Tips menanamkan minat baca pada anak

Administrator

Administrator
Berkembangnya ilmu agama-Islam keseluruh dunia, berawal dari sebuah wahyu yang memerintahkan untuk membaca "iqra" Namun untuk mengawali kebiasaan sejak dini terhadap anak kita agar mendapatkan wawasan, tidak ada salahnya kita juga menganjurkan anak kita untuk membiasakan membaca, apakah melalui buku atau belajar melalui Oom Google.

Berikut tips agar anak dapat dengan nyaman memulai membaca.


• Bacakan buku sejak anak lahir. Sebaiknya, anak dikenalkan dengan buku sedini mungkin, sejak anak masih bayi, bahkan ketika masih di dalam kandungan.

• Dorong anak bercerita tentang apa yang telah didengar atau dibacanya. Anak sangat suka ketika diajak untuk mendiskusikan apa yang baru saja mereka baca atau kita ceritakan.

• Ajak anak ke toko buku atau perpustakaan. Jadikan toko buku sebagai tempat singgah yang menyenangkan bagi anak dengan membiasakan mereka untuk mengunjunginya. Berikan kepercayaan pada mereka untuk memilih sendiri buku yang mereka minati, namun tetap dalam batasan-batasan seleksi orangtua.

• Beli buku yang menarik minat anak. Dalih ingin memberikan buku yang bermutu bagi anak jangan dipakai sebagai paksaan anak untuk membaca buku yang tidak mereka sukai.

• Sisihkan uang untuk membeli buku. Sediakan anggaran khusus untuk membeli buku. Jadikan buku sebagai kebutuhan yang penting bagi anak daripada membelikan anak macam-macam mainan yang manfaatnya masih dapat dipertanyakan.

• Ciptakan perpustakaan keluarga jika mungkinkan, buatlah perpustakaan keluarga di rumah.Tidak harus mewah dan lengkap, mulailah dari yang sederhana dulu.

• Beri hadiah (reward yang memperbesar semangat membaca. Anak akan sangat bersemangat jika diberi penghargaan atau hadiah


Namun bagi Anda yang memiliki komputer, bimbinglah anak Anda untuk mulai mengenal tulisan dan arahan surfing bacaan yang mendidik.
 
Back
Top