landing yang mulus untuk Pindah Kerja

emansipasi

New member
Memutuskan untuk pindah kerja bukan perkara yang mudah. Seringkali kita dibuat bingung memilih dan sulit meninggalkan comfort zone ke tempat yang sama sekali baru. Tetapi sekali kita putuskan untuk pindah kita perlu mempersiapkan diri dengan matang. Rasa senang dan bangga yang berlebihan dapat merusak hubungan yang sudah terjalin baik selama kita bekerja di perusahaan bila kita tidak kelola dengan baik.

Memperhatikan seseorang akan mengundurkan dir karena memperoleh pekerjaan baru memang sangat menarik. Mulai dari persiapan acara perpisahan sampai dengan mengutarakan segala kekesalan dan uneg-uneg yang selama ini dirasakan baik terhadap atasan, bawahan atau kolega kerja. Untuk yang terakhir, perlu diwaspadai karena apa pun alasan sebaiknya kita tidak pernah meninggalkan kesan tidak baik sampai detik-detik terakhir kita berada di perusahaan. Kadang dengan penuh emosi, merasa “nothing to lose’ emosi kita tidak terjaga. Belum lagi ada orang-orang tertentu dengan agenda khusus mengipas-ngipas supaya uneg-unegnya ikut disuarakan. Aji mumpung yang sering ditulis dengan istilah burn a bridge dengan anak buah, atasan atau pun kolega sebisa mungkin dihindari, meskipun kita kadang mempunyai perasaan sangat kesal. Dan beberapa sumber, berikut intisari bagaimana kita mengundurkan diri dengan baik.

Waktu Pindah Kerja

Sedapat mungkin memberitahu secara lisan terlebih dahulu dan diskusikan waktu pindah kerja sesuai dengan peraturan perusahaan. Biasanya 1 bulan dimuka atau untuk posisi tertentu dapat lebih 1 bulan. Apabila perusahaan tujuan pindah meminta kita cepat bergabung, usahakan untuk berpegang pada peraturan perusahaan yang ada dan komitmen dengan atasan kita.

Membuat Surat Pengunduran diri

Setelah ada kesepakatan waktu, mulailah dengan membuat surat pengunduran diri yang ringkas dan sopan tanpa harus mengundang permusuhan. Dalam surat pengunduran diri tidak perlu menulis alasan pengunduran diri yang rinci tetapi cukup dengan alasan standar berupa kesempatan yang lebih baik atau sejenisnya.


Tujukan surat pengunduran diri ke atasan langsung dengan tembusan ke Manajer Sumber daya Manusia. Jangan lupa menulis ucapan terima kasih kepada perusahaan, atasan dan tim pada paragraf terakhirnya.


Transisi yang baik


Tawarkan bantuan untuk mencarikan pengganti dan melakukan training sebelum kita keluar. Pastikan bahwa kita melakukan senah terima pekerjaan yang baik. Untuk bagian tertentu seperti misalnya finance and accounting
pindah kerja di akhir tahun biasanya merepotkan karena ada proses tutup buku dan audit. Hal ini bisa menimbulkan kesan tidak baik.

Mengambil cuti

Usahakan untuk mengambil cuti tahunan tanpa menganggu waktu training dan juga tidak diambil satu minggu terakhir sebelum hari terakhir kita kerja. Kalau ada kompensasi cuti, usahakan dibicarakan untuk tidak mengambil cuti yang tujuannya adalah untuk memberi waktu lebih banyak lagi untuk proses transisi dan membina hubungan yang baik dengan perusahaan.

Membandingkan pekerjaan lama dan baru

Untuk menjaga semangat pengganti kita, upayakan untuk tidak bercerita tentang kelebihan pekerjaan baru kita seperti misalnya gaji, fasilitas dan hal-hal positif lainnya. Hal ini dapat membuat demotivasi karena pengganti kita tentu saja mempunyai cita-cita dan semangat baru untuk menduduki posisi lama kita. Dengan menjaga kata-kata dan emosi kita, kita sudah membantu perusahaan supaya pengganti kita tidak merasa menyesal bekerja di perusahaan tersebut.


Networking

Dalam benkarier kita selalu membutuhkan networking dan salah satu sumbernya adalah tempat kita bekerja yang lama. Sumber ini sangat berguna sehingga kita perlu pelihara dengan cara membina hubungan sebanyak mungkin dengan kolega dan atasan dan berbagai usit usaha dan divisi. Kalau dimungkinkan, kirim email ke semua yang kita kenal pada hari terakhir dan cantumkan juga nomor hp yang dapat dihubungi.


Laporan terakhir

Sedapat mungkin membuat laporan terakhir yang lengkap. Banyak perusahaan melakukan exit interview bagi karyawan yang akan mengundurkan diri. Usahakan untuk tidak membuat laporan atau mengutamakan sisi negatif perusahaan, atasan, bawahan atau kolega lain. Biasanya dalam exit interview dipertanyakan alasan pengunduran diri kita. Buatlah alasan secara profesional dan sekali lagi tidak perlu mengutamakan sisi negatif.

Hindari kesan negatif di akhir karier kita di perusahaan tersebut. Tinggalkan nomor dan alamat yang dapat dihubungi kepada atasan kita.

Surat Referensi

Pastikan sebelum keluar, kita meminta surat neferensi. Surat ini dirasakan tidak penting saat ini, tetapi dalam jangka panjang surat ini sangat dibutuhkan apabila kita mencari pekerjaan baru lagi. Selain itu, perusahaan baru kita pun biasanyan meminta surat referensi ini.

Ciptakan Personal Branding

Kita masuk kerja secara baik-baik dan bekerja sebagai salah satu anggota tim yang berprestasi dan usahakan untuk tetap menjaga reputasi kita sebelum kita keluar dengan tetap menjaga sikap, attitude dan kata-kata kita.

Selesaikan Kewajiban dan Hak

Seringkali kita memperoleh fasilitas pinjaman atau pun fasilitas lainnya seperti kendaraan pribadi.
Selesaikan semua kewajiban sesuai peraturan dan komitmen kita terhadap perusahaan. Selain itu, usahakan untuk meminta hak-hak bila ada sesuai dengan peratunan perusahaan.

Komitmen

Tidak perlu menyesal untuk pindah kerja karena pekerjaan baru merupakan tantangan berkarier tetapir juga tidak perlu bangga berlebihan.


Siapkan mental

Siapkan mental juga bahwa pengunduran diri kita bisa saja tidak sepenuhnya direstui oleh atasan dan membuat atasan kecewa. Pastikan bahwa kita tidak terganggu dengan keputusan kita dan menerima segala resiko yang terjadi. Untuk jabatan tertentu seperti misalnya sales, mungkin saja keputusan bahwa kita harus keluar páda saat itu juga. Kita bekerja sama seperti seorang pilot yang mengemudikan pesawat untuk lepas landas, kita masuk kerja dan memberikan kontribusi sesuai dengan harapan perusahaan, tapi banyak dan kita yang lupa mempersiapkan diri untuk mendapat alias mempersiapkan akhir karier kita di perusahaan, bagaikan pesawat yang hanrs mendarat dengan mulus tanpa goncangan yang berarti. Mudah-mudahan dengan tips di atas, kita dapat tetap mempertahankan personal branding kita.


Sindo
 
Back
Top