Pembagian Waris Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Islam
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Pembagian Waris

Dalam ajaran Islam sudah sangat sempurna. Sampai ke soal pembagian hak waris pun terdapat aturannya. Hanya saja persoalan warisan di tanah air belum semua umat Islam mengikuti aturan Islam, sehingga pembagian warisan lebih banyak menimbulkan kerusuhan dan pertengkaran.

Nah, diantara aden/ajeng ada yang tau engga nih peraturan pembagian hak waris yang lengkap atau sekedar memberikan masukan info saja.

Misalkan begini nih:

Bapak meninggal dunia dengan meninggalkan seorang janda yang bukan ibunya anak2. Anak almarhum adalah 2 orang laki2 dan seorang perempuan.

Berapakah hak buat 2 orang anak laki dan seorang anak perempuan. Dan apakah janda tersebut menerima hak waris?
agungsuhada
Admin

Post: 4.713
 
Reputasi: 59






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Pembagian Waris

Istri dapat 1/8
Masih sisa 7/8 kan,..terus dijadiin 5 bagian, 4 bagian buat 2 anak cowok, 1 bagian buat anak cewek
madAs
City Level

Post: 306
 
Reputasi: 16

__________________
-intelektual jalanan-

hidup itu perjuangan bukan pengorbanan
perjuangan agar tak ada lagi yang dikorbankan
:angel:





Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Pembagian Waris

dulu udah pernah belajar disekolah, biasanya disebut ilmu faroid, karena pake itung2an matematika, aku paling gak ngerti

tapi nanti aku cari pembagian lengkap ilmu warisnya yg sudah diringkas.
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 174






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Pembagian Waris

Kutip:
Oleh madAs View Post
Istri dapat 1/8
Masih sisa 7/8 kan,..terus dijadiin 5 bagian, 4 bagian buat 2 anak cowok, 1 bagian buat anak cewek
Itu dalam soalnya adalah isteri bukan dari ibunya anak apakah mendapat hak daripada mantan isterinya den?
agungsuhada
Admin

Post: 4.713
 
Reputasi: 59






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Pembagian Waris

Kutip:
Oleh The-architect View Post
Itu dalam soalnya adalah isteri bukan dari ibunya anak apakah mendapat hak daripada mantan isterinya den?
Ibu tirinya anak2 kan?Yang penting selama masih jadi istri, bahkan yang udah dicerai 1 ato 2(talak raj'i) menurut suatu pendapat, tetap berhak dapet bagian...
madAs
City Level

Post: 306
 
Reputasi: 16

__________________
-intelektual jalanan-

hidup itu perjuangan bukan pengorbanan
perjuangan agar tak ada lagi yang dikorbankan
:angel:





Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Pembagian Waris

Oh, info yang sangat membantu nih Den. Berarti ibu tiri dengan mantan isteri juga masuk kedalam hitungan ya?
agungsuhada
Admin

Post: 4.713
 
Reputasi: 59






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Pembagian Waris

Kutip:
Oleh The-architect View Post
Oh, info yang sangat membantu nih Den. Berarti ibu tiri dengan mantan isteri juga masuk kedalam hitungan ya?
Welcome, tapi untuk mantan istri, kalau udah selesai iddah ngaak dong, jadi cuma khusus yang masih dalam iddah dari talak raj'i.Itu aja ada perbedaan pendapat.
madAs
City Level

Post: 306
 
Reputasi: 16

__________________
-intelektual jalanan-

hidup itu perjuangan bukan pengorbanan
perjuangan agar tak ada lagi yang dikorbankan
:angel:





Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Pembagian Waris

Well, makasih banget pengembangannya nih. Mudah2an forum ini bisa membantu menyelesaikan persoalan warisan yang terjadi di Masyarakat Indonesia yang masih simpang siur.
agungsuhada
Admin

Post: 4.713
 
Reputasi: 59

Reply
 


Pergunakan juga aplikasi
Alquran Online
dan Terjemahan nya, sebagai bahan kajian atau sumber
Keyboard Virtual HurufArab/Arabic untuk menulis huruf arab/arabic

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Pembagian Harta Waris T-Rex Islam 4
pembagian waris aspari Islam 6
Perincian Pembagian Harta Waris nurcahyo Islam 1
Pembagian Harta Waris nurcahyo Islam 0
Pembagian Harta Waris nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.