Antisipasi Obesitas

Administrator

Administrator
Obesitas bukanlah suatu penyakit melainkan kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Namun kelebihan berat badan ini akan menyebabkan banyak sisi negatif dan mudah mengalami berbagai macam penyakit.

Obesitas dapat menyebabkan tubuh jadi cepat lelah, pernapasan terganggu, bahkan henti napas waktu tidur.

Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, penyerap guncangan dan fungsi lainnya. Namun yang dikatakan kelebihan berat badan atau obesitas ini terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan dan pembakaran kalori yang tidak seimbang.

Secara sederhana, obesitas berarti keadaan penumpukan lemak yang berlebihan di jaringan adiposa. Keadaan ini timbul akibat pengaturan makan yang tidak baik, gaya hidup kurang gerak, dan faktor keturunan (genetik).

Kelebihan energi makanan yang kita konsumsi secara kumulatif akan ditimbun sebagai cadangan energi berupa lemak tubuh. Ketidak-seimbangan antara energi yang masuk dan yang digunakan tubuh membuat berat badan bertambah.

Peranan genetik dalam kejadian obesitas terbukti dari adanya risiko obesitas sekitar 2 -3 kali lebih tinggi pada individu dengan riwayat keluarga obesitas.

Sebetulnya kita sudah bisa menerka orang akan mengalami obesitas semenjak masih kecil hingga usia 5 tahun. Dalam usia tersebut ketika pola makan tidak seimbang, masih ada kesempatan untuk dikembalikan kedalam kondisi yang normal.

Bagaimana mencegah Obesitas ?

Pola makan seimbang

Pola hidup seimbang (olahraga / aktivitas fisik)

Pola pikir positif (menghindari / mengelola stress)

Memantau kesehatan berkala (PENTING, tetapi sering dilupakan)
 
Bls: Antisipasi Obesitas

Wah soal keturunan bisa dapat dilakukan manual aja Jeng. Misalnya operasi penurunan lemak. Tapi akan memakan biaya yang engga sedikit.
 
Back
Top