Manusia Sintesis sedang dicipta manusia!!!!

Administrator

Administrator
22---sintesis.jpg

gambar illustrasi

Pernahkah Anda berfikir bahwa manusia dapat diciptakan oleh manusia? Selama ini kita mungkin baru mengenal sebuah boneka manusia sintesis yang dapat memberikan kepuasan seks, atau yang disebut dengan sex toy. Boneka manusia sintesis ini bisa bergerak sangat terbatas dan memiliki fitur suara yang erotis. Tapi kali ini lebih gila lagi, ilmuwan ingin menciptakan manusia seutuhnya. Hmmm... seperti apa ya?

Kelompok ilmuwan Amerika Serikat (AS) tampil dengan inovasi yang cukup mengejutkan. Mereka berencana menciptakan manusia tiruan.

Tentu semua yang mendengar informasi ini akan bereaksi. Beberapa orang tampil untuk mempertanyakan motivasi para ilmuwan. Satu kelompok mendukung atas nama pengetahuan.

Komunitas lain justru sudah tidak sabar ingin melihat hasilnya. Sementara sejumlah peneliti menyebut rencana ini sebagai salah satu proyek paling mutakhir sepanjang sejarah pengetahuan

Ketika orang-orang bereaksi dan berdebat, kelompok ilmuwan pimpinan ahli biologi molekuler Craig Venter justru terus melaju, mereka tetap pada rencana semula.

Venter dan kawan-kawan memperkenalkan sintesis deoxyribonucleic acid (DNA) terbaru. Sel DNA ini dianggap sebagai “salinan” untuk menciptakan manusia-manusia tiruan.

Beberapa ilmuwan sempat berandai-andai tentang si manusia tiruan. Seperti dinosaurus dalam film Jurassic Park atau Frankenstein.

“Genomik sintesis”, demikian Forster menyebut proyek yang tengah dikerjakan tim Vanter. Dia bangga karena tim Vanter sanggup menciptakan salinan kimia atas genom (kode genetik) yang dimiliki manusia.

Barack Obama sudah memerintahkan komisi bioteknologi untuk menelusuri proyek sintesis ini. Mereka diminta melaporkan hasil penelusuran paling lambat enam bulan mendatang.

Obama ingin memastikan proyek ini memang baik untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Bagaimanapun, apa yang sedang dikerjakan tim Vanter adalah proyek yang besar. Proyek ini menyamgkut eksistensi manusia (yang nyata).

Pertanyaan selanjutnya adalah perlukah pengawasan terhadap kerja tim Vanter? Tentu perlu walaupun sedikit terlambat.

Pengawasan semakin sulit dilakukan karena tidak ada undang-undang yang mengatur proyek-proyek seperti yang tengah dikerjakan tim Vanter.

Siapkah manusia dengan inovasi seperti ini? Setiap pribadi berhak melontarkan jawaban masing-masing.

BBC
 
Back
Top