Yang suka bersin harus tau Sinusitis

Administrator

Administrator
Bersin-bersin tidak selalu merupakan gejala influenza. Bahkan lebih parah dari itu Anda mesti menyadari adanya kemungkinan penyakit Sinusitis, yaitu penyakit infeksi pada saluran sinus (rongga disekitar mata, pipi dan hidung). Rongga tersebut normalnya berisi udara, namun karena infeksi rongga ini jadi berisi nanah alias lendir kental berwarna kuning atau kehijauan.

Kita juga mesti dapat membedakan gejala penyakit ini, karena memiliki gejala yang sama dengan penyakit rhinitis (alergi). Rhinitis juga memiliki gejala bersin, namun ingus yang keluar biasanya jernih, bening dan encer. Kedua penyakit ini juga dapat menyebabkan hidung mampet. Tapi bedanya, rhinitis ini biasanya akan dapat sembuh sendirinya oleh imun yang dapat dibantu dengan asupan gizi makanan yang cukup. Dan alergi ini biasanya hanya dirasa pagi hari, bila dilakukan aktifitas pemanasan maka gejala ini mulai hilang.

Berbeda dari itu, sinusitis memerlukan perhatian lebih serius, karena menyangkut dengan infeksi. Ada baiknya Anda mengkonsultasikannya ke dokter. Sebelum ke dokter ada yang bisa Anda lakukan yaitu dengan berjemur di matahari pagi dibawah pukul 9. Dan Anda juga dapat melakukan steam, yaitu dengan menyediakan air panas di baskom lalu Anda menghirup uapnya dengan jarak 30 cm dari permukaan air.
 
Bls: Yang suka bersin harus tau Sinusitis

Penyakit sinusitis ini penyebabnya apa ya bah coz seorang sahabat saya punya penyakit ini dan kasihan sekali dia
 
Bls: Yang suka bersin harus tau Sinusitis

Sinusitis berasal dari akar bahasa Latinnya, akhiran umum dalam kedokteran itis berarti peradangan karena itu sinusitis adalah suatu peradangan sinus paranasal. Di sekitar rongga hidung terdapat empat sinus yaitu sinus maksilaris ( terletak di pipi), sinus etmoidalis ( kedua mata), sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi).

Secara klinis sinusitis dibagia atas :
1. Sinusitis akut
2. Sinusitis subakut
3. Sinusitis Kronis

Maxilar_sinusites.jpg


Sedangkan berdasarkan penyebabnya sinusitis :
* Rhinogenik (penyebab kelainan atau masalah di hidung), Segala sesuatu yang menyebabkan sumbatan pada hidung dapat menyebabkan sinusitis
* Dentogenik/Odontogenik (penyebabnya kelainan gigi), yang sering menyebabkan sinusitis infeksi pada gigi geraham atas (pre molar dan molar)

Sumber

Pengalaman pribadi:
Saya penderita sinusitis sejak tahun 1986. Saya telah menjalani pemeriksaan dokter, rontgen, fisioterapi & gurah termasuk tips berjemur di matahari pagi serta melakukan steam untuk pengobatan sinus tetapi belum kunjung hilang. Saya lihat Om saya pernah menjalani operasi sinusitis tetapi tetap tidak bisa disembuhkan atau sering kambuh lagi. Jadi ya percuma operasi mahal2.

Pada bulan Pebruari 2010 saya coba menjalani terapi herbal selama 2 bulan. Hasilnya sungguh memuaskan, gejala sinusitis berangsur2 hilang, tubuh terasa segar & sehat, penyakit2 lainpun berangsur hilang dan sembuh. :D
 
Back
Top