Bahasa Jepang akan jadi bahasa pengantar dunia

enjangmultiguna

New member
JEPANG adalah salah Satu negara yang memiliki perekonomian terbesar di dunia.Tidak mengherankan kalau masyarakat dunia termasuk Indonesia berlomba-lomba mempelajari bahasa Jepang.


Tentu saja hal ini dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi dengan masyarakat Jepang. Salah satu upaya untuk memasyarakatkan penggunaan bahasa Jepang adalah dengan mengadakanlomba pidato bahasa Jepang. Beberapa waktu lalu, Japan Faoundation mengadakanlomba pidato bahasa Jepang tingkat Jakarta, dan pada Juni mendatang akan digelar tingkat lomba pidato bahasa Jepang tingkatnasional.

Kegiatan ini menjadi ajang memperlihatkan hasil belajar bahasa Jepang dan pembelajar di Indonesia, khususnya di Jakarta. Sekaligus memberikan kesempatan kepada mereka yang belajar dan berpikir tentang budaya dan masyarakat Jepang,tentang hubungan Jepang dan Indonesia,serta tentang masyarakat Indonesia sendiri.


Pemahaman terhadap budaya dan sosial peserta lomba pada masyarakat Jepang juga semakin meningkat. Hal itu terlihat dari tema yang dipilih peserta. Bahkan, beberapa diantaranya sudah mulai membanding-bandingkan apa yang terjadi di Indonesia dan Jepang dan mengambil sebuah kesimpulan.

Pihaknya mengharapkan dengan adanya lomba ini akan membuat masyarakat khususnya mahasiswa Indonesia semakin semangat dalam mempelajari bahasa Jepang, Apalagi juara lomba tingkat nasional akan diberilkan hadiah jalan-jalan kejepang selama beberapa hari. “Kami yakin,pada masa mendatang akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang mempelajari bahasa Jepang,” kata Atsushi.

Lomba pidato bahasa Jepang ini juga akan meningkatkan pengetahuan mahasiswa Indonesia mengenai budaya Jepang. Sebelum mengikuti lomba, mereka pasti akan terlebih dahulu mencari tahu berbagai informasi tentang bahasa Jepang, baik dan perpustakaan maupun internet.

Menurut Kami, mahasiswa Indonesia cenderung lebih terbuka mempelajari berbagai kebudayaan dariluar negeri.Tentu saja dengan mempelajarinya, mereka akan mengetahui dan memahami mana budaya yang cocok dengan kepribadian masyarakat Indonesia dan yang tidak.


sindo
 
Back
Top