Rekreasi yang sehat

Administrator

Administrator
health1.img_assist_custom.jpg




DI bumi Indonesia ada begitu banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui tanaman-tanaman yang bisa digunakan sebagai obat, tak perlu jauh-jauh dari Jakarta.

Datang saja ke Cikarang. Lokasi itu bernama Kampoeng Djamoe Organik, dapat ditempuh sekitar satu jam dari Jakarta (menggunakan kendaraan pribadi via tol Cikampek) atau sekitar 1.5 jam dengan kendaraan umum. Lahan seluas 10 hektar yang terletak di tengah-tengah kawasan industri tersebut menjadi tempat ditanamnya lebih dari 600 jenis tanaman obat dan herbal.

Meski selama ini dikenal sebagai kawasan industri yang penuh kesibukan, dengan hawa yang panas serta kondisi air yang kurang bagus, pada lahan tersebut tanaman obat dan herbal bisa tumbuh baik. Bahkan, empat hektar dan total Lahan yang tersedia dibuat menjadi taman di mana dipamerkan berbagai jenis tanaman berkhasiat, lengkap dengan kolam untuk menampung air hujan.

‘Ya, 14 tahun lalu ketika lahan ini hendak digunakan sebagai lahan tanaman obat dan herbal, kondisinya masih belum baik. Selain kondisi air tanah yang kurang bagus, selain ada di kawasan industri, bagian tanah terbaik di lahan ini sudah habis dikeruk untuk bahan dasar pembuatan batu bata dan genteng. Karena itu kami harus memperbaiki kondisi tanah di sini dulu kurang lebih selama empat tahun,” kata Heru Wardana, Kepala Pengelola Kampoeng Djamoe Organik, saat ditemui akhir pekan lalu.

Saat kondisi tanah membaik dan seluruh jenis tanaman mampu berkembang biak dengan maksimal, maka lahan ini selanjutnya bukan cuma digunakan untuk bercocok tanam, tetapi juga sarana bagi petani yang ingin’ belajar menanam tanaman obat dan herbal. Serta arena belajar bagi anak-anak supaya lebih mengenal tanaman berkhasiat asli Indonesia.

Seperti dapat kita saksikan, pengunjung yang datang begitu antusias melihat jenis-jenis dan nama-nam?* tanaman berkhasiat, juga memerhatikan khasiat tanaman-tanaman tersebut untuk tubuh manusia.

Kita tentu belum tahu ternyata banyak tanaman berguna di negara ini. Lha ini buktinya semua tanaman itu nampak sepintas hanya seperti tanaman biasa saja, tapi nyatanya punya khasiat yang tidak sembarangan. Seperti yang kita tahu sejenis tanaman yang tumbuh di tanah berlumut dan berbatu, ternyata bisa jadi obat untuk melancarkan orang yang punya masalah dengan batu ginjal...

Higienis dan sehat
Indahnya tanaman yang tersebar di Kampoeng Djamoe Organik bukan hanya sebatas untuk dilihat dan mengetahui jenis-jenis tanaman berkhasiat tersebut. Namun, baik juga untuk mengetahui bagaimana proses tanaman yang sudah siap untuk panen diolah menjadi bahan mentah untuk produk jamu, obat, maupun obat herbal.

Proses persiapan membuat bahan mentah dari tanaman berkhasiat itu bisa dilihat dengan mudah hanya beberapa

belas meter dari lokasi taman. Proses pengolahan daun jati Belanda, yang memiliki khasiat untuk orang dengan masalah obesitas (kelebihan berat badan).

“Daun jati Belanda yang sudah dipetik akan melalui sejumlah proses, mulai dari pemilihan, dicuci, dijemur, dan dipanggang. Namun, proses yang dilalui ada aturannya, karena kami di sini menganut azas higienis dan sehat. Hampir seluruh tanamnan di semut pun tidak menggunakan bahan kimia untuk pengembangbiakan. Jadi, jangan heran daun yang berlubang pun masih bisa dipilih untuk produk obat maupun jamu,” jelas Wawan,staf bagian pengelolaan taman.


Proses persiapan memang tampak. butuh waktu yang agak lama. Untuk daun saja bisa memakan waktu hampir seharian penuh, terutama saat penjemuran dan pemanggangan. Pekerja yang melakukan proses mengenakan sarung tangan dan penutup hidung dan mulut untuk menghindari kuman dan bakteri.


KAMPOENG DJAMOE ORGANIK
Jalan Raya Cibarusah, kawasan EJIP pintu II
Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat
telpon (021) 70110076, (021) 91828384
Tarif kunjungan
Kampoeng Djamoe Organik:
Kunjungan perorangan Rp 15.000 per orang
Kunjungan kelompok antara Rp 60.000 - Rp 120.000 per orang (tergantung isi program kunjungan yang diinginkan)

Nah, bagi yang ingin berekreasi sambil mencari ilmu kesehatan, disinilah tempatnya.
 
Back
Top