Jajaran Pegunungan Tinggi Ditemukan di Titan

gupy15

Mod
Jajaran Pegunungan Tinggi Ditemukan di Titan


SAN FRANCISCO, Rabu -- Wahana ruang angkasa Cassini menemukan jajaran pegunungan berselimut kabut awan setinggi hampir 1,6 kilometer di Titan, salah satu bulan besar Saturnus.

Para peneliti mengaku terkejut melihat pegunungan yang terbentang sepanjang sekitar 150 kilometer itu. Mereka nyaris tidak percaya, bahkan sampai memeriksa ulang foto-foto guna memastikan pegunungan itu nyata dan bukan sekedar bayangan permukaan Titan.

Robert Brown, peneliti Cassini dari Universitas Arizona, mengatakan pegunungan tersebut mengingatkannya pada jajaran gunung di Sierra Nevada, California.

"Anda bisa menyebutnya Titan Sierra," kata Brown, yang menyajikan gambar-gambar baru itu di pertemuan American Geophysical Union di San Fransisco, Selasa (12/12).

Pegunungan itu merupakan yang tertinggi yang pernah dilihat di Titan dan mungkin terbentuk dalam proses serupa seperti pegunungan di pegunungan samudra tengah Bumi. Para peneliti menduga material panas di bawah permukaan Titan telah terdorong ke atas ketika lempengan tektoniknya merekah, menciptakan jajaran pegunungan.

Cassini melihat bahwa puncak pegunungan itu ditutupi lapisan putih terang. Dugaan sementara, lapisan tersebut adalah endapan metana atau material organik lain.

Cassini terbang di atas Titan pada tanggal 25 Oktober lalu dan menangkap foto-foto pegunungan itu. Wahana juga menemukan bukti-bukti baru adanya bukit-bukit pasir serta bentuk-bentuk lingkaran serupa bekas-bekas gunung api.

Cassini adalah wahana tanpa awak yang diluncurkan tahun 1997, hasil kerjasama antara NASA, serta Badan Antariksa Eropa dan Italia.


Sumber: AP
Penulis: wsn
 

Attachments

  • tittangunung.jpg
    tittangunung.jpg
    3.9 KB · Views: 164
Back
Top