Yang muda yang berkarya

Administrator

Administrator
Ternyata pemda dan selebriti dunia juga banyak yang terjun dan sukses di dunia politik lho. Yuk kita lihat....


Omar AbduLLah, 40 tahun Kepala Menteri Negara Bagian jammu dari Khasmir
Pria kelahiran lnggris ini adalah cucu Sheikh Abdullah, pendiri Muslim Conference, partai politik pertama di Khasmir.

Ia menjadi anggota parlemen dan daerah pemilihan Ganderbal, Khashmir, sejak 12 tahun lalu. Ia menjabat sebagal Menteri Perindustrian dan Perdagangan sebelum menjadi kepala menteri.

Kepemimpinannya mendapat ujian dengan meningkatnya kekerasan yang dilakukan Tentara Nasional India di wilayah Khasmir. Ia diminta mengurangi jumlah personel militer di wilayah yang berbatasan langsung dengan Pakistan itu.




Priya Duff, 43 tahun Anggota Parlemen dan Partai Kongres
Sosok pemegang gelar sarjana sosiologi dan Universitas Mumbai ini
adalah perpaduan antara gemerlap dunia Bollywood dan dinasti politik. Putri aktor ternama Sunil Dut dan aktris Nargis ini mengikuti jejak kedua orangtuanya yang terjun ke dunia politik. Saudara laki lakinya, Sanjay Dutt, tercatat sebagai aktor papan atas India masa kini. Pada Pemilu 2009, Priya terpilih untuk kedua kalinya sebagai anggota parlemen. Ia mewakili daerah Mumbai, pusat finansial India.




Menteri Komunikasi dan TeknoLogi Informasi
Sachin Pilot, 32 tahun

Putra politikus dan mantan Menteri Keamanan Dalam Negeri, Rajesh Pilot ini tercatat sebagai salah satu calon pemimpin masa depan yang paling bersinar. Sebelum memutuskan ikut kampanye menjadi anggota parlemen mewakili Ajmer di Rajashtan pada 2004, ia punya karier bagus di General Motors. Pemegang gelar sarjana dan Universitas Delhi dan master dari Universitas Pennsylvania ini adalah salah satu sekutu Rahul dan dikenal santun serta ramah kepada siapa saja tanpa memandang kedudukan. Suami Sarah Abdullah, saudara perempuan Omar Abdullah, ini juga jago menembak, pandai mengemudikan pesawat mini, dan penulis buku biografi Rajesh Pilot.



Semoga tulisan ini dapat menjadi inspirasi bagi kalangan muda untuk mulai merintis di dunia politik, sehingga dapat membangun bangsa dengan sehat dan lebih berjaya lagi.
 
Back
Top