Empati terhadap rekan kerja? JANGAN

Administrator

Administrator
Sifat peduli kerap kali juga dikaitkan dengan sifat simpati atau empati, Secara singkat, sifat ini mengacu pada keadaan Seseorang yang merasa iba, prihatin, atau hampir merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Rasanya tak ada yang salah dengan sifat ini. Namun, banyak pula yang menganggap jika empati hanya cocok jika ditempatkan di kehidupan sosial atau saat manusia bersosialisasi,tapi tidak di lingkungan kerja. Mereka menganggap, menunjukkan sifat empati di lingkungan kerja hanya akan membuat seseorang terlihat lemah dan perasaannya mudah berubah-ubah.

Menurut Judith Orloff, Assistant Clinical Professor Of Psychiatry di UCLA sekaligus penulis buku Emotional Freedom: Liberate Your self from Negative Emotions and Transform Your Life, empati memang memiliki dua sisi, baik dan buruk. Namun,mereka yang memiliki rasa empati berlebih memang harus lebih waspada dengan sifatnya tersebut.

Empati atau tidak? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah Anda termasuk orang yang sangat berempati atau tidak Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, yang diambil dari buku Orloff, bisa sedikit mengukur sejauh mana sifat empati Anda terhadap orang lain. Anda cukup menjawab “ya”atau”tidak” dimasing-masing pertanyaan yang diajukan.

1. Apakah Anda pernah dicap rekan-rekan kantor Anda sebagai orang yang terlalu sensitif atau terlalu emosional?

2. Jika rekan kerja Anda ada yang mengeluh atau marah, apakah hal tersebut akan memengaruhi mood Anda dalam bekerja?

3.Apakah Anda merasa kecewa dan sangat sedih jika rekan kerja atau atasan memberikan pernyataan yang negatif kepada Anda?

4. Apakah emosi Anda akan banyak terkuras jika harus bekerja secara intens dengan rekan kerja? Dan apakah Anda membutuhkan waktu untuk menyendiri demi memulihkan emosi Anda?

5. Apakah Anda mudah terganggu dengan suara-suara bising dikantor,baik suara mesin maupun suara orang mengobrol?

6. Apakah Anda lebih senang bekerja sendiri dan dalam suasana hening?

7. Apakah Anda akan banyak makan atau membutuhkan hiburan di luar untuk menghilangkan rasa stres di kantor?

Jika Anda menjawab “ya” pada salah satu pertanyaan saja, maka Anda bisa dibilang memiliki sifat dasar empati. Tapi jika Anda menjawab ”ya” pada lebih dari tiga pertanyaan, itu artinya Anda memang sosok yang sensitif dan penuh rasa empati.
 
Bls: Empati terhadap rekan kerja? JANGAN

Sisi negatif dan empati Meski banyak memiliki nilai positif, seseorang yang penuh empati juga tak terhindar dari sifat negatif. Contohnya, mereka yang empati adalah orang yang emosional dan mereka kerap terpancing dengan emosi orang lain. Hal ini bisa berbahaya jika saat ini dia sebagai atasan tidak bisa menjadi pemimpin berkepala dingin atau pemimpin yang bisa berpikir objektif dalam mengambil keputusan.

Mereka yang penuh empati juga kerap mengalami keletihan jiwa. Pasalnya, mereka menampung banyak keluhan atau perasaan dan rekan-rekan kerjanya. Karena itu pula, mereka kerap membutuhkan keheningan untuk bisa bekerja. Mereka juga sulit untuk bekerja sama dengan orang lain. Yang mereka butuhkan saat bekerja ialah ketenangan dari segala gangguan. Karena kerap menyendiri, orang lain mungkin menganggap mereka sebagai orang yang antisosial.

Mereka juga bisa terkuras emosinya dengan kehadiran orang orang yang terlihat begitu membutuhkannya atau orahg yang senang berbicara dengannya. Orang-orang ini bisa membuat mereka yang penuh empati mengalami keletihan emosi dan jiwa.

Jadi jika Anda adalah orang yang super sensitif atau penuh empati, bersyukurlah atas berkah tersebut. Namun,Anda juga harus berhati-hati dengan emosi Anda sendiri karena berhubungan dengan kesehatan psikis Anda.

Wah, den bastard sama dengan Abah nih, sensi dan empati banget ama lingkungan.
 
Back
Top