Do'a bila kehilangan harta

Administrator

Administrator
Kehilangan barang dan harta yang dicintai adalah hal yang paling menyakitkan. Dan, acap kali harta benda yang rãib tak lagi dapat dilacak rimbanya, bahkan tidak kembali ke pangkuan si pemilik, Selain ikhtiar yang berbentuk fisik, Al-Nazili menawarkan sebuah solusi wirid sebagal wujud minta pertolongan kepada Allah supaya harta yang lepas dari jangkaun si empunya bisa kembali lagi.

Al-Nazili menukil wirid ini dari Syekh Ja’far Al-Khalidi ’Diceritakan, Ja’far Al-Khalidi pernah meminta Abu Al-Hasan, ketika hendak berpamitan, agar memberikan sebuah wirid yang dipergunakan untuk mengembalikan harta yang hilang ataupun dicuri orang.

Abu Al-Hasan menyarankan membaca ayat ke-9 dari surah Ali Imran yang benbunyi “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya.” Ayat tersebut dibaca sebanyak 15 ribu kali. Setiap seratus kali memohon kepada Allah agar barang yang hilang kembali.

Riwayat lainnya menyebutkan ada séjumlah surah yang bisa diamalkan, antara lain surah Al-Dhuha, Al-Fatihah, dan Al-lkhlas dibaca masing-masing 1001 kali dan surah Yasin dibaca 40 kali.

Selain itu, ada sebuah isyarat lain didapatkan dari sabda Rasulullah, salah satu doa yang bisa dibaca agar Allah memberikan apa yang ada di luar jangkauan kita, entah itu rezeki ataupun harta benda yang sebelumnya kita miliki, lalu hilang atau dicuri maling. “Barang siapa yang membaca “Allahumma aghinini bi halalika an haramika wa bifadhlika ‘amman siwaka” sebanyak 70 kali, malam tidaklah lewat dua Jumat kecuali Allah akan menjadikannya kaya” (HR Ahmad, Al-Turmudzi dan Al-Dailami). Wallahu A’lam.


sumber : republika
 
Bls: Do'a bila kehilangan harta

ما من مسلم تصيبه مصيبة فيقول كما أمره الله أنا لله وأنا إليه راجعون ، اللهم أجرني في مصيبتي واخلف لي خيراً منها إلا أخلف الله له خيراً منها

رواه مسلم​

artinya:
jika seorang muslim ditimpa suatu musibah, maka hendaklah dia berdoa seperti yang telah Allah perintahkan : "Innalillahi wa innailaihi rojiun, Allahumma ajirni fi mushibati wakhlufli khoirun minha" (Sesungguhnya semua hanyalah kepunyaan Allah dan Kita juga akan kembali kepadaNya, Ya Allah berilah aku pahala dalam menghadapi musibah ini dan gantilah dengan yang lebih baik dari ini) kecuali Allah akan mengganti dengan yang lebih baik dari musibah itu.
(HR. Muslim)

doa ini pernah diucapkan ummu salamah, ketika mengetahui suaminya abu salamah meninggal dunia akibat luka yang di deritanya ketika perang uhud, setelah berdoa dia berfikir, "wakhlufli khoirun minha-dan gantilah dengan yang lebih baik dari mushibah ini" siapakah yang lebih baik dari suami tercintanya abu salamah?
tetapi Allah tetap mengabulkan doanya, setelah berakhir masa iddah ummu salamah mendapat pengganti suami Rasulullah SAW dan menjadi ummul mukminin.
 
Last edited:
Bls: Do'a bila kehilangan harta

waaahhh kalau aku sih biasanya minimal baca "Innalillahi wa innailaihi rojiun"
 
Back
Top