Mata Rantai Makanan
 
Go Back   Home > Sekolah & Pelajaran Sekolah > SMP/MTs Kelas 8

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Biologi] Mata Rantai Makanan

Abah mengutip ilmu nih untuk kita bahas bersama.

1. Rantai Pemangsa
Rantai pemangsa landasan utamanya adalah tumbuhan hijau sebagai produsen. Rantai pemangsa dimulai dari hewan yang bersifat herbivora sebagai konsumen I, dilanjutkan dengan hewan karnivora yang memangsa herbivora sebagai konsumen ke-2 dan berakhir pada hewan pemangsa karnivora maupun herbivora sebagai konsumen ke-3.

2. Rantai Parasit
Rantai parasit dimulai dari organisme besar hingga organisme yang hidup sebagai parasit. Contoh organisme parasit antara lain cacing, bakteri, dan benalu.

3. Rantai Saprofit
Rantai saprofit dimulai dari organisme mati ke jasad pengurai. Misalnya jamur dan bakteri. Rantai-rantai di atas tidak berdiri sendiri tapi saling berkaitan satu dengan lainnya sehingga membentuk faring-faring makanan.

4. Rantai Makanan dan Tingkat Trofik
Salah satu cara suatu komunitas berinteraksi adalah dengan peristiwa makan dan dimakan, sehingga terjadi pemindahan energi, elemen kimia, dan komponen lain dari satu bentuk ke bentuk lain di sepanjang rantai makanan.

Organisme dalam kelompok ekologis yang terlibat dalam rantai makanan digolongkan dalam tingkat-tingkat trofik. Tingkat trofik tersusun dari seluruh organisme pada rantai makanan yang bernomor sama dalam tingkat memakan.
Sumber asal energi adalah matahari. Tumbuhan yang menghasilkan gula lewat proses fotosintesis hanya memakai energi matahari dan C02 dari udara. Oleh karena itu, tumbuhan tersebut digolongkan dalam tingkat trofik pertama. Hewan herbivora atau organisme yang memakan tumbuhan termasuk anggota tingkat trofik kedua. Karnivora yang secara langsung memakan herbivora termasuk tingkat trofik ketiga, sedangkan karnivora yang memakan karnivora di tingkat trofik tiga termasuk dalam anggota iingkat trofik keempat.

Kalau Abah jejerin nih secara acak, menurut mata rantai makanan bagaimanakah susunan yang benar?




1. Macan


2. Rumput


3. Kelinci
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 7.073
 
Reputasi: 127

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Mata Rantai Makanan

nambahin ..

dalam suatu rantai makanan jumlah trofik yg lebih tinggi (1<2<3<...) tidak akan melebihi trofik di bawahnya. apabila ini terjadi maka akan menimbulkan ketidakstabilan alam. jadi apabila disusun dari trofik rendah hingga yg paling tinggi, bentuk trofik akan menyerupai bentuk segitiga.

untuk soalnya.. biar anak SD aja yg jawab ya..
knightwhite2
knightwhite2 knightwhite2 is offline
National Level

Post: 758
 
Reputasi: 2

__________________
bubble bulb

tak ada hasil minimal dari usaha maksimal





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Mata Rantai Makanan

Jangan dikhususkan SD aja dong, Den. Yang kuliah juga mau menjawab sekedar refresh atw nostalgia gitu. PLease, no gender no grade
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 7.073
 
Reputasi: 127






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Mata Rantai Makanan

ya deh.. 2-3-1
knightwhite2
knightwhite2 knightwhite2 is offline
National Level

Post: 758
 
Reputasi: 2

__________________
bubble bulb

tak ada hasil minimal dari usaha maksimal





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Mata Rantai Makanan

Kalau ada manusia, tingkatan mata rantainya bertambah engga den?
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 7.073
 
Reputasi: 127






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Mata Rantai Makanan

semakin banyak trofik yg ikut andil, maka semakin tinggi..
knightwhite2
knightwhite2 knightwhite2 is offline
National Level

Post: 758
 
Reputasi: 2

__________________
bubble bulb

tak ada hasil minimal dari usaha maksimal





Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Mata Rantai Makanan

Kutip:
Oleh knightwhite2 View Post
semakin banyak trofik yg ikut andil, maka semakin tinggi..
Bukankah macan dengan manusia berada dalam level yang sama? Kecuali manusianya pemburu Den...
Forbian_Syah
Forbian_Syah Forbian_Syah is offline
City Level

Post: 181
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Mata Rantai Makanan

kalo manusia nya di jalur trofik lain gimana?? apa masih sama dg macan..?
knightwhite2
knightwhite2 knightwhite2 is offline
National Level

Post: 758
 
Reputasi: 2

__________________
bubble bulb

tak ada hasil minimal dari usaha maksimal





Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Mata Rantai Makanan

Manusianya ada di ekosistem savana di Afrika gimana tuh?
Forbian_Syah
Forbian_Syah Forbian_Syah is offline
City Level

Post: 181
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Mata Rantai Makanan

bang bian_syah kali ya..?
knightwhite2
knightwhite2 knightwhite2 is offline
National Level

Post: 758
 
Reputasi: 2

__________________
bubble bulb

tak ada hasil minimal dari usaha maksimal
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.