Populasi Jenis Kupu-kupu Menurun

gupy15

Mod
Populasi Jenis Kupu-kupu Menurun



BOGOR--Populasi kupu-kupu di seluruh dunia dunia, khususnya Indonesia, cenderung enurun seiring dengan semakin berkurangnya kawasan hutan. Karena itu, untuk mengetahui kondisi populasi kupu-kupu di Indonesia, Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) segera melakukan inventarisasi dan pendataan.

''Sehingga, bisa diketahui kupu-kupu jenis apa yang telah langka dan perlu dilindungi. Bahkan, bisa diketahui kupu-kupu jenis apa yang telah punah,'' kata Peggie Djunianti, MSc, Phd, peneliti bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, di Cibinong, Kabupaten Bogor Jumat silam.

Peggie Djunianti mengungkapkan, dari sekitar 1.600 jenis kupu-kupu di seluruh dunia, ada sekitar 96 jenis kupu-kupu hidup di KRB. Beberapa jenis kupu-kupu yang langka dan dilindungi oleh pemerintah antara lain, dari genus Ornithoptera (kupu-kupu sayap burung), Troides (kupu-kupu raja), Trogonoptera (kupu-kupu rajah brooke), serta Chetosiamyrina (kupu-kupu sayap renda Sulawesi). Beberapa spesies ornithoptera, menurut dia, antara lain, Ornithoptera goliath yang hidup di hutan Papua. Kupu-kupu raksasa berukuran sekitar 13 hingga 15 sentimeter ini adalah kupu terbesar di Indonesia dan nomor dua terbesar di dunia.

Kupu-kupu terbesar di dunia adalah spesies Ornithoptera alexandra yang berukuran agak besar sekidit dari Ornithoptera goliath dan hidup di hutan Papua Nugini. ''Kupu-kupu raksasa ini adalah salah stau spesies kupu-kupu langka yang dilindungi,'' katanya. Bahkan, ada spesies kupu-kupu yang sudah punah yakni, Papilia lamsacus. Berdasarkan data inventarisasi terbaru, kupu-kupu spesies ini diinventarisasi tahun 1949 oleh peneliti bangsa Belanda, MA Lieftinck. Peneliti menemukan kupu-kupu jenis ini hidup di kawasan Bogor, Sukabumi, dan Bandung.

Menurut dia, kupu-kupu langka perlu dilindungi, karena ada kolektor kupu-kupu terutama dari luar negeri yang berani membeli dengan harga mahal. Karena itu menurut dia masyarakat perlu diingatkan untuk memelihara kelestarian kupu-kupu demi keseimbangan dan keanekaragaman alam. ant
( )
 
Back
Top