(TIPS)Menulis dan Mengirim Surat Lamaran Kerja via EMAIL Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Bisnis, Peluang Usaha & Lowongan Kerja > Lowongan Pekerjaan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


(TIPS)Menulis dan Mengirim Surat Lamaran Kerja via EMAIL




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

(TIPS)Menulis dan Mengirim Surat Lamaran Kerja via EMAIL

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengijinkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar.

Bagi perusahaan, ini akan mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mengirimkan balasan surat lamaran berbentuk email tersebut ke para pelamarnya.

Bagi calon karyawan, ini akan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Jika anda mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah anda dapat mengkopi email lamaran anda sebelumnya dan menyesuaikannya.

Isi surat lamaran di email, sama dengan isi surat lamaran biasa. Perbedaaannya hanya pada cara pengirimannya saja. Sehingga semua tips & trick menulis surat lamaran kerja (silakan klik) tetap perlu anda ikuti.

Berikut ini tips dan trick menulis dan mengirimkan surat lamaran di email.

1. Judul Email

Judul email anda haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email anda. Karena itu tuliskan judul yang jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, anda dapat menuliskannya sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".

Catatan : Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta anda menuliskan kode tertentu di judul atau subject email anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.

2. Dimana Surat Lamaran Ditulis

Apakah surat lamaran ditulis di badan email atau di file tersendiri. Sesuai ketentuan umum berbagai perusahaan yang bergerak di bidang recruiting baik perusahaan nasional maupun multinational. Bahwa surat lamaran (cover letter) dapat langsung ditulis pada badan email (di dalam email).

3. Bagaimana dengan Resume

Jangan menulis resume anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran (attach) email anda.

4. Jenis File Attach yang Dikirim

Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya, jenis file yang boleh anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan anda untuk mengirimkan file berformat pdf atau xls atau txt. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume anda dalam file MS Word (.doc).

5. Ukuran/Bobot (Size) Email

Usahakan ukuran email anda termasuk lampirannya (attach) tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach (dilampirkan). Karena itu periksa besar file yang anda lampirkan. Jika anda diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang size-nya (bobot filenya) terlalu besar. Perkecil size-nya (bobot filenya) dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor.

6. Dijadikan Satu dalam Bentuk ZIP

Bentuk file zip adalah bentuk file yang dimampatkan (dipadatkan) dan saat ini sudah umum dilakukan. Bahkan banyak perusahaan yang meminta agar file-file yang dilampirkan (di attach) dijadikan satu dalam sebuah file zip. Sehingga selain size-nya (ukuran file) menjadi lebih kecil/ringan, juga jumlah file yang dikirim (di attach) menjadi hanya satu file. Ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dari pelamar.

7. File Attach yang Terlalu Besar Akan Diabaikan

Dapat anda bayangkan sendiri, bila anda menerima kiriman file di email yang size-nya besar, misalkan sampai lebih dari 1 MB.
Tentunya anda malas untuk membukanya (men-download-nya). Demikian juga dengan perusahaan yang menerima email lamaran kerja anda.
Bila file attach-nya terlalu besar, otomatis perusahaan tersebut akan malas untuk membuka/mendowload file kiriman anda. Dengan kata lain anda telah gagal hanya di masalah pengiriman email saja. Jadi ikutilah tips nomor 5 di atas.

8. Lakukan Uji Coba Pengiriman Email

Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, anda juga perlu melakukan uji coba pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran anda, lengkap dengan attachment-nya ke alamat email anda yang lainnya. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang anda tuju.

Dengan melakukan uji coba terlebih dulu, maka anda dapat melihat sendiri hasil pengiriman email anda tersebut. Untuk kemudian dilakukan perbaikan-perbaikan bila diperlukan.

Uji coba pengiriman email ini SANGAT DIPERLUKAN. Karena sering kali format email yang anda kirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Misalkan mengirimkan email dari Yahoo ke Gmail, atau sebaliknya.

Jika anda hanya mempunyai satu alamat email, anda bisa membuat alamat email baru di Yahoo, Gmail, atau Hotmail (silakan klik) atau yang lainnya.

sumber : http://bursa-kerja.ptkpt.net

RedNotes : Silahkan Partisipasinya untuk turut menambahkan tips2 lainnya..


Semoga bermanfaat
Redbastard
World Level

Post: 16.803
 
Reputasi: 218

__________________

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: (TIPS)Menulis dan Mengirim Surat Lamaran Kerja via EMAIL

Hueehehehehe keren nih infonya Den, apply ahh siapa tau rejeki hahaaayyy
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: (TIPS)Menulis dan Mengirim Surat Lamaran Kerja via EMAIL

wekekeeekk...
Redbastard
World Level

Post: 16.803
 
Reputasi: 218

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: (TIPS)Menulis dan Mengirim Surat Lamaran Kerja via EMAIL

Megha punya satu tips nih kebetulan om aku seorang HRD

dia bilang, seseorang akan cenderung memilih surat yang berbeda dari kebanyakan yang ada, contohnya :

jika biasanya kita menggunakan ukuran kertas Letter untuk melamar pekerjaan karena pertimbangan kapasitas tulisan, maka cobalah dengan ukuran kertas yang lebih kecil seperti A4. Kalo dulu megha pernah iseng mengirim surat lamaran kerja dalam bentuk surat yang dilipat dan dimasukan kedalam amplop doklat (amplop yang biasanya dipakai untuk membungkus uang). dan cara itu berhasil membuat sang HRD meminta megha untuk wawancara.

cara lainnya adalah dengan menggunakan permainan warna pada amplop. Cara ini pernah megha gunakan untuk melamar sebagai junior announcer disalah satu radio ternama di jakarta. Megha mengirim lamaran dengan menggunakan amplop berwarna ungu dan dilipat seperti seperti bentuk surat yang bersifat santai antar teman ke teman bukan ke sebuah instansi. Kalau kita ngelamar ke sebuah badan yang bersifat entertaiment kayaknya ok ok aja contoh perusahaan style, butik, toko aksesories cewek dsb

dan jangan lupa dibagian belakang amplop mudahkan sang HRD untuk mengingat surat lamaran kita dengan mencantumkan nama, alamat rumah dan juga nomor Hp yang kita miliki.
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543

__________________

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja, Resume, Cover Letter, Curriculum raddith Lowongan Pekerjaan 12
Konsep HTML Surat Lamaran Pekerjaan membersby Lowongan Pekerjaan 1
Apa yang Dibaca dari Surat Lamaran Kerja Anda? nurcahyo Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 4
Tips Membuat Surat Lamaran yang Baik andree_erlangga Penulis, Buku, Sastra & Bahasa 1
Tips Membuat Surat Lamaran yang Baik andree_erlangga Humor 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.