Anak Jalanan, pilihan hidup? Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Anak Jalanan, pilihan hidup?

Hidup sebagai anak jalanan di Pinggiran kota metropolitan, mereka bernyanyi tertawa bebas. Apakah itu kebahagiaan yang mereka inginkan? Apakah mereka memang semata ingin hidup di jalanan penuh debu dan udara malam yang dingin tak beratap kecuali jembatan atau emperan toko.

Adakah yang tau mereka makan dimana dan darimana mereka dapatkan uang? Mandi dan cuci pakaian dimana? Apakah mereka dan siapakah mereka merupakan tandatanya yang masih terabaikan tak dipedulikan.

Keberadaan mereka terkadang menjadi masalah bagi berbagai fihak, keluarga, masyarakat atau pemerintah. Tanggungjawab siapakah nasib mereka? Perhatian terhadap nasib mereka ternyata selama ini belum menemukan solusi yang signifikan dari berbagai fihak. Seberapa komplikasikah persoalan ini sehingga masih ada saja derita anak bangsa.
agungsuhada
Admin

Post: 5.006
 
Reputasi: 62

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Anak Jalanan, pilihan hidup?

Kutip:
Oleh The-architect View Post
Hidup sebagai anak jalanan di Pinggiran kota metropolitan, mereka bernyanyi tertawa bebas. Apakah itu kebahagiaan yang mereka inginkan? Apakah mereka memang semata ingin hidup di jalanan penuh debu dan udara malam yang dingin tak beratap kecuali jembatan atau emperan toko.

Adakah yang tau mereka makan dimana dan darimana mereka dapatkan uang? Mandi dan cuci pakaian dimana? Apakah mereka dan siapakah mereka merupakan tandatanya yang masih terabaikan tak dipedulikan.

Keberadaan mereka terkadang menjadi masalah bagi berbagai fihak, keluarga, masyarakat atau pemerintah. Tanggungjawab siapakah nasib mereka? Perhatian terhadap nasib mereka ternyata selama ini belum menemukan solusi yang signifikan dari berbagai fihak. Seberapa komplikasikah persoalan ini sehingga masih ada saja derita anak bangsa.

Tidak ada yang mau jadi AJ
Semua ingin jadi anak gedongan
Salah nasib atau orang tua?
profmads
Continent Level

Post: 2.566
 
Reputasi: 14






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Anak Jalanan, pilihan hidup?

tentunya menjadi anak jalanan bukan pilihan dan kehendak mereka, tapi ya itulah sebagian potret generasi penerus bangsa kita.
mungkin untuk membantu kebutuhan keluarga ataupun mencukupi hidupnya sendiri bagi yang ditinggalkan sanak keluarganya.

sayangnya banyak dari kita seakan melupakan dan memandang sebelah mata pada mereka. usia -usia anak jalanan yang umumnya usia wajib belajar ntu sedang masa-masa transisi menerima masukan segala hal dari berbagai penjuru, kalau tidak diarahkan/ ditindak lanjuti, nggak menutup kemungkinan mendapat pengaruh negatif dan berperilaku negatif pula. banyak juga dari mereka yang mendapat kekerasan dan pelecehan. kalau ini dibiarkan satu sisi generasi penerus kita bisa hilang.

humm belum tau salah siapa??! tapi sepertinya nggak usah mencari kesalahannya, tapi bagaimana ya cara mengentas mereka dan memberi wadah yang lebih layak?!
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Anak Jalanan, pilihan hidup?

menurut undang2, fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara

tapi pada kenyataannya negara belum mampu memfasilitasi mereka

tidak ada satupun anak yang bercita2 hidup di jalanan
MonyetKecil
City Level

Post: 248
 
Reputasi: 14






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Anak Jalanan, pilihan hidup?

Kutip:
Oleh The-architect View Post
Hidup sebagai anak jalanan di Pinggiran kota metropolitan, mereka bernyanyi tertawa bebas. Apakah itu kebahagiaan yang mereka inginkan? Apakah mereka memang semata ingin hidup di jalanan penuh debu dan udara malam yang dingin tak beratap kecuali jembatan atau emperan toko.

Adakah yang tau mereka makan dimana dan darimana mereka dapatkan uang? Mandi dan cuci pakaian dimana? Apakah mereka dan siapakah mereka merupakan tandatanya yang masih terabaikan tak dipedulikan.

