bakteri, dan benalu.

3. Rantai Saprofit
Rantai saprofit dimulai dari organisme mati ke jasad pengurai. Misalnya jamur dan bakteri. Rantai-rantai di atas tidak berdiri sendiri tapi saling berkaitan satu dengan lainnya sehingga membentuk faring-faring makanan.

4. Rantai Makanan dan Tingkat Trofik
Salah satu cara suatu komunitas berinteraksi adalah dengan peristiwa makan dan dimakan, sehingga terjadi pemindahan energi, elemen kimia, dan komponen lain dari satu bentuk ke bentuk lain di sepanjang rantai makanan.

Organisme dalam kelompok ekologis yang terlibat dalam rantai makanan digolongkan dalam tingkat-tingkat trofik. Tingkat trofik tersusun dari seluruh organisme pada rantai makanan yang bernomor sama dalam tingkat memakan.
Sumber asal energi adalah matahari. Tumbuhan yang menghasilkan gula lewat proses fotosintesis hanya memakai energi matahari dan C02 dari udara. Oleh karena itu, tumbuhan tersebut digolongkan dalam tingkat trofik pertama. Hewan herbivora atau organisme yang memakan tumbuhan termasuk anggota tingkat trofik kedua. Karnivora yang secara langsung memakan herbivora termasuk tingkat trofik ketiga, sedangkan karnivora yang memakan karnivora di tingkat trofik tiga termasuk dalam anggota iingkat trofik keempat.

Kalau Abah jejerin nih secara acak, menurut mata rantai makanan bagaimanakah susunan yang benar?



images

1. Macan

images

2. Rumput

images

3. Kelinci
 
Bls: Mata Rantai Makanan

nambahin ..

dalam suatu rantai makanan jumlah trofik yg lebih tinggi (1<2<3<...) tidak akan melebihi trofik di bawahnya. apabila ini terjadi maka akan menimbulkan ketidakstabilan alam. jadi apabila disusun dari trofik rendah hingga yg paling tinggi, bentuk trofik akan menyerupai bentuk segitiga.

untuk soalnya.. biar anak SD aja yg jawab ya..
 
Bls: Mata Rantai Makanan

Jangan dikhususkan SD aja dong, Den. Yang kuliah juga mau menjawab sekedar refresh atw nostalgia gitu. PLease, no gender no grade
 
Bls: Mata Rantai Makanan

Sekarang, di lingkungan sawah (ekosistem sawah)
Sebutin apa aja individu yang ada disitu dan level rantai makanannya. Jangan lupa, petaninya den knightwhite2 ya...
 
Back
Top