Singkong mulai dilirik pangan masyarakat

ismi_namaku

New member
Singkong dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis serta sudah merupakan makanan pokok di berbagai negara, seperti Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, juga Asia, termasuk Indonesia.

Penghasil utamanya adalah Nigeria, Brasil, Thailand, Zaire, dan Indonesia. Bentuknya bulat panjang, kulitnya coklat dagingnya putih, kadang kuning, di Indonesia disebut singkong mentega. Singkong (cassava) ditanam dari 6 bulan sampai 1 tahun, Jika terdapat cassava yang terasa pahit, ini karena mengandung hydrocyanic acid yang tinggi sehingga harus diproses sebelum dikonsumsi, seperti direndam air berulang-ulang untuk melarutkan sianida tersebut. Karena kadar tepungnya tinggi (CHO), banyak juga dimanfaatkan untuk tapioka. Ditinjau dari segi gizinya, singkong mengandung kalori, sedlikit protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, senta vitamin B ‘dan vitamin C.

Daunnya bisa dimanfaatkan juga, setelah direbus, dijadikan aneka jenis masakan yang sangat lezat rasanya.

Tepung cassava adaiah tepung yang dibuat dan singkong secara langsung dengan jalan dikeningkan, Meskipun prinsipnya sama, tepung singkong tidak dibuat melalui proses pembuatan gaplek dahulu baru dibuat tepung sehingga warnanya pun berbeda karena tepung cassava berwarna putih dan tepung gaplek kekuningan sedikit coklat serta baunya juga berbeda.

Sekarang telah banyak industri kecil tepung cassavci dan dan hasil tepungnya sudah dijadikan produk mi. cassava dan rasanya pun enak. Marilah kita manfaatkan tepung cassava untuk aneka hidangan yang sudah ada, dengan memasukkan sebagian jenis tepung yang dipakai guna memanfaatkan sebagian tepung cassava agar industri tepung cassava bisa berkembang dan banyak pilihan variasi jenis pangan lokal kita.

KUE PANCONG TEPUNG SINGKONG

Untuk 25 buah 1 buah : 71 kalori
Bahan
- 250 gr kelapa parut 1/2 tua
- 50 gr tepung cassava
- 200 gr tepung beras
- l sdt garam
- 600 ml santan
- 1 lbr keju lembaran diiris kecil

Cara Membuat
1. Campur kelapa parut dengan
tepung beras, tepung cassava, dan garam, aduk rata.
2. Masukkan santan yang telah direbus sedikit demi sedikit hingga habis sambil diuleni.
3. Panaskan cetakan kue pancong, masukkan adonan kue pancong ke dalam cetakan, beri irisan keju slice, lalu tutup dengan tutup cetakan kue pancong.
4. Setelah masak, angkat
5. Hidangkan.

hmm nikmat...

warkot
 
Bls: Singkong mulai dilirik pangan masyarakat

wah ini sih makanan tradisional jakarta, kue pancong, yang sajiannya biasanya di cocol sama kelapamuda dan siramah gula pasir. hihi jadi kangen sama makanan ini..

kue-pancong_01


images


pancong.jpg
 
Back
Top