Keberadaan mereka terkadang menjadi masalah bagi berbagai fihak, keluarga, masyarakat atau pemerintah. Tanggungjawab siapakah nasib mereka? Perhatian terhadap nasib mereka ternyata selama ini belum menemukan solusi yang signifikan dari berbagai fihak. Seberapa komplikasikah persoalan ini sehingga masih ada saja derita anak bangsa.
fenomena anak jalanan ini ada d setiap negara bahkan d amerikapun anak jalanan ada. hanya saja bedanya kl d amerika atau negara maju anak jalanan ada sabtunan bulanan dari negara dan d indonesia tak mendapatkan hak apapun. para penyelenggara negara d indonesia justru sibuk urus diri sendiri dan dengan lantang berkata ini semua atas nama rakyat
mojave
Mod

Post: 51.468
 
Reputasi: 1192






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Anak Jalanan, pilihan hidup?

sepengalaman gw waktu di malang, gw pernah ikut anak punk sana. dan ternyata itu memang piliha hidup!!

banyak anak yang gedongan, meninggalkan hape, credit card, handphone, dan lain-lain. banyak alasannya bagi mereka. tapi secara garis besar, menjadi anak jalanan adalah benar2 kehidupan yang sangat bebas. pernahkah disini ada yang berpikir, jika "semakin banyak yang kita miliki, semakin banyak batasan kita" ?

kebebasan gaya anak kota, hanyalah ilusi yang sebenarnya dari makna bebas. sedangkan bagi mereka seni hidup terletak pada bertahan di rimba beton dengan apa adanya.

nah, ada lagi anak jalanan yang "dipaksa". itu kategori diatas yang abang2 sama nona sebut. tapi cendrung, banyak yang menikmatinya sebagai kehidupan sebenarnya juga kok.

tau apa yang dilakukan sama satpol pp di bandung sama gepeng2 yang kurang beruntung? gw pernah dicurhatin sama yang tinggal disekitar alun2 bandung, kalau mereka lebih layak disebut. . .
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Anak Jalanan, pilihan hidup?

"diasingkan" daripada "dipelihara negara". orang yang gw curhatin itu, mengatakan ia di drop di deket hutan2 yang ada didaerh purwakarta yang belum pernah dia datang sebelumnya. ckckckck. wajar, banyak gepeng yang dilema ketika ada penggrebekan sama pihak berwenang. haruskah seperti itu?

jadi, anak jalanan yang memang pilihan hidup ada, ada juga yang "berpikiran pendek" untuk kelangsungan hidup. gw rasa keduanya harus mampu dibedakan loh. . .
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38






Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Anak Jalanan, pilihan hidup?

Whahahaaa..... Pilihan hidup ya? Tuh, kalo soal ini engga diangkat mana tau kalau ternyata diantara mereka ternyata memang memilih sendiri jalannya. Then, sekarang gimana cara sinkronisasinya dengan keinginan pemerintah yang kadang merasa gerah dengan keberadaan mereka (AJ) pasalnya, mereka mencerminkan kekumuhan dan ketidaktertiban.
agungsuhada
Admin

Post: 5.006
 
Reputasi: 62






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Anak Jalanan, pilihan hidup?

Kutip:
Oleh The-architect View Post
Whahahaaa..... Pilihan hidup ya? Tuh, kalo soal ini engga diangkat mana tau kalau ternyata diantara mereka ternyata memang memilih sendiri jalannya. Then, sekarang gimana cara sinkronisasinya dengan keinginan pemerintah yang kadang merasa gerah dengan keberadaan mereka (AJ) pasalnya, mereka mencerminkan kekumuhan dan ketidaktertiban.

Solusi sebenarnya mudah, tetapi memerlukan kasih sayang yang tulus,
Setiap keluarga mengadopsi/membiayai satu AJ saja.
profmads
Continent Level

Post: 2.566
 
Reputasi: 14






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Anak Jalanan, pilihan hidup?

itu dia bah. gw rasa sih yang memilihnya sebagai pilihan hidup, justru mencari sensasi seperti2 itu. rasanya mungkin bagi mereka seperti game: grand theft auto gitu kali yak.

soalnya, dibina ya percuma toh banyak pewaris kekayaan juga loh itu anak2 jalanan seperti ini.

jadi, rada bingung juga kalau ditanya harus seperti apa menertibkannya. ya, namanya pilihan hidup bah
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Hidup adalah sebuah Pilihan Redbastard Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 10
Rekontruksi Ibu Dan Anak Dibakar Hidup-hidup, Mengerikan Heei_lionel Politik, Ekonomi & Hukum 5
Rekontruksi Ibu Dan Anak Dibakar Hidup-hidup, Mengerikan Heei_lionel Politik, Ekonomi & Hukum 4
lagu anak jalanan agus_x24 Musik & Lagu 4
Hidup adalah Pilihan singthung Buddha 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.