Batu Luruh Karena Laurat?

nurcahyo

New member
Batu Luruh Karena Laurat?
Oleh trubus


Batu ginjal salah satu penyebab penyakit gagal ginjal. Batu itu terbentuk pada buli-buli alias kandung kemih atas dan bawah, serta di calyx alias piala ginjal. Jadi batu itu tidak terbentuk di saluran ginjal. Akibatnya, fungsi ginjal menurun hingga 95%. Ginjal berfungsi membuang sisa-sisa makanan yang tidak diperlukan tubuh, sisa obat, mengatur kadar garam dalam tubuh, mengatur jumlah cairan dan membuat zat yang membantu pematangan sel darah merah. Karena kinerjanya organ itu tidak optimal, penderita harus rela menjalani cuci darah. ?Sejak 1970, jumlah penderita batu ginjal meningkat,? kata dr David Manuputty SpPD RS PGI Cikini, Jakarta Pusat, seperti dikutip situs IDI.

Gaya hidup masyarakat turut memicu penyakit itu. ?Semakin makmur suatu masyarakat, semakin banyak terjadi endapan batu di ginjal, dibandingkan pada kandung kemih,? ujar Manuputty. Konsumsi penganan yang mengandung kalsiumoksalat seperti olahan susu, minuman kola, berkadar garam tinggi, manis, vitamin C dosis tinggi, kopi, dan teh kental, memudahkan terbentuknya endapan kristal batu.

Faktor genetik mempengaruhi risiko terkena penyakit batu ginjal. Jika salah seorang sanak-saudara pernah menderita penyakit batu ginjal, maka risiko terkena penyakit itu lebih besar. Menurut dr Pudji Rahardjo SpPD dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, penyakit batu ginjal yang diderita sejuta penduduk Indonesia lebih banyak menyerang kaum pria. ?Aktivitas kaum pria cenderung tinggi. Jika tak diimbangi dengan asupan minuman, konsentrasi urine meningkat sehingga memicu terbentuknya batu ginjal,? ujar dr H Arijanto Jonosewojo SpPD dari RSUD dr Soetomo Surabaya. Orang yang berkerja di tempat terbuka atau di ruangan bersuhu tinggi harus minum minimal 5?8 gelas per hari.

Gejala sakit ginjal: pegal di pinggang bawah dan kadang-kadang terasa sampai ke perut depan bawah. Kolik atau sumbatan mendadak di saluran kencing juga kerap terjadi. Efeknya sakit luar biasa akibat gumpalan kasar turun di sepanjang saluran ginjal. Kadang disertai muntah-muntah dan keringat dingin mengalir deras.

Menurut dr Pudji, ada beberapa tahap mengatasi batu ginjal. Mula-mula keluhan sakit dihilangkan dengan obat-obatan. Langkah berikutnya, mengatasi infeksi dan komplikasi lain. Tindakan terakhir, upaya menghancurkan atau mengangkat batunya melalui operasi. Sebelum batu diangkat atau dihancurkan perlu pemeriksaan laboratorium, radiologi, dan USG.

Selain lewat pembedahan terbuka, penghancuran batu ginjal dan kemih dengan metode litotripsi?proses penghancuran batu menggunakan gelombang kejut atau ultrasonik. Ada dua prosedur litotripsi yakni Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) dan Percutaneous Lithotripsy (tusukan pada kulit) yang sudah lama digunakan di beberapa rumah sakit di Indonesia.

H Arijanto Jonosewojo mengatakan batu ginjal bisa dihancurkan tanpa operasi. ?Selama batu yang terbentuk ukurannya kurang dari 1 cm, ujar Arijanto. Namun, obat yang digunakan tergantung jenis batu yang terbentuk, bersifat asam atau basa. Obat yang bersifat basa, akan menghancurkan batu ginjal yang terbentuk dari bahan asam dan sebaliknya.

Mengapa VCO mampu menghancurkan batu ginjal? Arijanto menduga asam laurat pada minyak kelapa murni yang bersifat asam mengubah pH urine menjadi asam sehingga batu ginjal tergerus. Semakin lama, batu ginjal mengecil dan keluar bersama urine. ?Ini baru dugaan. Semua itu perlu dibuktikan dengan uji klinis,? kata Arijanto.
 
Back
Top